5 Teknik Dasar Pukulan dalam Permainan Tenis Meja

Tenis meja merupakan salah satu permainan olahraga yang dimainkan mudah dan dimainkan oleh dua tim saja dan dimainkan oleh 1 vs 1 dan 2 vs 2 yang berlawanan. Dalam permainan tenis meja, teknik pukulan merupakan salah satu penentu sebuah tim untuk dapat mencetak point dan memenangkan sebuah pertandingan.

Tidak semua orang yang bermain olahraga tenis meja dapat melakukan pukulan dalam permainan tenis meja. Seorang pemain juga harus menguasai teknik pukulan dalam tenis meja adalah salah satu syaratnya. 

Beberapa jenis pengembangan teknik pukulan yang dapat diterapkan dalam permainan tenis meja antara lain teknik pukulan push, teknik pukulan drive, teknik pukulan block, teknik pukulan chop dan teknik pukulan servis. Berikut penjelasannya.

1). Teknik Pukulan Push

Teknik Pukulan Push Tenis Meja

Teknik pukulan Push (Dorongan) adalah pukulan backspin pasif yang dilakukan untuk menghadapi backspin. Pukulan ini dapat menjaga agar bola tidak melambung terlalu tinggi dari net, Ada dua jenis pukulan push yang dapat diterapkan yaitu forehand push dan backhand push.


Teknik push adalah teknik yang juga wajib untuk dikuasai dalam tenis meja. Teknik Push merupakan gerakan mendorong bola dimana bet yang dipegang terbuka. Tujuannya adalah untuk dapat mengembalikan pukulan ke arah lawan.


Jenis teknik dapat dilakukan dengan memukul bola dengan gerakan mendorong atau posisi bet terbuka. Pukulan ini digunakan untuk dapat mengembalikan teknik pukulan push itu sendiri dan juga pukulan chop dari lawan. Ada dua jenis pukulan push yaitu pukulan forehand push dan backhand push.

2). Teknik Pukulan Drive

Teknik Pukulan Drive Tenis Meja

Drive merupakan pukulan dengan ayunan panjang sehingga menghasilkan pukulan yang datar dan keras. Tipe pukulan ini keras dan cepat. Kesalahan yang sering terjadi dalam pukulan drive terletak pada gerakan kaki. Cara mengatasi hal ini adalah dengan memperbanyak latihan backhand.


Teknik pukulan drive yaitu sebuah teknik yang wajib dikuasai karena teknik ini merupakan teknik untuk menghasilkan pukulan secara cepat, keras dan mendatar. Dalam melakukan pukulan ini, bet dapat digerakkan dari bawah dan menyerong ke atas akan tetapi pastikan dahulu sikap bet harus dalam kondisi tertutup.

Tujuan dari pukulan drive yaitu dapat digunakan sebagai pukulan serangan dan juga dapat di kontrol sesuai dengan keinginan dari pemain. Dalam tenis meja terdapat dua macam pukulan drive yaitu forehand drive dan backhand drive.

3). Block

Block adalah cara paling sederhana untuk mengembalikan pukulan yang keras. Block dilakukan setelah bola memantul dari meja. Hal ini dilakukan untuk membuat lawan tidak dapat melancarkan serangan dengan cepat, Karena bola yang di-block akan kembali dengan cepat.

4). Teknik Pukulan Chop

Teknik Pukulan Chop Tenis Meja

Chop merupakan pukulan backspin yang bersifat aktif. Persiapan dalam melakukan pukulan forehand chop sama untuk melakukan pukulan forehand, tetapi posisi bet agak terbuka. Gerakkan bet ke depan condong ke bawah. Usahakan kontak dengan bola  terjadi di depan kanan badan.

Perkenaan bola pada sisi bet depan agak bawah dan perkenaan pada sisi bawah bola. Sementara untuk backhand chop posisi awal sama dengan backhand, tetapi posisi bet terbuka atau sisi condong ke atas. Usahakan  kontak bola pada bagian sisi bawah bet depan dengan sisi bawah bola. Usahakan perkenaan bola di kiri agak depan tubuh.

5). Teknik Pukulan Servis

Teknik Pukulan Servis Tenis Meja

Servis yaitu memukul bola untuk menyajikan bola pertama. Ada beberapa teknik servis yaitu servis forehand topspin, servis backhand topspin, servis forehand backspin, dan servis backhand backspin. Topspin merupakan arah putaran bola (bola berputar searah dengan jarum jam). Backspin merupakan arah putaran bola juga (bola berputar berlawanan jarum jam).

Itulah sedikit informasi yang bisa saya bagikan mengenai teknik dasar pukulan dalam tenis meja dan tenis meja adalah olahraga yang menyenangkan dan dapat dimainkan bersama teman-teman. Agar dapat menguasai 5 jenis teknik pukulan tenis meja tersebut berlatihlah secara sungguh sungguh karena dengan berlatih Anda dapat menguasai teknik pukulan tersebut.