4 Kategori Keterampilan Gerak Permainan SepakBola

Pernahkan Anda bermain permainan sepakbola, tentu saja pastinya anda pernah memainkan permainan sepakbola, karena sepak bola adalah permainan olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat indonesia maupun dunia.

Permainan sepakbola sendiri dimainkan dilapangan sepakbola yang dimainkan oleh dua regu atau 2 tim yang saling tanding. Tujuan dalam permainan sepakbola sendiri adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan daerah sendiri dari serangan lawan dengan aturan tertentu.

Karakteristik permainan sepakbola adalah memainkan bola dengan menggunakan kaki atupun dengan seluruh anggota badan kecuali tangan, khusus untuk penjaga gawang boleh menggunakan tangan. Peraturan dalam permainan sepak bola yang sebenarnya untuk dapat anda ketahui adalah, nanti akan dijelaskan di postingan ini.

Pada permainan sepak bola juga ada manfaatnya yaitu untuk dapat mengembangkan kebugaran tubuh apabila dilakukan secara teratur, menjalin kerjasama, juga dapat menumbuhkan kejujuran, dan juga menambah pengetahuan anda mengenai keterampilan gerak permainan sepakbola yang baik dan benar.

Keterampilan gerak dalam permainan sepak bola adalah menendang passing atau shooting, mengontrol atau controlling, mengging atau dribbling, dan menyundul/heading bola.

1). Keterampilan Gerak Menendang Bola


Keterampilan Gerak Menendang Bola

Keterampilan gerak menendang bola juga dapat dilakukan dengan kaki bagian dalam, punggung kaki, dan juga punggung kaki bagian dalam, berikut ini penjelasannya.

A). Menendang Bola dengan Kaki bagian Dalam

Berikut ini merupakan keterampilan gerak menendang bola dengan kaki bagian dalam dengan urutan gerakannya, berikut ini penjelasannya.


  1. Berdiri pada posisi melangkah, kaki kiri di depan kanan dan juga di belakang untuk menghadap ke arah bola.
  2. Kaki kiri bertumpu di samping bola dengan jarak sekepalan tangan dengan ujung kaki mengarah ke arah depan. Serta lutut ditekuk sedikit dan juga badan harus agak condong ke arah depan.
  3. Kemudian, kaki kanan dibuka keluar sehingga mata kaki mengarah ke arah bola dan kedua lengan menjaga keseimbangan tubuh.
  4. Ayunkan kaki kanan ke arah bola menggunakan kaki bagian dalam.
  5. Gerakan selanjutnya yaitu dengan diikuti oleh gerak lanjutan dari kaki tendang yang diimbangi dengan anggota tubuh lainnya.


Pada gerak menendang bola dengan kaki bagian dalam, juga ada kesalahan - kesalahan yang wajib anda ketahui yaitu seperti sikap badan kaku, kaki tumpu tidak di samping bola, kaki tendang tidak stabil dan harus stabil, badan kurang condong ke arah depan, dan juga tidak diikuti dengan gerak lanjut (salah).

B). Menendang Bola dengan Punggung Kaki Bagian Dalam

Berikut ini merupakan keterampilan gerak menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam dengan urutan gerakannya, sebagai berikut penjelasannya.


  1. Berdiri di belakang bola.
  2. Kaki tumpu juga harus di samping bola dengan jarak sekitar sekepalan tangan.
  3. Badan agak sedikit condong ke arah depan, kedua lengan rileks untuk dapat menjaga keseimbangan dan juga pandangan berfokus ke arah bola.
  4. Pada saat kaki kanan atau disebut dengan kaki tendang juga harus mengayun ke arah depan, kaki yang mengarah ke arah bola, pergelangan kaki di titik tengah, ujung kaki selangkah ke arah samping bawah.
  5. Bola juga harus ditendang secara tepat pada sasaran titik pusat tendangan dengan perkenaan pada punggung kaki bagian dalam. 
  6. Sikap akhir pada tendangan juga harus diikuti oleh sebuah gerakan lanjut oleh kaki tendang yang diikuti dengan anggota badan seluruhnya.
Pada gerak menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam, juga ada kesalahan - kesalahan yang wajib untuk anda ketahui yaitu seperti, sikap badan kaku, kaki tumpu tidak disamping bola, kaki tendang tidak stabil dan harus stabil, badan kurang condong ke arah depan, dan juga diikuti menggunakan gerak lanjut (salah).


