Cara Melakukan Passing Bawah dalam Bola Voli

Passing merupakan kegiatan pemain dalam menerima, mengendalikan, dan menahan servis yang dilakukan lawan. Ada dua jenis passing yaitu passing atas dan passing bawah. 

Ada cara untuk dapat melakukan passing atas maupun passing bawah dalam permainan bola voli yang wajib diketahui jika ingin menguasainya dengan baik. berikut ini penjelasan mengenai cara melakukan passing bawah yang benar.

Teknik passing bawah juga menjadi teknik yang penting bagi pemain amatir untuk menjadi professional. 


Karena teknik ini biasanya dilakukan untuk dapat menerima bola service dan smash dari lawan. Passing bawah dibagi menjadi dua macam, yaitu teknik dasar passing bawah satu tangan dan teknik dasar passing bawah dua tangan.

A). Cara Melakukan Passing Bawah Satu Tangan



Cara Melakukan Passing Bawah Satu Tangan

Cara melakukan passing bawah dengan satu tangan dilakukan pada kondisi jangkauan pemain terlalu jauh dan rendah untuk melakukan passing atas. Hal ini biasanya terjadi saat pemain yang pertama menerima bola tidak sempurna dalam melakukan pengembalian bola.

Teknik ini dilakukan dengan cara badan sedikit dibungkukkan, Akan tetapi apabila dirasa tetap tidak bisa mencapai jangkauan pemain, biasanya pemain juga akan melompat terbang untuk dapat menyelamatkan bola.

B). Cara Melakukan Passing Bawah Dua Tangan

Cara Melakukan Passing Bawah Dua Tangan


Cara melakukan passing bawah biasa dilakukan ketika bola dirasa akan jatuh tepat didepan pemain. Teknik ini biasanya dilakukan pada saat menerima servis dan smash dari musuh yang masih berada dalam jangkauan tetapi posisi bola terlalu rendah. 

Cara melakukan passing bawah dengan dua tangan memiliki dua macam metode, yaitu the dig dan thumb over palm.

Cara melakukan passing atas dalam permainan bola voli memang berbeda dengan passing bawah. Para pemain pemula dalam bola voli wajib untuk menguasai teknik passing atas dan passing bawah jika ingin menjadi bola voli. Dan semoga informasi ini dapat membantu anda dalam melatih passing atas dan passing bawah anda agar menjadi lebih baik lagi.


Demikianlah sedikit penjelasan menganaicara melakukan passing bawah yang benar dalam bola voli dan semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk anda yang sudah membacanya dan semoga postingan ini dapat menambah ketrampilan anda dalam permainan bola voli.