8 Sikap-Sikap dalam Pergaulan Remaja Yang Wajib Anda Ketahui

Pergaulan Remaja yaitu merupakan sebuah jalinan dalam sebuah hubungan sosial antara seseorang dengan orang lain yang juga berlangsung dalam jangka yang relatif lama sehingga juga terjadi saling memengaruhi satu dengan yang lainnya.

Kuat dan juga lemahnya dalam sebuah pergaulan atau suatu interaksi sosial juga dapat memengaruhi erat tidaknya pergaulan yang terjalin. Dalam sebuah kehidupan sosial ada berbagai bentuk sebuah pergaulan, ada yang sehat ada pula yang juga yang dapat dikategorikan pergaulan yang tidak sehat.

Tidak semua sikap dalam pergaulan sehat bisa terima dalam lingkungan kita. Untuk dapat disukai dari dari seorang remaja juga harus tau apa saja etika atau prinsip dalam pergaulan remaja, yaitu sebagai berikut.

Penampilan Fisik

Penampilan fisik pada seseorang merupakan nilai estetis yang juga dapat mendukung kesan pertama pada seseorang di mata orang lain. Kita juga tidak perlu berlebihan atau memaksakan diri untuk mendapat kesan yang baik terhadap pergaulan kita.

Kesederhanaan, kebersihan, dan juga kerapian penampilan pasti juga disukai meskipun juga tidak mewah seperti selebritis, hal yang baik untuk penampilan fisik juga diperlukan untuk dapat menampilkan kesan yang baik.
Baca Juga : Pencegahan Pergaulan Bebas Terhadap Diri Sendiri, Keluarga dan Masyarakat

Berbicara dan Bersikap Sopan


Sikap Pergaulan Remaja

Kesopanan juga bisa menimbulkan kesan pertama yang baik pada saat bisa berkenalan dengan teman baru atau juga lingkungan yang baru. Demikian pula dalam pergaulan sehari-hari kita di sekolah atau dirumah.

Bersikap sopan kepada teman anda juga dapat membuat anda disukai oleh teman Anda. Karena dengan begitu teman anda juga akan menghormati anda jika anda juga berbicara sopan terhadapnya.

Biasakan untuk dapat Memberi dan juga Berbagi


Sikap Pergaulan Remaja

Hal ini juga bisa dimulai dari hal yang juga sepele. Pada saat kita mempunyai sebuah makanan kecil, paling tidak tawari teman kita dengan makanan yang kita punya, hal tersebut juga menunjukkan kepedulian anda terhadap teman Anda. 

Kalau makanannya sedikit, usahakan jangan makan di depan teman-teman kita. Sikap seperti ini juga bisa menunjukkan bahwa kita juga peduli dengan sekeliling kita dan juga menjaga perasaan orang lain.
Baca Juga : Pengertian Pergaulan Sehat Menurut Para Ahli

Hindari Pembicaraan yang Kurang Bermanfaat


Gosip atau menyebarkan desas-desus juga kelihatannya mengasyikkan, Akan tetapi sikap yang seperti ini juga mencerminkan bahwa kita juga gemar mengungkap aip orang lain dan juga menyebarkan berita yang juga belum tentu kebenarannya.

Agama juga melarang untuk dapat bergunjing dikarenakan juga dapat menimbulkan sebuah fitnah dan juga menyakiti orang lain.

Menguping Pembicaraan Orang Lain


Mencuri dengar atau juga dapat disebut menguping pembicaraan orang lain juga merupakan sebuah kebiasaan yang juga tidak disukai. Meskipun merasa akrab, kita juga tetap harus tahu dan juga harus menghargai batasan hal-hal yang juga bersifat pribadi.

Ketika teman menerima telepon, usahakan untuk jangan menyimak obrolannya supaya kita juga tidak dituduh selalu ingin tahu urusan orang lain, dengan begitu teman kita juga akan bersikap baik terhadap kita, bahwa kita juga tidak terlalu mencampuri urusan orang lain.
Baca Juga : Pengertian, Prinsip dan Sikap Pergaulan Sehat Bagi Remaja

Bersikap Peduli Pada Saat Teman Sedang Mencurahkan Isi Hatinya


Sikap Pergaulan Remaja

Simak cerita teman yang juga sedang mencurahkan isi hatinya baik-baik dan juga pahami permasalahannya. Kalau kita tidak bisa memberikan sebuah solusi yang cepat, setidaknya kita juga bisa menjadi pendengar yang baik.

Dengan begitu, dia juga akan merasa bebannya berkurang dan juga dihargai sebagai teman, selanjutnya jaga kerahasiaan teman Anda, karena dengan menjaga kerahasiaan teman juga dapat membuat anda dipercaya teman anda.

Rendah Hati


Biasakan rendah hati dan juga jangan terlalu membanggakan diri sendiri atau keluarga di setiap obrolan dengan teman. Kalau terlalu sering membanggakan diri sendiri atau keluarga, kita juga akan dikatakan sebagai seseorang yang sombong dan tinggi hati.

Akuilah dan juga hargailah kelebihan pada orang lain karena dengan begitu kita juga akan terbiasa mengakui dan juga menghargai kelebihan pada orang lain. Hal ini juga akan memupuk jiwa besar dan juga lapang dada.
Baca Juga : Penyebab, Dampak, Dan Pencegahan Pergaulan Bebas Pada Remaja

Jadilah Diri Sendiri


Tunjukkan siapa diri kita. Bersikap tegas dan juga tidak mengorbankan diri untuk sekedar diakui lingkungan pergaulan merupakan benteng bagi kita juga dalam menyikapi pengaruh pada lingkungan pergaulan kita. Bersikaplah apa adanya yang kita miliki.

Sikap-sikap tersebut memang juga terlihat sepele, Akan tetapi juga dapat menghiasi kecantikan akhlak seseorang. Bila semua itu kita lakukan dengan tulus, kita juga dapat disukai dalam sebuah pergaulan remaja.