Makna Natal Yang Sesungguhnya - Memahami Hadiah Natal Terindah

Hari Natal bukanlah perayaan orang Kristen semata-mata. Hari Natal seharusnya dirayakan oleh seluruh umat manusia, alasannya yaitu, karena Firman Tuhan berkata :


" Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa : Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di Kota Daud. "

(Luk 2 : 10 - 11)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke 5. Kata Natal berarti kelahiran Isa Almasih atau kelahiran Yesus Kristus. Kelahiran Yesus Kristus terjadi secara ajaib. bukan seperti kelahiran manusia pada umumnya.

Yesus Kristus lahir dari seorang perawan bernama Maria, yang mendapatkan kasih karunia Tuhan. sehingga secara ajaib, dan bukan karena perbuatan manusia. Maria mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki dan atas perintah Tuhan beliau dinamai Yesus (Luk 1:20; Mat 1:18-25).

Ini berari saudaraku, nama Yesus bukanlah nama yang diberikan oleh orang tuanya atau orang lain kepadaNya. Nama Yesus berarti nama yang diberikan Allah sendiri kepada diri-Nya sendiri, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit, yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi dan segala lidah mengaku : Yesus Kristus adalah Tuhan (Flp 2:10).


Makna Natal Yang Sesungguhnya

Natal juga berarti Allah yang menjelma menjadi manusia yang dinamai Yesus Kristus. Bagi manusia, hal tersebut mustahil. Tetapi bagi Allah, tidak ada yang mustahil. Allah bisa menjelma menjadi apapun dengan kehendak-Nya karena ia maha kuasa.

Dan puji Tuhan, Allah menjelma menjadi manusia dan diam di antara kita dan namanya disebut Yesus, bukan hanya untuk menyelamatkan orang Kristen saja. Tetapi untuk menyelamatkan seluruh umat manusia. Hal ini terjadi saudaraku, karena Allah menghendaki supaya jangan ada yang binasa.

Melainkan supaya semua orang bebalik dan bertobat.Semua ini terjadi saudaraku semata-mata karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini.Ini berarti kasih Allah bukan untuk orang Kristen saja tetapi, untuk seluruh umat ciptaan-Nya.

Itulah sebabnya Allah menjelma menjadi manusia yaitu Yesus Kristus dengan tujuan supaya setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus tidak binasa, melainkan berolah hidup yang kekal (Yoh 3:16).

Dan ketahuilah saudaraku, keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Yesus Kristus sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan (kis 4:12).

Jadi akhirnya saudaraku, jika engkau ingin memperoleh hidup yang kekal, bertobatlah dan hendaklah engkau memberi dirimu  dibaptis dalam nama Yesus untuk pengampunan dosamu tentunya (Kis 2:38).

Mengakulah dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan dan percayalah dalam hatimu bahwa Allah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan (Roma 10:9).

Sekarang, kita telah mengetahui Yesus Kristus adalah Allah maha kuasa yang menjelma menjadi manusia! itulah makna natal yang sesungguhnya. Selamat merayakan Natal saudaraku, selamat menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatmu dan selamat memperoleh hidup yang kekal. Haleluya. Amen!