C). Menendang Bola Dengan Punggung Kaki

Berikut ini merupakan keterampilan gerak menendang bola dengan punggung kaki dengan urutan gerakannya, sebagai berikut oenjelasannya.


  1. Berdiri di belakang bola.
  2. Letakkan kaki tumpu di samping bola dengan jarak sekitar sekepalan tangan.
  3. Kaki tendang ke arah belakang lurus dengan bola dan juga pandangan ke arah tendangan.
  4. Kaki tendang diayunkan ke arah belakang kemudian gerakan ke arah depan menyentuh bola sekuat - kuatnya dengan perkenaan pada punggung kaki.
  5. Sikap akhir dari tendangan ini diikuti dengan gerakan lanjut kaki tendang dan juga harus diikuti oleh anggota tubuh yang lainnya.


Pada gerak menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam, juga ada kesalahan yangw ajib untuk anda ketahui yaitu seperti, sikap badan kaku, kaki tumpu tidak di samping bola, kaki tendang tidak stabil dan harus stabil, badan kurang condong ke arah depan, dan juga tidak diikuti dengan gerak lanjut (salah).


D). Aktivitas Belajar Menendang Bola

Pada keterampilan gerak menendang bola, juga ada aktivitas pembelajarannya, berikut ini adalah 2 aktivitas pembelajaran dalam belajar menendang bola.

1). Aktivitas pembelajaran yang pertama


  1. Buatlah sebuah barisan dengan berpasang-pasangan.
  2. Masing-masing pasangan juga mendapatkan satu bola.
  3. Jarak antara masing-masing pasangan tersebut yaitu sekitar tiga sampai lima meter.
  4. Bola di tendang ke arah pasangan anda dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan titik perkenaan pada titik bawah bola dan juga mengembalikannya dengan cara yang sama, dan kalian juga harus mengamati jalannya bola.
  5. Bola di tendang ke arah pasangan anda dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan titik perkenaan pada titik tengah bola dan juga mengembalikannya dengan cara yang sama, dan kalian juga harus mengamati jalannya bola.
  6. Bola di tendang ke arah pasangan anda dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan titik perkenaan pada titik atas bola dan juga mengembalikannya dengan cara yang sama, dan kalian juga harus mengamati jalannya bola.
  7. Setelah Anda lancar dalam melakukan gerak menendang menggunakan kaki bagian kanan, sekarang anda dapat melakukan gerak menendang menggunakan kaki bagian kiri.
  8. Setelah lancar, anda juga dapat melakukannya dengan menendang bola sambil bergerak ke arah kiri kanan dan juga maju, mundur.

2). Aktivitas Pembelajaran yang kedua


  1. Buatlah kelompok yang terdiri masing-masing beranggota 6 orang.
  2. Buat lapangan dengan ukuran selebar 9 x 9 meter.
  3. Tentukan 2 orang sebagai yaitu pemain penerima bola, 2 orang sebagai pemain bertahan, dan juga 2 orang sebagai pemain penyerang.
  4. Pada pemain penyerang juga harus membawa bola tersebut dan juga harus berusaha untuk memberikan bola tersebut kepada pemain penerima bola, pemain bertahan juga harus berusaha dalam merebut bola dari pemain penyerang dan juga menghalangi bola agar tidak sampai kepada pemain penerima bola tersebut.
  5. Apabila bola berhasil diterima oleh pemain penerima bola maka pemain penerima berganti menjadi pemain bertahan, pemain bertahan juga menjadi pemain penyerang, dan juga pemain penyerang menjadi pemain penerima bola.
  6. Keterampilan yang digunakan dalam permainan ini adalah menendang bola menggunakan berbagai bagian kaki yaitu secara keseluruhan.
2). Keterampilan Gerak Memberhentikan atau Mengontrol Bola


Keterampilan Gerak Mengontrol Bola

A). Menghentikan /Mengontrol bola dengan Telapak Kaki

Berikut ini adalah keterampilan gerak mengontrol bola dengan telapak kaki, dengan urutan gerakannnya, berikut ini penjelasannya.

  1. Sikap berdiri harus menghadap arah datangnya bola.
  2. Dekati bola yang sedang ebrgerak.
  3. Julurkan kaki kanan ke arah bola dan juga hentikan bola dengan telapak kaki.
  4. Telapak kaki ditarik ke arah belakang bersamaan dengan datangnya bola.

