Bentuk - Bentuk Latihan Kelentukan atau Kelenturan

Kelenturan atau kelentukan merupakan sebuah keleluasaan gerakan terutaam pada otot persendian. Tujuan latihan kelentukan atau fleksibilitas adalah agar otot-otot sendi tidak kaku dan juga dapat bergerak dengan leluasa tanpa ada gangguan yang berarti. 

Kelentukan atau kelenturan juga sangat dibutuhkan oleh banyak cabang olahraga, namun juga demikian terdapat sebuah perbedaan kebutuhan kelentukan untuk setiap keberhasilan penampilannya. 

Bentuk - Bentuk Latihan Kelentukan atau Kelenturan

Bentuk-bentuk latihan kelentukan atau juga kelenturan adalah cara untuk melakukan sebuah peregangan otot antara lain sebagai berikut ini. 

1). Latihan kelenturan sendi bahu, 

Caranya yaitu rentangkan kedua lengan dan juga putar kedua lengan ke depan atau ke belakang dengan siku tetap lurus, dan lakukan gerakan ini secara berulang-ulang sesuai dengan kemampuan.

2). Latihan kelenturan otot pinggang, 

Caranya dengan berdiri tegak kedua lengan diluruskan ke atas, liukkan badan ke samping kanan dan juga ke kiri dengan hitungan waktu antara 10 sampai dengan 15 detik, lakukan ulangan seperlunya.

3). Latihan kelenturan togok, 
Latihan Kelentukan Togok
Latihan Kelentukan Togok
Caranya yaitu sikap awal duduk dan kedua tungkai dirapatkan, lutut lurus, bungkukkan badan hingga mencium lutut, kedua tangan harus memegang ujung jari kaki, kemudian tahan selama 10 sampai dengan 15 detik dan atau selama mungkin.


Kelentukan Pinggang dan Kaki


1). Tujuan

Untuk dapat mengetahui elentukan seseorang.

2). Perlengkapan

Bangku dengan ukuran tinggi 50 cm dan juga mistar panjang dengan ukuran 50-60 cm.

3). Pelaksanaan

  1. Peserta tidak memakai alas kaki.
  2. Peserta harus berdiri dengan kaki lurus.
  3. Lutut bagian belakang harus lurus (lutut tidak boleh ditekuk).
  4. Pelan-pelan bungkukkan badan dengan posisi tangan lurus ke arah bawah dengan menyentuh mistar skala. Dan usahakan agar ujung jari tangan juga dapat mencapai skala sejauh mungkin (sikap ini juga  harus dipertahankan selama 3 detik).

4). Penilaian

  1. Tes juga dilakukan 2 kali berturut-turut.
  2. Hasil yang dicatat adalah angka skala tertinggi yang juga dapat dicapai oleh kedua ujung jari dan juga raihan terjauh dari dua kali raihan yang juga akan menjadi hasil kelentukan seseorang.

Itulah sedikit penjelasan mengenai bentuk bentuk latihan kelentukan atau kelenturan bila ada salah kata atau tutur bahasa yang kurang mengenakkan, atau anda ingin menambahkan mengenai postingan ini anda bisa menghubungan saya melalui contact us.