Keterampilan Gerak Menendang Bola Beserta Kesalahannya

Dalam sepak bola anda pasti juga kenal yang namanya gerak menendang bola untuk dapat menguasai semua gerakan tersebut anda juga harus berlatih terus menerus sampai bisa, hal tersebut sampai dirasa anda sudah berhasil dalam menguasainya.

Dalam game atau sebuah permainan sepak bola, menendang bola adalah merupakan sesuatu hal yang sangat penting. Karena jika sebuah tendangan kita yang akurat dan juga sangat keras, maka tendangan kita juga akan lebih mudah untuk dapat mencetak sebuah gol ke arah gawang lawan.

Gerak Menendang Bola

Berikut ini adalah penjelasan mengenai gerak menendang bola yang dapat dilakukan dengan kaki bagian dalam, punggung kaki, dan juga punggung kaki bagian dalam yaitu sebagai berikut ini.

1). Menendang Bola dengan Kaki bagian Dalam

Berikut ini adalah penjelasan mengenai gerak menendang bola dengan kaki bagian dalam yaitu dengan melalui urutan gerakannya sebagai berikut.


  1. Badan berdiri dengan posisi melangkah, kaki kiri ke arah depan dan juga ke arah kanan di belakang dan menghadap ke arah bola.
  2. Kaki kiri juga harus menumpu di samping bola jarak sekepalan tangan yaitu dengan ujung kaki yang mengarah ke arah depan dan serta lutut juga sedikit ditekuk dan badan juga agak condong ke arah depan.
  3. Kaki kanan juga harus dibuka keluar dan sehingga mata kaki juga mengarah ke arah bola tersebut dan kedua lengan juga menjaga harus keseimbangan.
  4. Ayunkan kaki kanan anda ke arah bola tersebut dan dengan menggunakan kaki bagian dalam.
  5. Gerakan selanjutnya yaitu diikuti oleh gerak lanjut dari kaki tendang yang juga diimbangi oleh anggota tubuh yang lainnya.

Pada gerak menendang bola dengan kaki bagian dalam, juga ada kesalahan yang perlu anda kethui dan hindari yaitu seperti sikap badan yang kaku, kaki tumpu juga tidak di samping bola, kaki tendang juga tidak stabil, badan juga kurang condong ke arah depan, dan juga diikuti gerak lanjut.

2). Menendang Bola dengan Punggung Kaki Bagian Dalam

Berikut ini keterampilan gerak menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam yaitu dengan melalui urutan gerakannya, sebagai berikut penjelasannya.


  1. Sikap badan berdiri di arah belakang bola.
  2. Kaki tumpu juga harus di samping bola yaitu dengan jarak sekepalan tangan.
  3. Badan juga sedikit condong ke arah depan dan kedua lengan juga harus rileks untuk dapat menjaga keseimbangan dan juga pandangan dipusatkan ke arah bola.
  4. Pada saat kaki tendang mengayun ke arah depan, kaki juga mengarah ke arah bola, pergelangan kaki juga di titik tengah, ujung kaki selangkah ke arah samping bawah.
  5. Bola yang ditendang juga tepat pada sasaran titik pusat tendangan yaitu dengan perkenaan pada punggung kaki bagian dalam. 
  6. Pada sikap akhir tendangan juga diikuti oleh gerak lanjut kaki tendang yang juga diikuti dengan anggota badan seluruhnya.

Pada gerak menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam, juga ada sebuah kesalahan kesalahan yang perlu anda ketahui yaitu seperti sikap badan yang kaku, kaki tumpu juga tidak disamping bola, kaki tendang juga tidak stabil, badan juga kurang condong ke arah depan, dan juga tidak diikuti dengan gerak lanjut.

3). Menendang Bola Dengan Punggung Kaki

Berikut ini adalah penjelasan gerak menendang bola dengan punggung kaki yaitu dengan melalui urutan gerakannya sebagai berikut.


