Pengertian, Prinsip Dan Sikap Pergaulan Sehat Bagi Remaja

Pergaulan merupakan sebuah jalinan hubungan sosial antara seseorang dengan orang lain yang juga berlangsung dalam jangka relatif yang lama sehingga terjadi saling memengaruhi satu dengan yang lainnya.

Pergaulan merupakan kelanjutan dari sebuah proses interaksi sosial yang juga terjalin antara individu dalam lingkungan sosialnya. Kuat dan lemahnya suatu interaksi sosial juga memengaruhi erat tidaknya sebuah pergaulan yang terjalin.

Dalam kehidupan sosial ada berbagai bentuk sebuah pergaulan, ada yang sehat ada pula yang juga dapat dikategorikan pergaulan yang tidak sehat.


Para remaja juga diharapkan dapat memiliki pergaulan yang baik dan juga sehat sehingga kualitas hidupnya juga akan meningkat sebagai fondasi untuk tumbuh juga menjadi dewasa sehingga tidak mudah terjerumus ke dalam pergaulan kurang baik atau kurang sehat.

Pergaulan Sehat adalah pergaulan yang membawa pengaruh positif bagi perkembangan kepribadian seseorang. Sebaliknya, pergaulan tidak sehat juga mengarah pada pola perilaku yang merugikan bagi perkembangan dirinya sendiri maupun orang lain.


Berikut ini merupakan penjelasan mengenai Pengertian, Prinsip Dan Sikap Pergaulan Sehat Bagi Remaja, yangwajib untuk anda ketahui yaitu sebagai berikut ini.


Pergaulan Sehat

1). Pengertian Pergaulan Sehat

Para remaja juga diharapkan dapat memiliki pergaulan yang baik dan juga sehat sehingga kualitas hidupnya juga akan meningkat sebagai fondasi untuk tumbuh juga menjadi dewasa sehingga tidak mudah terjerumus ke dalam pergaulan kurang baik atau kurang sehat.

Pergaulan remaja juga dadat dipengaruhi oleh peran orang-orang disekitarnya, di rumah peran dari orang tua juga dapat membantu pembentukan karakter pada remaja agar menjadi lebih baik, di sekolah peran guru juga membantu dalam pembentukan karakter siswa.

Lingkungan adalah salah satu penyebab pergaulan remaja itu baik atau juga menyimpang karena remaja juga banyak menghasilkan waktu mereka untuk bermain setelah pulang sekolah maka otomatis remaja lebih banyak berinteraksi sosial dengan lingkungan umum.

Menurut Abdul Halim, pergaulan yang sehat merupakan sebuah pergaulan yang tidak terjebak dalam dua kutub yang ekstrem, yaitu terlalu sensitif (menutup diri) atau terlalu bebas.

Konsep pergaulan semestinya juga lebih ditekankan kepada hal-hal yang positif, seperti untuk mempertegas eksistensi diri atau guna untuk menjalin persaudaraan serta untuk menambah wawasan. Pergaulan yang sehat adalah pergaulan yang juga mengarah kepada pembentukan kepribadian yang sesuai dengan nilai dan juga norma sosial, kesusilaan, dan kesopanan yang berlaku.

2). Prinsip Pergaulan Sehat

A). Adanya kesadaran beragama bagi remaja


Bagi remaja sangat diperlukan adanya sebuah pemahaman, pendalaman, serta ketaatan terhadap ajaran-ajaran agama. Dalam kenyataan sehari-hari juga dapat menunjukkan bahwa anak-anak remaja juga melakukan kejahatan sebagian besar kurang memahami norma-norma agama. Oleh karena itu, kita harus memiliki kesadaran beragama agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang tidak sehat.


B). Memiliki rasa setia kawan


Agar dapat terjalin sebuah hubungan sosial remaja yang baik, peranan rasa setia kawan juga sangat dibutuhkan. Sebab kesadaran inilah yang juga dapat membuat kehidupan remaja dan juga masyarakat juga menjadi tenteram.


C). Memilih Teman


Maksud dari memilih teman merupakan untuk mengantisipasi agar kita juga tidak terpengaruh dengan sifat yang juga tidak baik/sehat. Walaupun begitu, teman yang pergaulannya buruk juga tidak harus kita asingkan. Kita juga tetap berteman dengannya, tapi juga harus menjaga jarak. Jangan terlalu dekat dengan dia.


D). Mengisi waktu dengan kegiatan yang positif


Bagi mereka yang mengisi waktu senggangnya dengan sebuah bacaan yang buruk (misalnya novel), maka hal itu juga akan berbahaya dan juga dapat menghalangi mereka untuk dapat berbuat baik. Maka dari itu, jika ada waktu senggang kita juga harus mengisinya dengan hal-hal yang positif. Misalnya menulis cerpen, menggambar, atau lainnya.


