Kisah Singkat 25 Nabi Yang Diutus Allah Ke Muka Bumi Dan Mukjizatnya

Kisah 25 Nabi dan Rasul SIngkat

Allah telah mengutus 25 nabi ke muka bumi. Nabi pertama adalah Nabi Adam a.s. dan nabi terakhir adalah Nabi Muhammad saw. 25 nabi ini diutus Allah ke muka bumi untuk membimbing umatnya ke dalam ajaran tauhid.

Adapun para nabi tersebut, dan berikut ini adalah kisah singkat dan lengkap 25 nabi dan rasul beserta mukjizatnya yang telah Allah utus ke muka bumi.

Kisah Nabi Adam a.s.

Manusia pertama yang diciptakan oleh Allah adalah Nabi Adam a.s. Nabi Adam adalah cikal-bakal dari seluruh umat manusia yang ada di bumi ini. Nabi Adam diciptakan oleh Allah dari tanah liat kering yang berasal dari lumpur hitam.

Kisah Nabi Idris a.s.

Nabi Idris merupakan nåbi kedua yang diutus oleh Allah swt. ke muka bumi. Nabi Idris a.s. adalah keturunan keenam dari Nabi Adam a.s. Beliau merupakan manusia pertama dari keturunan Nabi Adam a.s. yang menjadi utusan Allah. 

Nabi Idris a.s. berdakwah untuk meluruskan kembali agama Allah, mengajarkan tauhid, dan beribadah dan menyembah hanya kepada Allah. Beliau memberi beberapa pedoman dasar dalam hidup bagi umat-Nya agar selamat dari perbuatan dusta dan maksiat kepada Allah.

Kisah Nabi Nuh a.s.

Nabi Nuh merupakan Nabi yang ketiga yang điutus oleh Allah ke muka bumi. Nabi Nuh a.s. adalah keturunan yang kesembilan dari Nabi Adam a.s. Beliau diutus kepadakaumnya yang bernama Bani Rasib yang selalu mendustakan Allah dan menyembah berhala-berhala. Nabi Nuh diutus untuk berdakwah kepada kaumnya yang sudah jauh tersesat. Beliau mengajak mereka untuk kembali menyembah Allah dan meninggalkan penyembahan terhadap berhala.

Nabi Nuh a.s. mengajarkan agar kaumnya melihat alam semesta yang diciptakan oleh Allah berupa langit, bumi, matahari, rembulan, siang, malam, dan seluruh kekayaan bumi berupa tumbuh-tumbuhan dan air yang mengalir yang memberi kenikmatan hidup kepada manusia. Semua itu merupakan bukti dan tanda nyata akan adanya keesaan Allah yang harus disembah dan bukan berhala-berhala yang mereka buat dengan tangan mereka sendiri.

Kisah Nabi Hud a.s.

Kaum Nabi Hud a.s.bernama kaum 'Ad. Beliau keturunan bangsa Arab yang bertempat tinggal di bukit-bukit pasir. Mereka dikaruniai oleh Allah tanah yang subur dengan sumber-sumber airnya yang mengalir dari segala penjuru sehingga memudahkan mereka menanam berbagai macam bahan makanan. Kampung halaman mereka tampak indah dengan taman bunga yang asri. Mereka hidup makmur, sejahtera, dan bahagia. Dalam waktu yang singkat kaum 'Ad berkembang menjadi suku yang besar.

Kisah Nabi Shaleh a.s.

Kaum Tsamud adalah nama kaum Nabi Shaleh. Sebagian besar kaum Tsamud menyembah berhala. Guna meyakinkan umatnya, Nabi Shaleh a.s. diberi mukjizat oleh Allah berupa seekor unta betina yang dikeluarkan dari celah batu dengan izin Allah swt. Peristiwa ini bertujuan untuk menunjukkan kebesaran Allah kepada kaum Tsamud.

Kisah Nabi Ibrahim a.s.

Nabi Ibrahim merupakan bapak para nabi. Hal ini karena banyak keturunan Nabi Ibrahim menjadi nabi dan Nabi Ibrahim merupakan nabi yang sangat sabar dalam mendakwahi umatnya. Nabi Ibrahim a.s. memiliki gelar "Khalilullah" yang artinya kekasih Allah. Allah menyelamatkan Nabi Ibrahim a.s. dari kezaliman Raja Namrud. Dikisahkan bahwa Raja Namrud merupakan raja yang sangat cerdas. 

Namun, kecerdasannya itu membuat dia sombong dan mendustakan Allah. Dia memaksa dan membohongi rakyatnya untuk menyembah dirinya dan berhala.