  1. Sikap badan berdiri di arah belakang bola.
  2. Letakkan kaki tumpu disamping bola yaitu dengan jarak kira kira sekepalan tangan.
  3. Kaki tendang juga harus ke arah belakang lurus dengan bola dan juga pandangan ke arah tendangan.
  4. Kaki tendang juga diayunkan ke arah belakang dan juga kemudian gerakan ke arah depan yang menyentuh bola sekuat - kuatnya dengan perkenaan pada punggung kaki.
  5. Pada sikap akhir dari tendangan yaitu juga diikuti dengan gerak lanjut kaki tendang dan juga diikuti oleh anggota tubuh lainnya.

Pada gerak menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam, juga ada kesalahn yang perlu anda ketahui yaitu sikap badan yang kaku, kaki tumpu juga tidak di samping bola, kaki tendang juga tidak stabil, badan juga kurang condong ke arah depan, dan juga tidak diikuti dengan gerak lanjut.

4). Aktivitas Belajar Menendang Bola

Beriku ini aktivitas belajar satu dan dua untuk mempelajari keterampilan gerak menendang bola yaitu melalui urutan gerakannya sebagai berikut.

A). Aktivitas 1


  1. Buatlah barisan yaitu dengan berpasang-pasangan.
  2. Masing-masing pasangan juga harus dapat satu bola.
  3. Jarak antara masing-masing pasangan yaitu sekitar 3 sampai dengan 5 meter.
  4. Bola yang di tendang ke arah pasanganmu juga menggunakan kaki bagian dalam yaitu dengan titik perkenaan pada titik bawah bola tersebut, dan juga mengembalikannya dengan cara yang sama, anda juga harus mengamati jalannya bola tersebut.
  5. Bola yang di tendang ke arah pasanganmu juga menggunakan kaki bagian dalam yaitu dengan titik perkenaan pada titik tengah bola tersebut, dan juga mengembalikannya dengan cara yang sama, anda juga harus mengamati jalannya bola tersebut.
  6. Bola yang di tendang ke arah pasanganmu juga menggunakan kaki bagian dalam yaitu dengan titik perkenaan pada titik atas bola tersebut, dan juga mengembalikannya dengan cara yang sama, anda juga harus mengamati jalannya bola tersebut.
  7. Setelah dirasa anda lancar dalam melakukan gerak menendang menggunakan kaki bagian kanan, sekarang anda lakukan dengan menendang menggunakan kaki bagian kiri anda.
  8. Setelah anda lancar dalam melakukannya, anda juga dapat melakukannya dengan cara menendang bola sambil bergerak ke arah kiri kanan dan juga maju - mundur.

B). Aktivitas 2


  1. Buatlah sebuah kelompok yang masing-masing terdiri dari 6 orang.
  2. Buat sebuah lapangan yaitu dengan ukuran 9 x 9 meter.
  3. Tentukan 2 orang yaitu sebagai pemain penerima bola, dan 2 orang yaitu sebagai pemain bertahan, dan juga 2 orang yaitu sebagai pemain penyerang.
  4. Pemain penyerang juga membawa bola dan juga harus berusaha memberikan bola kepada pemain penerima bola, pemain bertahan juga harus berusaha untuk merebut bola dari pemain penyerang dan juga dapat menghalangi bola agar tidak sampai kepada pemain penerima bola tersebut.
  5. Apabila bola tersebut berhasil diterima oleh pemain penerima bola maka pemain penerima juga berganti menjadi pemain bertahan, pemain bertahan juga menjadi pemain penyerang, dan juga pemain penyerang juga menjadi pemain penerima bola tersebut.
  6. Keterampilan yang juga digunakan dalam permainan ini yaitu menendang bola dengan menggunakan berbagai bagian kaki.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai keterampilan gerak menendang bola beserta kesalahan - kesalahan yang sering terjadi, dan semoga srtikel diatas dapat bermanfaat untuk anda, dan dapat menambah skill anda dalam bermain sepak bola.