Pada gerak menghentikan / mengontrol bola dengan telapak kaki, juga ada kesalahan yang perlu untuk anda ketahui yaitu seperti badan kaku, kaki yang menahan tidak rileks, dan kaki tidak digerakkan/ditarik ke belakang.

B). Mengontrol Bola dengan Punggung Kaki

Berikut ini keterampilan gerak mengontrol bola dengan punggung kaki, dengan urutan gerakannya, berikut ini penjelasannya.

  1. Sikap berdiri menghadap ke arah datangnya bola, kemudian bergerak ke arah bola tersebut.
  2. Julurkan kaki kanan ke arah bola, dan juga tahan pergerakan bola menggunakan punggung kaki dengan sedikit sentuhan.
  3. Jatuhkan bola diantara kedua kaki tersebut.

Pada gerak menghentikan / mengontrol bola dengan punggung kaki, juga ada kesalahan yang wajib untuk anda ketahui yaitu seperti badan kaku, kaki yang menahan tidak rileks, dan kaki yang menahan bola tidak digerakkan/ditarik ke belakang.

C). Mengontrol Bola dengan Dada

Berikut ini keterampilan gerak mengontrol bola dengan dada, dengan urutan gerakannya berikut ini penjelasannya.

  1. Sikap berdiri menghadap ke arah datangnya bola.
  2. Posisikan tubuh anda sehingga dada satu arah dengan datangnya bola.
  3. Busungkan dada sehingga terbuka lebar dan juga kedua tangan melebar dalam posisi yang seimbang.
  4. Tahan bola tersebut tepat pada dada yaitu dengan sedikit sentuhan atau tarikan ke arah belakang.

Pada gerak menghentikan / mengontrol bola dengan dada, juga ada kesalahan yang perlu anda ketahui yaitu seperti badan kaku, kaki tidak dibuka, dada tidak dibusungkan dan lengan/tangan tidak terbuka, dan tidak ada gerakan menjemput bola.

D). Menghentikan/Mengontrol Bola dengan Paha

Berikut ini keterampilan gerak menghentikan/mengontrol bola dengan menggunakan paha dengan urutan gerakannya sebagai berikut penjelasannya:

  1. Sikap berdiri mengahadap ke arah datangnya bola, dan juga memposisikan badan satu  ke arah dengan bola.
  2. Tempatkan tubuh di arah bawah pada datangnya bola dalam posisi yang seimbang.
  3. Angkat salah satu kaki dan juga tekuk lutut sehingga paha berada bidang datar tepat di bawah lambungan bola.
  4. Hentikan bola melalui sedikit sentuhan dengan paha.
  5. Jatuhkan bola di antara kedua kaki anda.

Pada gerak mengontrol bola dengan paha, juga ada kesalahan yang wajib untuk anda ketahui adalah seperti badan kaku, kaki tidak tidak diangkat, paha tidak dalam bidang datar, dan tidak ada gerakan menjemput bola.

E). Menghentikan / Mengontrol Bola dengan Perut

Berikut ini keterampilan gerak menghentikan/ mengontrol bola dengan menggunakan perut yang dilakukan apabila posisi bola melayang di udara atau bola pantulan dari tanah dengan urutan gerakannya, sebagai berikut penjelasannya:

  1. Sikap berdiri menghadap ke arah datangnya bola.
  2. Posisikan tubuh segaris dengan arah datangnya bola, dan juga bergerak ke arah depan untuk menjemput bola.
  3. Tahan bola menggunakan perut dengan sentuhan atau menarik perut ke arah belakang sambil menjaga keseimbangan.
  4. Jatuhkanlah bola di antara kedua kaki.

Pada gerak menghentikan/ mengontrol bola dengan perut, juga ada kesalahan yang wajib untuk anda ketahui yaitu seperti badan kaku, perut tidak rileks, kedua tangan tidak dibuka, dan tidak ada

F). Aktivitas Belajar Memberhentikan/Mengontrol Bola

Berikut ini yaitu aktivitas belajar yaitu dengan secara berpasangan untuk dapat belajar gerak menghentikan atau juga mengontrol bola yang dapat dilakukan melalui urutan sebagai berikut ini penjelasannya.

