Macam-Macam Teknik Tendangan Dalam Beladiri Pencak Silat

Belajar pencak silat tidak hanya untuk turnamen saja, tetapi juga untuk pertahanan diri. Mempertahankan diri dari kejadian yang tidak kita inginkan sangatlah penting karena kita dapat menjaga diri sendiri dan lingkungan sekitar kita dari kejahatan.

Pencak Silat merupakan olahraga beladiri asli Indonesia, Pencak silat berfungsi sebagai metode bela diri untuk mempertahankan atau melindungi diri dari bahaya yang mengancam keselamatan dan kelangsungan hidup. Seiring berkembangnya peradaban masyarakat rumpun melayu, fungsi pencak silat juga semakin meluas bukan hanya lagi berfungsi sebagai alat bela diri saja melainkan juga untuk sarana olahraga, sebagai alat pendidikan jasmani, rohani dan sosial.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai teknik tendangan pencak silat. Jika pada postingan sebelumnya juga membahas mengenai teknik pukulan pencak silat, maka kali ini akan membahas teknik tendangan dalam pencak silat. Berikut beberapa teknik tendangan yang sering digunakan dalam beladiri pencak silat antara lain sebagai berikut.

1). Tendangan Lurus

tendangan lurus dalam pencak silat

Tendangan lurus merupakan teknik tendangan dengan lintasan lurus ke arah depan, sasaran utamanya adalah kemaluan lawan, atau perut lawan, serta pesilat  juga bisa mengombinasikan tendangan ini dengan kombinasi lompatan. Cara melakukan tendangan lurus dalam pencak silat adalah sebagai berikut.


  • Kaki kuda-kuda kiri.
  • Kaki kanan ditendangkan ke depan entakan telapak kaki dengan sejajar bahu.
  • Kedua tangan berada di depan dada untuk penyeimbang.

Kesalahan :

Kesalahan yang selalu dilakukan dalam tendangan lurus adalah sikap kuda-kuda kiri yang kurang baik, tidak ada entakan telapak kaki, entakan tidak sejajar pada bahu, dan badan tidak seimbang.

2). Tendangan Melingkar


Cara melakukan tendangan melingkar  dalam pencak silat adalah sebagai berikut.


  • Kaki kuda-kuda kiri.
  • Kaki kanan ditendangkan ke depan dan entakan punggung kaki.
  • Kedua tangan berada di depan dada untuk penyeimbang.

Kesalahan:

Kesalahan yang selalu terjadi ketika melakukan gerak tendangan melingkar dalam pencak silat adalahsikap kuda-kuda kiri kurang baik, tidak ada entakan punggung kaki, dan badan tidak seimbang.

3). Tendangan Samping

tendangan samping dalam pencak silat

Cara melakukan tendangan samping dalam pencak silat adalah sebagai berikut.


  • Kaki kuda-kuda kiri.
  • Kaki kanan ditendangkan ke samping dan dengan punggung kaki.
  • Kedua tangan berada di depan dada untuk penyeimbang.

Kesalahan:


Kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak tendangan samping merupakan sikap kuda-kuda yang kurang baik, tendangan tidak dilakukan dengan punggung kaki, dan badan tidak seimbang.

Demikianlah sedikit informasi mengenai teknik tendangan dalam olahraga pencak silat yang wajib untuk diketahui, dan semoga artikel mengenai teknik tendanganpencak silat dapat bermanfaat untuk Anda dan menambah skill Anda dalam pencak silat.