Di tengah-tengah praktik kemusyrikan tersebut, Allah mengutus rasul yang sangat cerdas. Kecerdasan Ibrahim mampu mengalahkan kecerdasan Namrud. Meskipun tidak dapat menyadarkan Namrud, Nabi Ibrahim a.s. berhasil membuka pikiran rakyat di kerajaan itu, sehingga banyak di antara mereka vang kembali beriman kepada Allah swt.

Kisah Nabi Lut a.s.

Kisah Nabi Lut a.s. dan umatnya merupakan kisah yang harus menjadi pelajaran untuk kita semua. Nabi Lut a.s. diutus oleh Allah kepada kaumnya, yakni kaum Sadum. Kaum ini telah melakukan kemungkaran yang melewati batas.

Kisah Nabi Ismail  a.s.

Nabi Ismail a.s. merupakan putra Nabi Ibrahim. Beliau adalah seorang nabi yang sangat sabar, penyantun, serta berhati lembut. Beliau selalu menepati janji, sebagaimana firman Allah swt.. dalam Surah Maryam ayat 54.

Kisah Nabi Ishaq a.s.

Nabi Ishaq a.s. dilahirkan di Desa Habrun. Beliau mempunyai putra bernama Al Aish dan Nabi Ya'qub a,s. Beliau melanjutkan risalah agama yang dibawa oleh bapaknya yaitu Nabi Ibrahim a.s. Nabi Ishaq a.s.. dikenal dengan sifat ramah dan pandai hingga umatnya merasa senang, rukun, dan diberi kemakmuran yang berlimpah ruah oleh Allah swt.

Kisah Nabi Ya'qub a.s.

Nabi Ya'qub a.s. adalah putra dari Nabi Ishaq a.s. Dengan demikian, beliau sekaligus menjadi cucu Nabi Ibrahim a.s. Di dalam Al-Qur'an nama beliau sering disandingkan dengan Nabi Ibrahim a.s.

Kisah Nabi Yusuf a.s.

Nabi Yusuf a.s. adalah Nabi yang diberi kelebihan berupa ketampanan. Beliau adalah putra yang disayangi oleh Nabi Ya'qub a.s. Ini disebabkan Nabi Yusuf a.s. memiliki akhlak yang mulia.

Kisah Nabi Ayub a.s.

Nabi Ayub a.s. adalah seseorang yang mempunyai kekayaan yang melimpah ruah, baik berupa binatang ternak maupun tanah pertanian luas yang membentang di daerah Hauran. Allah memberikan ujian cobaan yang akhirnya semua hartanya lenyap seketika.

la juga ditimpa penyakit kulit yang luar biasa sehingga dikucilkan oleh masyarakat Bani Israil. Sekujur tubuhnya banyak dihinggapi berbagai macam serangga. Nabi Ayub a.s. menjalaninya dengan penuh kesabaran dan ketabahan. Bahkan beliau menambah keimanan dan ketaatannya.

Kisah Nabi Syu'aib a.s.

Nabi Syu'aib a.s. bergelar Khatibul Anbiya yang artinya ahli pidato nabi-nabi. Ini disebabkan karena kefasihan, ketinggian, dan kedalaman kata-katanya dalam menyampaikan risalah agama kepada umatnya. 

Beliau diutus untuk menuntun penduduk Madyan. Kala itu penduduk Madyan menyembah Aikah yaitu pohon besar yang berada di hutan. Mereka juga mempunyai kebiasaan melakukan perbuatan keji dan tercela, merampok, menipu, dan mengurangi takaran timbangan.

Kisah Nabi Musa a.s.

Nabi Musa a.s. dilahirkan saat Fir'aun sedang merajalela berbuat kezaliman dan sewenang-wenang di muka bumi Mesir serta menjadikan penduduk yang terpecah belah. Fir'aun sangat menindas rakyatnya. Fir'aun memerintahkan untuk menyembelih anak laki-laki yang baru lahir sedangkan anak perempuan dibiarkan hidup. 

Ini semua dilakukan karena ia percaya pada ramalan bahwa suatu saat akan ada laki-laki yang menggantikan takhtanya. Ketika Musa lahir, Allah memberikan petunjuk agar dihanyutkan di sungai Nil. Ternyata dia diambil oleh para pembantu Fir'aun dan dibawa ke istana. Akhirnya, ia dijadikan anak angkat oleh istri Firaun.

Kisah Nabi Harun a.s.

Nabi Harun a.s. adalah seorang yang saleh dan berhati lembut yang mengemban risalah kenabian bersama dengan Nabi Musa a.s. Mereka diutus untuk Bani Israil. Nabi Harun a.s. adalah seorang nabi dan rasul.

Kisah Nabi Zulkifli a.s.