  1. Berdiri berhadapan secara berpasangan dengan jarak 3 - 5 meter.
  2. Misalnya siswa C menendang atau melambungkan bola tersebut ke arah siswa D, dan juga siswa D menghentikan atau mengontrol bola tersebut yaitu menggunakan telapak kaki, punggung kaki, dada, atau juga perut.
  3. Aktivitas pembelajaran ini juga harus dilakukan secara bergantian, setelah anda merasa sudah lancar dalam menggunakan kaki kanan lanjutkan yaitu dengan menggunakan kaki kiri untuk dapat memperagakan gerak menghentikan atau mengontrol bola tersebut.
3). Keterampilan Gerak Menggiring Bola

Keterampilan Gerak Menggiring Bola

Menggiring bola merupakan salah satu keterampilan gerak dalam permainan sepakbola yang berfungsi untuk dapat menguasai bola dan dapat mencetak gol. Menggiring bola dilakukan dengan cara membawa bola menggunakan kaki, baik di daerah sendiri maupun pada daerah lawan. Menggiring bola juga dapat dilakukan dengan punggung kaki bagian dalam bagian luar, berikut ini penjelasannya.

A). Menggiring Bola dengan Punggung Kaki Bagian Dalam

Berikut ini  keterampilan gerak menggiring bola dengan punggung kaki bagian dalam dengan urutan gerakan sebagai berikut ini.

  1. Berdiri posisi melangkah (kaki kanan di depan), berat tubuh harus bertumpu pada kaki belakang (kaki kiri) dengan lutut agak ditekuk.
  2. Letakkan bola di depan dan juga kedua lengan untuk dapat menjaga keseimbangan.
  3. Dorong bola ke arah depan secara perlahan-lahan yaitu menggunakan punggung kaki bagian dalam.
  4. Anda juga harus mengusahakan kedua kaki anda untuk selalu dekat dengan bola dan juga disesuaikan dengan irama langkah dengan bola.

Pada gerak menggiring bola dengan punggung kaki bagian dalam, juga ada kesalahan yang wajib untuk anda ketahui yaitu seperti yaitu badan kaku dan tidak condong ke depan, dan kedua lengan tidak rileks atau salah satu atau pun kedua kaki anda juga terlalu jauh dengan bola tersebut, lutut juga tidak ditekuk, dan juga kaki bola terlalu jarang dalam bersentuhan.

B). Menggiring Bola Menggunakan Punggung Kaki Bagian Luar

Berikut ini  keterampilan gerak menggiring bola dengan punggung kaki bagian luar dengan urutan gerakannya sebagai berikut ini penjelasannya.

  1. Berdiri posisi melangkah (kaki kanan di depan), berat tubuh juga harus bertumpu pada kaki belakang (kaki kiri) dengan lutut agak ditekuk.
  2. Letakkan bola ke arah depan dan juga kedua lengan harus menjaga keseimbangan.
  3. Dorong bola di depan secara perlahan menggunakan punggung kaki bagian luar.
  4. Usahakan kedua kaki selalu dekat dengan bola dan juga sesuaikan irama langkah dengan bola.

Pada gerak menggiring bola dengan punggung kaki bagian luar, juga ada kesalahan yang wajib untuk anda ketahui yaitu seperti yaitu badan kaku dan tidak condong ke depan, kedua lengan tidak rileks, salah satu atau kedua kaki terlalu jauh dengan bola, lutut tidak ditekuk, dan kaki dan bola terlalu jarang bersentuhan.

C). Aktivitas belajar Menggiring Bola

Berikut ini aktivitas belajar ini untuk belajar keterampilan gerak menggiring bola yang digabungkan dengan menendang bola ke gawang sebagai berikut ini penjelasannya.

1). Aktivitas Belajar pertama

  1. Siswa berbaris berbanjar ke arah belakang.
  2. Siswa menggiring bola tersebut ke arah depan yaitu dengan melewati rintangan yang harus diletakkan sejajar dengan gawang yaitu sekitar kira - kira sebanyak 5 rintangan (jarak setiap rintangan tersebut yaitu berjarak sekitar 2 meter).
  3. Pada rintangan terakhir atau ketika memasuki garis ke 16 meter (daerah gawang), siswa harus menendang bola ke arah gawang.
  4. Setelah menendang bola ke arah gawang tersebut, pada siswa juga harus mengambil kembali bola tersebut dan kemudian berbaris ke arah belakang barisan semula.

