Langkah Kaki Yang Baik Pada Permainan Bulu Tangkis

Dalam permainan bulu tangkis gerakan kaki juga berfungsi sebagai penyangga tubuh untuk dapat menempatkan badan dalam posisi yang memungkinkan untuk dapak bergerak dengan cepat dan efisien.

Gerak kaki merupakan gerakan langkah-langkah yang dapat mengatur badan untuk dapat menempatkan posisi badan agar dapat memudahkan pemain untuk dapat melakukan gerakan memukul sesuai dengan posisinya.

Setelah melakukan langkah juga harus selalu diakhiri dengan kaki kanan . Contoh jika anda memukul sebuah kok yang berada di lapangan yaitu pada bagian samping kanan misalnya, maka gerakan kaki kanan juga harus selalu berada di depan.

GErakan kaki dalam permainan bulu tangkis merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain bulu tangkis, karena gerakan kaki juga harus cepat dan lincah untuk dapat mengembalikan kok dengan teknik yang benar.

Latihan gerakan kaki dapat dilakukan dengan menggunakan raket tanpa menggunakan kok, gerakan juga diakhiri dengan sebuah pukulan dan seolah-olah memukul bola. 

Langkah Kaki Pada Bulu Tangkis

Tujuan olah kaki dalam bulu tangkis yaitu

  1. Agar setelah melakukan servis supaya dapat segera untuk ke posisi tengah atau untuk pemain single.
  2. Agar setelah memukul kok dengan sikap yang benar atau dalam memukul tidak lambat jatuhnya bola.
  3. Agar setelah mengembalikan kok dari lawan segera ke posisi tengah.

Langkah kaki dalam permainan bulutangkis merupakan gerakan sesuai dengan arah datangnya bola. atau dapat digambarkan dengan delapan arah mata angin.

  1. Gerakan ke depan atau melangkah maju
  2. Gerakan ke depan kanan atau serong kanan
  3. Gerakan ke kanan atau memakai langkah step
  4. Gerakan ke belakang kanan atau serong
  5. Gerakan ke belakang atau langkah mundur
  6. Gerakan ke belakang kiri atau dengan serong
  7. Gerakan ke kiri atau dengan memakai langkah step
  8. Gerakan ke depan kiri atau serong ke kiri

Dengan penguasaan lapangan dan juga kecepatan gerakan langkah kaki yang baik maka setiap pemain juga dapat posisi untuk memukul kok dengan tepat. Kecepatan gerakan kaki juga dapat diperoleh dari footeork yang teratur.