5 Teknik Dasar Gerak Renang Gaya Bebas Yang Baik dan Benar

Gaya bebas merupakan berenang dengan posisi dada harus menghadap pada permukaan air. Kedua belah tangan yang secara bergantian harus juga digerakkan jauh ke arah depan dengan sebuah gerakan mengayuh.

Sementara kedua belah kaki secara bergantian juga dicambukkan naik turun ke atas dan juga ke bawah. Sewaktu ingin melakukan berenang gaya bebas, posisi wajah harus menghadap ke permukaan air.

Teknik Renang Gaya Bebas
Renang Gaya Bebas
5 Teknik Gerakan Renang gaya Bebas

A). Posisi badan di atas air

Posisi tubuh saat berenang ialah streamline yang memiliki arti sejajar dengan permukaan air. Tubuh harus berputar pada sumbunya dan juga hindari sebuah gerakan yang juga dapat mengakibatkan posisi tubuh naik dan juga turun.

B). Gerakan Kaki

Kedua kaki berada pada posisi yang sejajar yang juga hampir di permukaan air. Kemudian digerakkan seperti berjalan pada normalnya, yaitu dengan cara digerakkan secara bergantian ke atas dan juga ke dalam air.

Keadaan kaki dan juga paha harus dalam posisi lurus serta lutut yang tidak boleh ditekuk. Hal ini merupakan basic step dari teknik renang gaya bebas.

C). Gerakan Lengan

Gerakan lengan yang merupakan gerak pendukung yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan dayungan lengan yang akan mendukung laju tubuh dengan cepat. LAtihan gerakan tangan yang dapat dilakukan di kolam dangkal, berikut ini cara melakukannya.

  1. Sikap awal berdiri, badan dibungkukkan dan juga kedua tangan lurus di samping telinga.
  2. Tangan kanan ditarik ke bawah sambil menekan air, sampai berada di bawah badan. Tangan mendorong air ke belakang dan juga ke atas.
  3. Siku tangan kanan cepat ditekuk dan di keluarkan dari air, saat tangan kiri samai di bawah badan di dalam air, tangan kiri mendorong air ke belakang dan juga ke atas.
  4. Gerakan kembali ke posisi semula dilakukan dengan mengayunkan tangan ke depan.
  5. Lakukan gerakan ini secara bergantian antara tangan kanan dan juga kanan kiri dan juga dilakukan gerakan ini secara berulang-ulang.

D). Gerakan bernafas renang gaya bebas

Latihan pernapasan sebaiknya harus dilakukan di darat terlebih dahulu. Caranya dengan melatih sebuah gerakan seperti yang yang telah dikerjakan di air.

Pengambilan napas harus dilakukan pada saat mulut berada di atas permukaan air yaitu dengan cara memiringkan kepala (memutar) ke sisi kanan atau kiri.

E). Aktivitas pembelajaran renang gaya bebas

Berikut tahap-tahap melakukan latihan renang gaya bebas.

1). Latihan harus dilakukan di kolam yang dangkal agar lebih anam.

2). Pengenalan air 

Pengenal yaitu dengan bergerak bebas di air atau dengan menahan napas di dalam (sekuatnya/jangan dipaksakan) intinya agar kita bisa juga terbiasa berhubungan dengan air/adaptasi dengan air.

3). Latihan ayunan kaki 

Latihan ayunan kaki harus dilakukan pada pinggir dengan tangan harus memegang tepi kolam, kepala menghadap ke bawah, dan juga posisi tubuh harus menghadap/lurus ke tepi kolam, kaki harus di ayunkan naik turun secara bergantian (kanan dan kiri), ayunan kaki di bawah permukaan air, hal ini harus dilakukan dengan berhenti di tempat (tidak meluncur).

4). Latihan ayunan tangan

Latihan ayunan tangan yaitu posisi tubuh sama, akan tetapi mengarah ke dalam kolam, kaki di kaitkan pada tepi kolam, jika tidak bisa/tidak ada pengait kita bisa saja menyuruh teman untuk dapat menahan kaki kita, tangan harus diayunkan jauh ke depan lalu ditarik ke belakang selanjutnya angkat dan juga ayunkan ke depan lagi, dilakukan secara bergantian (kanan dan kiri).

5). Setelah tahap 3 dan 4 sudah dilakukan dengan baik

Selanjutnya latihan ayunan tangan dengan dilakukan dengan cara meluncur, jida tadi berhenti sekarang latihan ayunan tangan dengan meluncur, kepala harus menghadap ke bawah, posisi kaki lurus dan juga rapat sementara kaki diam dahulu jangan digerakkan dahulu, (jaraknya pendek-pendek dahulu sambil melatih napas).

6). Latihan ayunan kaki meluncur

Selanjutnya yaitu latihan ayunan kaki dengan meluncur, posisi kaki harus diayunkan naik turun, kepala menghadap ke bawah, tangan harus lurus ke depan, sementara tangan harus diam dulu, (jaraknya pendek-pendek dahulu sambil melatih napas).

7). Selanjutnya tahap 5 dan 6 digabung serta ditambah cara bernapas

Gerakan tangan dan juga kaki sama seperti tahap 5 dan 6, cara mengambil napas, yaitu dengan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan juga kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas perenang juga bisa memilih untuk dapat menoleh ke kiri atau ke kanan.