Latihan Kebugaran Jasmani untuk Kesehatan Tubuh

Bacalah berbagai bentuk latihan kebugaran jasmani pada berikut ini secara cermat dan teliti, kemudian praktikkan bersama teman Anda. Sebelum mempraktikkan berbagai jenis latihan kebugaran jasmani alangkah baiknya Anda haru pelajari dalam postinga ini, dan diskusikanlah terlebih dahulu cara melakukannya dengan baik dan benar.

1). Daya Tahan

Endurance atau pun daya tahan merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk melaksanakan gerak dengan seluruh tubuhnya dalam waktu yang cukup lama dan juga dengan tempo yang sedang sampai cepat tanpa harus mengalami rasa sakit dan juga kelelahan berat.

Kemampuan otot untuk dapat melakukan kerja secara terus-menerus juga sangat penting dalam melakukan sebuah aktivitas olahraga karena secara tidak langsung juga merupakan daya tahan untuk dapat mengatasi kelelahan pada otot. Beberapa bentuk latihan daya tahan atau endurance yaitu sebagai berikut.

A). Daya tahan otot setempat atau juag disebut muscular endurance (local endurance)

Muscular endurance adalah daya tahan yang juga menunjukkan sebuah kemampuan otot atas sekelompok otot dalam melaksanakan tugasnya dengan waktu yang cukup lama. Misalnya, weight training/latihan berbeban, latihan pukulan jab berkali-kali dalam tinju, dan juga pukulan dalam gulat. Latihan daya tahan dalam arti muscle endurance dan juga circulator respiratory endurance yaitu sebagai berikut.

1). Fartlek

Fartlek merupakan kombinasi antara lari pelan dan juga lari cepat yang bervariasi tanpa harus melakukan istirahat. Dapat dilakukan di lapangan, sawah/ladang, dan juga daerah yang berbukit-bukit.

2). Cross country

Lari jarak jauh melintasi alam terbuka dengan sebuah kecepatan juga tidak terlalu lambat dan tidak juga terlalu cepat.

Cross Country (Lari Jarak Jauh)
Lari Jarak Jauh Melintasi Alam Terbuka
B). Latihan endurance pada umumnya (cardiorespiratory endurance)

Latihan Endurance (Cardiorespiratory Endurance)
Bersepeda
Cordiorespiratory endurance,merupakan sebuah latihan yang juga bertujuan untuk dapat meningkatkan sebuah kemampuan ke seluruh tubuh agar dapat selalu bergerak ke dalam tempo yang sedang sampai cepat yang juga cukup lama. Misalnya berlari, berenang, dan juga bersepeda.

Daya tahan kardiovaskuler merupakan sebuah faktor utama dalam kesegaran jasmani. Pengukuran yang juga paling objektif dilakukan dengan cara mengukur sebuah kemampuan pengambilan denyut jantung maksimal (VO2 maksimal).

Jenis-jenis latihan yang juga dapat untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskuler, antara lain yaitu jogging, berjalan, bersepeda, gerakan naik dan turun tangga, dan juga berenang.

2). Kekuatan

Kekuatan merupakan sebuah tenaga kontraksi otot yang dicapai dalam sekali usaha maksimal. Usaha maksimal ini juga dilakukan oleh otot untuk dapat mengatasi suatu tahanan. Kekuatan merupakan sebuah unsur yang juga sangat penting dalam aktivitas olahraga karena kekuatan merupakan sebuah daya penggerak dan juga pencegah cedera.

Selain itu, kekuatan memainkan peranan juga sangat penting dalam komponen-komponen dan juga kemampuan fisik yang lain, misalnya power, kelincahan, dan kecepatan.

Dengan demikian, kekuatan merupakan faktor utama untuk dapat menciptakan sebuah prestasi optimal. Bentuk-bentuk latihan kekuatan antara lain sebagai berikut ini.

A). Latihan push  up untuk dapat melatih kekuatan otot lengan dan bahu. Cara melakukannya yaitu sebagai berikut.
Latihan Push Up
  1. Sikap awal tidur telungkup, kedua kaki dirapatkan lurus ke belakang dengan ujung kaki ditempelkan pada lantai (untuk putra) atau kedua lutut harus ditempelkan pada lantai (untuk putri).
  2. Kedua telapak tangan menumpu pada lantai di samping dada, jari-jari tangan harus menunjuk ke depan dengan kedua siku dutekuk.
  3. Kemudian angkatlah kedua tangan ke atas hingga kedua siku lurus, badan dan juga kaki merupakan satu garis lurus.
  4. Lalu badan harus diluruskan kembali dengan jalan membengkokkan kedua siku, badan dan juga kedua kaki tetap lurus dan tidak menyentuh lantai.

B). Latihan sit up untuk dapat melatih kekuatan pada otot perut. Praktikkan latihan sit up sebagai berikut ini.

  1. Sikap awal tidur telentang, kedua lutut ditekuk serta kedua siku ditekuk dan diletakkan di belakang kepala.
  2. Badan juga harus diangkat pada posisi duduk,  dan kedua lengan juga harus tetap berada di belakang kepala.
  3. Gerakan tersebut harus dilakukan berulang-ulang selama setidaknya 30 detik, selanjutnya semakin lama semakin ditambah ulangannya.
Latihan Sit Up

3) Komposisi Tubuh

Dalam kesehatan secara umum, berat badan tidak sama pentingnya dengan komposisi berat badan. Adapun yang lebih penting yang merupakan kesadaran akan komposisi tubuh dan juga bukan melacak berat badan.

menimbang berat badan hanya memberikan sebuah informasi tentang bobot jaringan pada tubuh kita secara keseluruhan. Bobottersebut juga dapat berfluktuasi sepanjang hari bergantung pada waktu, status hidrasi, atau apa yang kita kenakan.