E). Antara laki-laki dan perempuan memiliki sebuah batasan-batasan tertentu


Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya remaja juga harus menjaga jarak dengan lawan jenisnya. Misalnya, jangan duduk terlalu berdekatan karena juga dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.


F). Menstabilkan Emosi


Jika memiliki masalah, kita juga tidak boleh emosi. Harus sabar dengan cara menenangkan diri. Harus menyelesaikan masalah dengan komunikasi, bukan amarah atau emosi.\


Pergaulan Sehat

3). Sikap Dalam Pergaulan Sehat

1). Penampilan Fisik

Penampilan fisik seseorang merupakan nilai estetis yang juga dapat mendukung kesan pertama pada seseorang di mata orang lain. Kita juga tidak perlu berlebihan atau memaksakan diri untuk mendapat kesan yang baik.

Kesederhanaan, kebersihan, dan juga kerapian penampilan pasti juga disukai meskipun juga tidak mewah seperti selebritis.

2). Berbicara dan Bersikap Sopan

Kesopanan juga bisa menimbulkan kesan pertama yang baik pada saat bisa berkenalan dengan teman baru atau juga lingkungan yang baru. Demikian pula dalam pergaulan sehari-hari kita di sekolah atau dirumah.

3). Biasakan untuk dapat Memberi dan juga Berbagi

Hal ini juga bisa dimulai dari hal yang juga sepele. Saat kita mempunyai sebuah makanan kecil, paling tidak tawari teman kita. Kalau makanannya sedikit, usahakan jangan makan di depan teman-teman kita. Sikap seperti ini juga bisa menunjukkan kita kalau peduli dengan sekeliling kita dan juga menjaga perasaan orang lain.

4). Hindari Pembicaraan yang Kurang Bermanfaat

Gosip atau menyebarkan desas-desus juga kelihatannya mengasyikkan, Akan tetapi sikap yang seperti ini juga mencerminkan bahwa kita juga gemar mengungkap aip orang lain dan juga menyebarkan berita yang juga belum tentu kebenarannya. Agama juga melarang untuk bergunjing dikarenakan juga dapat menimbulkan sebuah fitnah dan juga menyakiti orang lain.

5). Mencuri Dengar

Mencuri dengan atau juga dapat disebut menguping pembicaraan orang lain merupakan sebuah kebiasaan yang juga tidak disukai. Meskipun merasa akrab, kita juga tetap harus tahu dan juga menghargai batasan hal-hal yang juga bersifat pribadi. Ketika teamn menerima telepon, usahakan untuk jangan menyimak obrolannya supaya kita juga tidak dituduh selalu ingin tahu urusan orang lain.

6). Bersikap Peduli Saat Teman Sedang Mencurahkan Isi Hatinya

Simak cerita teman yang juga sedang mencurahkan isi hatinya baik-baik dan juga pahami permasalahannya. Kalau kita tidak bisa memberikan sebuah solusi yang cepat, setidaknya kita juga bisa menjadi pendengar yang juga baik. Dengan begitu, dia juga akan merasa bebannya berkurang dan juga dihargai sebagai teman, selanjutnya jaga kerahasiaan teman Anda.

7). Rendah Hati

Biasakan rendah hati dan juga jangan terlalu membanggakan diri sendiri atau keluarga di setiap obrolan dengan teman. Kalau terlalu sering membanggakan diri sendiri atau keluarga, kita juga akan dikatakan sebagai seseorang yang sombong dan tinggi hati.

Akuilah dan hargailah kelebihan pada orang lain karena dengan begitu kita juga akan terbiasa mengakui dan juga menghargai kelebihan pada orang lain. Hal ini juga akan memupuk jiwa besar dan juga lapang dada.

8). Jadilah Diri Sendiri

Tunjukkan siapa diri kita. Bersikap tegas dan juga tidak mengorbankan diri untuk sekedar diakui lingkungan pergaulan merupakan benteng bagi kita juga dalam menyikapi pengaruh pada lingkungan pergaulan kita.

Sikap-sikap tersebut memang juga terlihat sepele, Akan tetapi juga dapat menghiasi kecantikan akhlak seseorang. Bila semua itu kita lakukan dengan tulus, kita juga dapat disukai dalam sebuah pergaulan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian pergaulan sehat menurut para ahli, prinsip dalam pergaulan sehat dan juga sikap sikap dalam pergaulan sehat, dan diatas sudah dijelaskan secara detail, tinggal anda membacanya.