7+ Alat-Alat Yang Sering Digunakan Dalam Senam Ritmik

Senam ritmik merupakan salah satu olahraga yang mementingkan keindahan dalam setiap gerakannya. Meskipun semikian senam ritmik merupakan salah satu jenis olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan. kebugaran tubuh akan senantiasa terjaga dengan senam ritmik.

Pada senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang dipegang seperti bola, gada atau tali dan tongkat. Dengan menggunakan alat, pesenam dapat meningkatkan kreativitas dan memperindah gerakannya.

Alat yang digunakan untuk senam ritmik pun sangat beragam misalnya pita, gaga, atau tongkat.  Senam ritmik pada mulanya merupakan gerakan-gerakan yang bebas dan  gerakannya lambat, diiringi nyanyian, serta dilakukan secara massal.

Semakin lama perkembangan senam ritmik berubah bersifat kompetitif menjadi senam irama modern.

Perkembangan senam irama modern sangat cepat hal ini dikarenakan gerakannya yang menggunakan alat sangat menarik dan dinamis yang diiringi dengan musik.

Alat Yang Digunakan Dalam Senam Ritmik

1). Senam Ritmik dengan Bola

Senam Ritmik dengan Bola
Senam Ritmik dengan Bola

Ukuran bola yang digunakan dalam senam ini hendaknya sedang seperti bola voli, dengan ciri-ciri bola selalu diam pada telapak tangan meskipun tidak dicengkeram.

Gerakan dasar pada senam ritmik dengan bola terdiri atas beberapa macam, misalnya mengayun, menggelundung, memantul, dan melambung.

2). Senam Ritmik dengan Tali

Senam Ritmik dengan Tali
Senam Ritmik dengan Tali

Senam Ritmik dengan Tali merupakan gerakan senam yang bertujuan untuk meregangan otot dan untuk mengembangkan daya tahan tubuh.

Selain itu, senam ritmik dengan tali dapat membantu meningkatkan kekuatan kaki dan tungkai. Hal ini dikarenakan, pada saat latihan senam dengan tali gerakan lebih dominan melompat.

Gerakan ini membutuhkan tenaga dan daya tahan yang besar. Oleh karenanya sebelum melakukan latihan dilakukan pemanasan dan peregangan otot.

Tali yang digunakan saat senam lantai biasanya berbahan sutra, nylon, serat manila, atau lainnya yang garis tengahnya tidak lebih dari satu inchi.

Panjang tali yang digunakan memiliki panjang sekitar 10 sampai 12 kaki. Teknik gerakan senam ritmik dengan tali ada banyak ragamnya sebagai contoh adalah lompat tali.

Tali hendaknya dipegang dengan tiga jari, yaitu oleh ibu jari, telunjuk dan jari tengah, sedangkan jari manis dan kelingking menjepit sekedarnya dengan kepalan halus.

3). Senam Ritmik dengan Simpai

Senam Ritmik dengan Simpai
Senam Ritmik dengan Simpai

Simpai merupakan alat berbentuk cincin yang besar yang terbuat dari fiber glass, bambu, atau rotan.

Simpai yang standar terbuat dari kayu, alumunium, atau fiber glass dengan ukuran lebih sekitar 1,25 inchi dan diameter lingkaran 27 inchi. Ukuran simpai menyesuaikan pada penggunaan dan kebutuhannya.

Misalnya simpai untuk perlombaan resmi berbeda dengan ukuran latihan pada anak-anak. Gerakan senam ritmik dengan simpai terdiri atas mengayun, melompat, melingkar, dan melambung.

Itulah alat alat yang sering digunakan dalam senam ritmik, yang saya ketahui dan bila Anda dapat menemukan  atau mengetahui  alat yang lain yang digunakan dalam senam ritmik, Anda dapat menuliskannya di kolom komentar, nanti akan saya posting di artikel ini. Terima Kasih?