Nabi Zulkifli merupakan nabi yang diutus Allah swt. karena kesabaran yang dimilikinya. Nabi Zulkifli diutus untuk menyebarkan ajaran agama Allah kepada kaum Amoria di Damaskus (Suriah) agar beriman dan bertakwa kepada Allah swt. Beliau merupakan anak dari Nabi Ayub dan Rahmah yang berarti beliau merupakan cucu dari Nabi Ibrahim. Beliau diangkat menjadi nabi dan rasul oleh Allah swt. setelah kenabian ayahnya, Nabi Ayub.

Kisah Nabi Daud a.s.

Nabi Daud a.s. diutus oleh Allah kepada kaum Bani Israil. Pada saat itu, Jalut berlaku sewenang-wenang, menindas, serta mengusir Bani Israil. Allah memberikan kelebihan kepada Nabi Daud a.s. antara lain dapat melunakkan besi yang digunakan sebagai perlengkapan perang, serta gunung-gunung dan burung-burung bertasbih kepadanya.

Kisah Nabi Sulaiman a.s.

Nabi Sulaiman merupakan nabi yang diberi mukjizat berupa ilmu pengetahuan dan dapat berbicara dengan hewan. Nabi Sulaiman a.s. adalah nabi yang mewarisi ilmu pengetahuan dan kitab Zabur milik Nabi Daud a.s.. Beliau memiliki tentara yang terdiri dari jin, manusia, dan burung-burung. 

Mereka dapat diatur dan berbaris dengan tertib. Beliau pula dapat mengerti bahasa burung dan semut. Wafatnya Nabi Sulaiman dirahasiakan oleh Allah dari semua makhluk, kecuali rayap yang telah memakan tongkatnya.

Kisah Nabi Ilyas a.s. 

Nabi Ilyas a,s. sering dipanggil dengan sebutan Ibnu Yasin. Beliau diutus untuk kaum Ba'albak yang menyembah berhala yang benama Ba'al yang berasal dari Phunicia.

Kisah Nabi Ilyasa a.s.

Nabi Ilyasa a.s. diangkat oleh Allah menjadi rasul untuk Bani Israil yang membawa risalah kenabian menggantikan Nabi Ilyas a.s. Umatnya banyak yang berbuat durhaka kepada Allah.

Kisah Nabi Yunus a.s.

Nabi Yunus a.s. diberi gelar Dzun-Nun, diutus oleh Allah untuk kaum Nainuwi. Umat Nabi Yunus a.s. banyak yang durhaka kepada Allah sehingga Nabi Yunus pergi meninggalkannya. 

Di tengah perjalanan, NabiYunus dilemparkan ke laut karena kapal yang ditumpanginya kelebihan muatan. Atas pertolongan Allah, Nabi Yunus a.s. yang telah ditelan ikan paus dimuntahkan kembali hingga terdampar di daerah yang tandus dan tidak ada makanan apapun kecuali pohon yaqthin (sejenis labu).

Kisah Nabi Zakaria a.s.

Nabi Zakaria a.s. diangkat menjadi rasul untuk kaum Bani Israil. Nabi Zakaria dikenal sebagai nabi yang gigih memperjuangkan agama Allah dan tidak pernah putus asa. Setiap berdoa, beliau selalu memohon agar memiliki seorang anak yang nantinya akan melanjutkan tugasnya menyeru umat kepada kebenaran.

Kisah Nabi Yahya a.s.

Nabi Yahya a.s. adalah putra Nabi Zakaria a.s. yang melanjutkan risalah ayahnya. Sejak kecil ia terpelihara atau terjaga dari perbuatan syirik dan maksiat.

Kisah Nabi Isa a.s.

NAbi Isa a.s. diangkat menjadi nabi untuk menyerukan agama kepada kaum Bani Israil. Pokok ajaran yang dibawa oleh Nabi Isa sama dengan ajaran Islam sekarang yaitu mengesankan Allah. Kitab yang diturunkan kepadanya adalah Injil. Nabi Isa a.s. mempunyai sahabat yang dikenal dengan nama Al-Hawariyyun yang berjumlah 12 orang.

Nabi Isa a.s. dikejar-kejar oleh tentara Kerajaan Herodes yang sangat kejam. Akhirnya Nabi Isa a.s. bisa ditangkap karena bantuan Yahuda, sahabat Nabi Isa a.s. yang berkhianat kepadanya. Atas pertolongan Allah maka Nabi Isa a.s. diselamatkan dan diangkat ke langit pada saat usia 33 tahun.

Kisah Nabi Muhammad saw.

Nabi Muhammad saw. dilahirkan di dalam masyarakat jahiliyah yang menyembah berhala, suka berjudi, mabuk-mabukan, menindas, berdusta, dan merendahkan kaum wanita. Nabi Muhammad saw. dikenal sebagai seorang pemuda yang memiliki sifat lemah lembut, suka menolong, dan selalu berkata jujur sehingga diberi gelar Al-Amin yang artinya yang terpercaya.