Cara Melakukan Gerakan Round Off Dalam Senam Lantai

Senam Lantai merupakan salah satu bagian dari rumpun senam yang sesuai dengan istilahnya, gerakan-gerakan dalam senam lantai juga dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras ataupun permadani. 

Selain itu, senam lantai juga dapat disebut dengan istilah senam bebas dikarenakan pada saat melakukan gerakan senam lantai tidak membawa atau juga menggunakan alat.

Tujuan senam lantai yaitu sebagai bagian dari cabang olahraga yang dapat memberikan kesehatan untuk anda. Olahraga senam lantai sangat disukai oleh para wanita. Tujuan senam lantai yang sebenarnya yaitu untuk menjadikan anda menjadi awet muda. 


Cara Melakukan Gerakan Round Off Dalam Senam Lantai

Dalam senam lantai juga dikenal dengan yang namanya gerakan round off dalam senam lantai dan berikut ini penjelasan mengenai round off.

Round Off merupakan suatu satuan gerakan yang terdiri dari gerakan yaitu sebagai berikut.
Melakukan handstand dengan berputar pada sumbu tegak.

Menolak dengan kedua tangan tumpuan pada saat kedua kaki akan mendarat di lantai. Berikut ini cara melakukan gerakan Round Off dalam senam lantai.


  1. Melakukan handstand (bagi anak yang belum bisa melakukan handstand dilakukan dengan bantuan). Mengangkat satu tangan dari lantai, tangan kanan dan kiri bergantian.
  2. Sama dengan langkah atas, tetapi tangan yang diangkat ditempatkan di depan, kemudian memindahkan tangan yang lain di sisi tangan yang pertama tadi, lalu badan berputar pada sumbu tegak. Pada latihan 1 dan 2 saat kembali berdiri dengan cara bebas.
  3. Melakukan handstand dengan meletakkan kedua tangan menghadap arah datang. Jadi, pada saat kedua tangan mendekat ke lantai, kedua tangan diputar sedemikian hingga ujung jari menghadap arah datang.
  4. Melakukan latihan 3. Pada saat kedua kaki rapat akan turun dengan tolakan kedua tangan meninggalkan lantai.
  5. Melakukan latihan 3 dan 4 dengan irama yang cepat. Bila perlu tetap dibantu, terutama sikap handstand yang berlangsung sangat singkat agar bisa melatih kekuatan tangannya dengan baik.
  6. Melakukan latihan 5, yang dilakukan sepat dengan awalan 2/3 langkah. Dengan tangan langsung menyentuh matras dan kemudian kaki langsung lurus ke atas.

Demikian yang dapat saya jelaskan mengenai cara melakukan gerakan round off dalam senam lantai , dengan cara melakukan petunjuk gerakan round off dalam senam lantai di atas, Anda tidak akan mengalami cedera. Terima Kasih?