Aturan Main Dalam Permainan Tenis Meja Secara Singkat

Siapa yang tidak mengetahui mengenai olahraga tenis meja? Keterampilan para pemain olahraga tenis meja juga patut untuk kita contoh dalam kehidupan sehari-hari. 

Para pemain profesional dalam tenis meja juga tidak kenal lelah untuk berlatih guna dapat meningkatkan kemampuan dan juga kelincahan dalam pertandingan teknik meja.

Mereka juga terus semangat berlatih pantang menyerah demi memperoleh hasil yang maksimal. Sikap tersebut juga dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang pantang menyerah untuk berlatih juga akan mampu untuk dapat memenangkan sebuah pertandingan.

Olahraga tenis meja merupakan salah satu olahraga yang menggunakan bola kecil. Olahraga ini dilakukan di dalam ruangan. Jenis olahraga ini dilakukan tunggal maupun berpasangan. Dalam permainan olahraga tenis meja anda juga harus menguasai teknik dasarnya. Pada dasarnya anda juga harus paham mengenai peraturan dalam tenis meja.

Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dalam permainan tenis meja. Aturan main dalam tenis meja juga harus dipatuhi oleh pemain maupun penyelenggara. Berikut ini adalah peraturan dalam tenis meja yang wajib untuk anda ketahui.

1). Alat dan Peraturan Permainan Tenis Meja

A). Bola Tenis meja juga memiliki berat antara 2,4 hingga 2,53 gram dan berasal dari bahan seluloid.
B). Bet adalah alat yang digunakan untuk memukul bola tenis. Bet terbuat dari bahan kayu yang dilapisi karet.
C). Bilai 1 akan diperoleh pihak lawan jika terjadi bola mati.
D). Deuce (yus), jika kedua pemain memiliki nilai yang sama pada saat mendekati game, misalnya nilai 20-20.
E). Game jika pemain memperoleh nilai 21 terlebih dahulu.
F). Waktu permainan dalam  pertandingan bola tenis adalah jika salah seorang pemain telah menyelesaikan set terakhir yang menentukan kemenangan.
G). Pada saat permainan dapat dilakukan pergantian tempat atau posisi pemain jika : dilakukan setelah selesai satu game/satu set permainan dan jika terjadi long set (perpanjangan set) setelah salah seorang pemain memperoleh angka 11.

2). Lapangan Tenis Meja

Tenis meja juga memiliki lapangan atau arena permainan berupa meja. Meja juga berbentuk persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut.

A). Panjang meja = 2,74 m
B). Lebar Meja = 152,5 cm.
C). Tinggi meja = 76 cm
D). Tinggi net = 15,5 cm
E). Panjang net = 155 cm
F). Tebal papan meja = 3 cm
G). Meja tenis meja dibuat dari bahan kayu. Biasanya kayu yang sering digunakan adalah kayu jati yang lebih kukuh dan kuat.

Meja Tenis Meja dan Ukurannya


Itulah sedikit informasi singkat mengenai peraturan dalam tenis meja. Untuk seorang pemain tenis meja juga harus memahami peraturan tenis meja, Karena dengan mengetahui peraturan tersebut anda juga paham dan mudah untuk bertanding tenis meja.