Teknik Melakukan Smash Dalam Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli juga memerlukan strategi yang matang untuk dapat memenangkan sebuah pertandingan. Permainan bola voli sendiri juga memiliki banyak teknik-teknik dasar yang wajib untuk dikuasai.

Beberapa teknik permainan bola voli salah satunya adalah servis. Karena dengan menguasai teknik servis kita juga akan mudah dapat pertandingan bola voli, karena kita tidak takut bolanya terkena net voli.

Cara melakukan servis  pada permainan bola voli adalah dengan posisi pemain berdiri pada garis belakang lapanga. Kemudian, melemparkan bola ke udara. Selanjutnya, bola dipukul melewati net ke arah lawan. 

Servis juga bertujuan untuk memukul bola melewati net agar dapat memasuki area lapangan lawan yang kosong atau menuju lawan yang terlihat lemah atau tidak bisa passing. Kegiatan servis juga akan memperoleh penambahan point. Ada 4 macam teknik servis dalam permainan bola voli yaitu Servis bawah, mengapung, overhead, overhead around house servise dan jumping servis.

Dalam permainan bola voli kita juga mengenal yang namanya smash. Teknik smash dilakukan dengan memukul bola menggunakan kekuatan penuh dengan melompat. Bola lalu diarahkan ke area lawan. Teknik smash disebut juga sebagai pukulan ketiga.

Teknik Smash dalam Bola Voli

Pada postingan kali ini jasmani pedia akan membuat postingan mengenai teknik melakukan smash dalam permainan bola voli yang baik dan benar. Berikut ini adalah penjelasan secara rinci mengenai teknik melakukan smash dalam permainan bola voli yaitu sebagai berikut ini.

1). Awalan

Awalan : Ambil jarak sekitar 3 meter dari letak bola umpan akan melambung. Ambil langkah sedikit lebar dengan satu kaki disusul kaki yang lain di sebelahnya. Diikuti dengan gerakan tangan dijulurkan ke depan diayunkan ke belakang.

2). Loncatan

Loncatan : Meloncatlah setinggi mungkin. Pada saat meloncat pastingan tangan terayun ke depan lalu ke atas dan bersiap untuk melakukan smash.

3). Pukulan

Pukulan : Pukulan bola ke daerah lawan dengan sedikit polesan agar bola juga dapat berputar dan turun menukik.

4). Pendaratan

Pendaratan : Mendaratlah dengan sedikit mengeper agar dapat mengurangi risiko terkena cedera atau keseleo.

Berdasarkan arah bola, smash dikelompokkan menjadi dua, yaitu smash silang dan smash lurus. Smash silang adalah smash yang diarahkan diagonal ke kiri atau ke kanan untuk dapat mengincar daerah yang kosong milik lawan. Sementara smash lurus adalah smash yang mengarah lurus ke depan karena dirasa pukulan dan ruang kosong di depan sudah pas untuk dijadikan sasaran.

Berdasarkan umpannya, smash dikelompokkan menjadi empat jenis yaitu open smash, semi smash, quick smash, dan push smash. Berdasarkan kurva bola, smash dikelompokkan menjadi tiga yaitu drive smash, topspin, dan lob. Berdasarkan awalannya dibagi menjadi empat macam yaitu smash tanpa awalan, dengan awalan, dengan 1 kaki, dan dengan 2 kaki.

Itulah yang dapat saya jelaskan mengenai teknik melakukan smash dalam permainan bola bola dan berlatihlah secara sungguh-sungguh agar Anda dapat menguasai teknik smash dengan sempurna dan semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan terima kasih.