Pengertian Pergaulan Sehat Menurut Para Ahli

Pergaulan merupakan sebuah jalinan dalam hubungan sosial antara seseorang dengan orang lain yang juga berlangsung dalam jangka yang relatif lama sehingga juga terjadi saling memengaruhi satu dengan yang lainnya.

Kuat dan juga lemahnya dalam sebuah pergaulan atau suatu interaksi sosial juga dapat memengaruhi erat tidaknya pergaulan yang terjalin. Dalam kehidupan sosial ada berbagai bentuk sebuah pergaulan, ada yang sehat ada pula yang juga dapat dikategorikan pergaulan yang tidak sehat.

Para remaja juga diharapkan dapat memiliki pergaulan yang baik dan juga sehat sehingga kualitas hidupnya juga akan meningkat sebagai fondasi untuk tumbuh juga menjadi dewasa sehingga tidak mudah terjerumus ke dalam pergaulan kurang baik atau kurang sehat.

Pengertian Pergaulan Sehat Menurut Para Ahli

Pergaulan remaja juga dapat dipengaruhi oleh peran orang-orang disekitarnya, di rumah peran dari orang tua juga dapat membantu pembentukan karakter pada remaja agar menjadi lebih baik, di sekolah peran guru juga membantu dalam pembentukan karakter siswa.

Lingkungan adalah salah satu penyebab pergaulan remaja itu baik atau juga menyimpang karena remaja juga banyak menghasilkan waktu mereka untuk bermain setelah pulang sekolah maka otomatis remaja lebih banyak berinteraksi sosial dengan lingkungan umum. Berikut ini adalah beberapa pengertian pergaulan sehat menurut para ahli.

Pergaulan Sehat adalah pergaulan yang membawa pengaruh positif bagi perkembangan kepribadian seseorang. Sebaliknya, pergaulan tidak sehat juga mengarah pada pola perilaku yang merugikan bagi perkembangan dirinya sendiri maupun orang lain.

1). Menurut Abdul Halim

Pergaulan sehat merupakan sebuah pergaulan yang tidak terjebak dalam dua kutub yang ekstrem, yaitu terlalu sensitif (menutup diri) atau terlalu bebas.

Baca Juga :



Konsep pergaulan semestinya juga lebih ditekankan kepada hal-hal yang positif, seperti untuk mempertegas eksistensi diri atau guna untuk menjalin persaudaraan serta untuk menambah wawasan. 

Pergaulan yang sehat adalah pergaulan yang juga mengarah kepada pembentukan kepribadian yang sesuai dengan nilai dan juga norma sosial, kesusilaan, dan kesopanan yang berlaku.