Sistem Setengah Kompetisi dalam Pertandingan

Dalam sebuah pertandingan ada yang dinamakan sistem setengah kompetisi. Sistem ini merupakan sistem kompetisi yang memungkinkan tim-tim untuk untuk dapat ditempatkan ke dalam sebuah group dan mereka juga berkesempatan untuk dapat bertanding satu kali untuk melawan tim-tim lain yang ada di grup yang sama.

Sistem setengah kompetisi adalah sistem pertandingan dimana pada babak penyisihan dalam kompetisi biasanya juga menggunakan yang namanya sistem kompetisi. 

Kemudian setelah kompetisi sudah memasuki pada babak perempat final juga akan dilanjutkan dengan namanya sistem gugur.

Misalnya dalam sebuah kompetisi sepat bola yang diikuti oleh 8 tim. Pada babak penyisihan semua tim yang bertanding juga dibadi menjadi 2 grup dimana setiap grup ada 4 tim.

Kemudian setiap grup juga melakukan sebuah pertandingan sistem kompetisi dengan mempertemukan setiap tim yang berada dalam grup untuk dapat melakukan pertandingan. Misalnya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini.

Sistem Pertandingan Setengah Kompetisi

Sistem Pertandingan Setengah Kompetisi

Sistem Setengah Kompetisi


Sistem setengah kompetisi sering digunakan di babak penyisihan grup untuk dapat menentukan tim-tim yang lolos.


Untuk dapat menentukan juara dalam pertandingan sistem setengah kompetisi juga dilakukan dengan cara mempertandingkan setiap tim dan kemudian tim yang paling banyak menang itulah yang akan menjadi juara.

Namun jika ada dua tim yang sama memperoleh kemenangan maka dapat ditentukan dengan cara menghitung jumlah gol.

Sistem setengah kompetisi biasanya digunakan dalam pertandingan sepak bola, bola voly, bola basket dan lain-lain. Karena sistem setengah kompetisi dinilai lebih adil karena pada babak penyisihan jika tim yang kalah bertanding dapat memiliki 1 kesempatan untuk dapat bertanding lagi.