Sebaliknya, komposisi tubuh juga memberikan sebuah informasi tentang proporsi yang relatif lemak dan juga massa ramping dalam tubuh. Massa lemak yang terdiri atas dua jenis, yaitu lemak esensial dan juga nonesensial. Komposisi kedua dari komposisi tubuh, yaitu massa ramping, yang merujuk pada tulang, jaringan, organ, dan juga otot.

Berbicara tentang berat badan, biasanya juga harus diperhatikan selalu terfokus kepada lemak atau juga disebut kelebihan lemak. Sangat jarang kita meninjau komposisi otot. Selain karena ketidaktahuan, hal ini juga mungkin disebabkan karena ketiadaan alat bantu ukur.

Pada atlet, komposisi tubuh mereka cenderung memiliki sebuah pola tertentu yang sesuai dengan cabang olahraga dan posisi atlet tersebut. Misalnya, pada pesepak bola, pemain depan, pemain tengah, pemain belakang, dan juga kiper memiliki pola komposisi tubu yang berbeda (spesifik).

Sehingga dalam menyiapkan pemain (conditioning), khususnya pembinaan atlet muda, sebenarnya kita juga tinggal mengikuti pola tersebut. Pemain juga akan mengisi posisi mana, disiapkan pola tubuhnya, berapa % lemaknya, dan juga berapa banyak ototnya. Jadi, tidak semata-mata mengukur berat badan saja.

Amati dan juga pelajarilah cara yang lebih tepat untuk dapat memeriksa bentuk tubuh antara lain sebagai berikut ini.

  1. Ukurlah keliling pinggang yang mendekati level pusar dengan posisi berdiri relaks dan juga tidak menarik perut.
  2. Ukurlah keliling kedua hip di atas pantat.
  3. Kemudian, bagilah ukuran pinggang dengan ukuran hip untuk dapat memperleh rasio waist-to-hip (WHR). Risiko penyakit terjadi ketika WHR pada laki-laki atau di atas 0,9 dan juga pada wanita atau di atas 0,8.
Bentuk Tubuh

4) Kelenturan

Kelenturan atau kelentukan merupakan sebuah keleluasaan gerakan terutaam pada otot persendian. Tujuan latihan kelentukan atau fleksibilitas adalah agar otot-otot sendi tidak kaku dan juga dapat bergerak dengan leluasa tanpa ada gangguan yang berarti.

Kelentukan atau kelenturan juga sangat dibutuhkan oleh banyak cabang olahraga, namun juga demikian terdapat sebuah perbedaan kebutuhan kelentukan untuk setiap keberhasilan penampilannya. 

Bentuk-bentuk latihan kelentukan atau juga kelenturan adalah cara untuk melakukan sebuah peregangan otot antara lain sebagai berikut ini.

  1. Latihan kelenturan sendi bahu, caranya rentangkan kedua lengan dan juga putar kedua lengan ke depan atau ke belakang dengan siku tetap lurus, dan lakukan gerakan ini secara berulang-ulang sesuai dengan kemampuan.
  2. Latihan kelenturan otot pinggang, caranya berdiri tegak kedua lengan diluruskan ke atas, liukkan badan ke samping kanan dan juga ke kiri dengan hitungan waktu antara 10 sampai dengan 15 detik, lakukan ulangan seperlunya.
  3. Latihan kelenturan togok, caranya sikap awal duduk dan kedua tungkai dirapatkan, lutut lurus, bungkukkan badan hingga mencium lutut, kedua tangan harus memegang ujung jari kaki, kemudian tahan selama 10 sampai dengan 15 detik dan atau selama mungkin.
Melakukan Peregangan Otot

Dapat bekerja sama dengan teman juga merupakan sebuah perwujudan sikap adil yang juga dapat diterapkan dalam sekolah.

Manfaat dalam melakukan latihan kebugaran jasmani secara teratur dan juga benar dalam jangka waktu yang juga cukup antara lain sebagai berikut ini.


  1. Dapat menurunkan berat badan dan juga mencegah obesitas.
  2. Juga dapat mencegah penyakit jantung.
  3. Mencegah dan juga dapat mengatur penyakit diabetes.
  4. Dapat meningkatkan kualitas hormon.
  5. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  6. Menambah kepintaran.
  7. Dapat memberi banyak energi.
  8. Menurunkan gejala depresi ringan dan juga kegelisahan.
  9. Dapat menurunkan risiko kanker tertentu.
  10. Dapat melindungi dari osteoporosis.

Dambaan setiap orang merupakan memiliki sebuah tubuh yang sehat dan juga bugar. Agar tercipta tubuh yang sehat dan juga bugar tidak hanya cukup makan dan minu yang bergizi saja, Akan tetapi juga didukung dengan berbagai macam latihan kebugaran jasmani.

Latihan kebugaran jasmani, misalnya seperti latihan untuk kekuatan dan juga daya tahan tubuh, serta latihan untuk meningkatkan daya tahan jantung dan juga paru-paru. Lakukanlah sebuah latihan gerakan kebugaran jasmani sesuai dengan kemampuan secara rutin setiap hari selama 15 menit.