Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Melakukan Lompat Kangkang

Lompat kangkang merupakan suatu bentuk senam ketangkasan. Lompat kangkang biasanya dilakukan dengan menggunakan bantuan box khusus atau lebih dikenal dengan nama vaulting horse sebagai tumpuan tangan pada saat melakukan sebuah lompatan.

Sekarang, Anda juga akan berlatih senam ketangkasan pada lompat kangkang. Gerakan lompat kangkang merupakan sebuah gerakan dengan bentuk meloncat yang melewati rintangan dan pada saat badan sedang melayang di atas kuda-kuda tangan direntangkan, kedua tungkai lurus dan direntangkan untuk dapat lewat samping kanan dan kiri peti lompat.

Tidak semua orang dapat melakukan sebuah lompat kangkang dengan benar. Lompat kangkang tidak hanya menampilkan sebuah gerakan saja melainkan juga keindahan dalam menampilan gerakannya. 

Banyak orang yang justru melakukan lompat kangkang tidak sesuai dengan prosedur. Berikut ini merupakan kesalahan saat melakukan lompat kangkang.


Kesalahan Saat Melakukan Lompat Kangkang

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering sekali terjadi ketika melakukan lompat kangkang adalah sebagai berikut.


  1. Setelah menolakkan kaki pada papan tolak, tungkai kurang terangkat atau pun tinggi badan kurang lurus.
  2. Saat tangan bertumpu, kepala terlalu ke depan sehingga lengan tidak lurus terhadap badan.
  3. Panggul kurang diangkat (tinggi) sehingga tidak berhasil untuk membuat sikap kangkang di atas peti.
  4. Lutut bengkok.
  5. Kepala dan juga dada tidak terangkat pada saat tangan menyentuh peti lompat.
  6. Lengan tidak lurus.


Dalam melakukan sebuah lompat kangkang, yang menjadi bagian terpenting bukan hanya kaki dan juga pada lengan saja. Ada juga panggul yang akan mempengaruhi sukses tidaknya lompatan yang akan dilakukan. Jika panggul kurang terangkat saat melakukan sebuah lompatan, maka anda juga akan gagal pada saat melakukan vaulting horse.

Dalam melakukan sebuah lompat kangkang juga dibutuhkan lengan yang kuat untuk dapat menopang badan. Ketika ingin melakukan tumpuan lompatan di atas vaulting horse, lengan yang bengkok juga akan menyebabkan tubuh menjadi kehilangan keseimbangan dan dapat menyebabkan jatuh.

Lengan merupakan sebuah tumpuan pada saat melakukan lompat kangkang. Jika lengan tidak dalam pada posisi siap atau tidak terlalu kuat untuk menopang berat badan. Maka, dapat menyebabkan tidak seimbang dan dapat terjatuh.

Demikianlah penjelasan mengenai kesalahan saat melakukan lompat kangkang yang sering terjadi. Untuk dapat menghindari sebuah kecelakaan dalam melakukan lompat kangang juga diperlukan latihan yang intensif dan ketekukan saat berlatih agar anda lebih terbiasa untuk mengatasi berbagai kesalah dalam lompat kangkang.