2). Aktivitas Belajar Kedua

  1. Siswa berbaris berbanjar ke belakang dan juga memegang bola.
  2. Siswa menggiring bola ke arah depan dengan melewati rintangan yang diletakkan sejajar dengan gawang sebanyak sekitar 5 rintangan (jarak setiap rintangan yaitu 2 meter).
  3. Pada rintangan terakhir, bola dioperkan kepada teman yang berdiri di daerah garis 16 meter dan kemudian teman tersebut mengoperkan kembali bola tersebut ke depan dan siswa yang menggiring bola tadi langsung menendang bola ke arah gawang. 
  4. Setelah menendang bola ke arah gawang, siswa tersebut menggantikan siswa yang mengoperkan bola yang berada di daerah garis 16 meter.
  5. Siswa yang mengoperkan bola yang berada di daerah garis 16 meter mengambil bola dari gawang dan juga masuk ke barisan paling belakang untuk dapat melakukan.
4). Keterampilan Gerak Menyundul Bola

Keterampilan Gerak Menyundul Bola

Keterampilan gerak menyundul bola atau dapat di lebih dikenal yaitu dengan nama heading adalah suatu upaya untuk dapat mengambil bola yang melayang ke arah udara yaitu dengan menggunakan kepala atau juga bisa menggunakan dahi. Perkenaan bola pada kepala, pada saat melakukan sundulan adalah menggunakan dahi, karena dahi adalah bagian kepala yang paling terkuat. Menyundul bola juga dapat dilakukan dengan awalan dan juga tanpa awalan berikut ini adalah penjelasannya mengenai keterampilan gerak menyundul bola.

A). Menyundul Bola dengan Awalan 

Berikut ini  keterampilan gerak menyundul bola dengan awalan dengan urutan gerakannya sebagai berikut ini penjelasannya : 

  1. Menyundul Bola dengan Awalan
  2. Anda juga harus berdiri dalam posisi yang seimbang dan juga harus menghadap ke arah datangnya bola tersebut. 
  3. Pandangan harus mengarah pada datangnya bola di udara. 
  4. Bergerak mendekati bola setelah berjarak sekitar kira-kira sudah satu meter antara kepala dan juga bola, lalu melompat untuk melakukan sundulan dengan cara menguatkan leher. 
  5. Sundulan bola dilakukan dengan dahi, karena dahi yang paling terkuat. 
  6. Mendarat dengan tumpuan kaki sedikit ditekuk. 

Pada gerak menyundul bola dengan awalan, juga ada kesalahan yang wajib untuk anda ketahui yaitu seperti yaitu: badan kaku dan tidak seimbang, pandangan tidak pada bola, tidak bergerak mendekati bola, dan perkenaan tidak pada kening/dahi. 

B). Menyundul Bola Tanpa Awalan 

Berikut ini merupakan penjelasan keterampilan gerak menyundul bola yaitu tanpa awalan dan juga dapat dilakukan dengan urutan gerakannya sebagai berikut ini : 

  1. Menyundul Bola Tanpa Auswalan
  2. Berdiri dalam posisi seimbang menghadap ke arah datangnya bola. 
  3. Kedua kaki juga harus dibuka sejajar dengan bahu Anda, dan pandangan anda harus ke arah datangnya bola tersebut. 
  4. Kedua lengan terbuka ke samping tetapi rileks. 
  5. Anda harus bergerak mendekati bola tersebut dan dapat melakukan sundulan dengan menguatkan leher anda. 
  6. Sundulan bola dilakukan dengan dahi. 

Pada gerak menyundul bola tanpa awalan, juga ada kesalahan yang wajib untuk anda ketahui yaitu seperti yaitu: badan kaku dan tidak seimbang, pandangan tidak pada bola, tidak bergerak mendekati bola dan juga kedua lengan tidak rileks atau stabil, dan juga perkenaan tidak pada dahi anda. 

C). Aktivitas Belajar Gerak Menyundul Bola 

Berikut ini  aktivitas belajar ini untuk belajar keterampilan gerak menyundul bola sebagai berikut ini penjelasannya: 

  1. Aktivitas berpasangan untuk belajar keterampilan gerak menyundul bola
  2. Siswa saling berpasangan dengan jarak sekitar 3-5 meter 
  3. Salah salu siswa memegang bola dan juga melanmbungkan bola tersebut kepada siswwa pasangannya yang dalam posisi siap dan juga menyundul bola. 
  4. Siswa menyundul bola dengan perkenaan dahi. 
  5. Lakukan menyundul bola dengan awalan dan tanpa awalan. 
  6. Lakukan secara bergantian sampai batas waktu yang ditentukan oleh guru atau pelatih anda. 

Permainan sepakbola yaitu sebuah permainan yang sangat banyak sekali memerlukan penguasaan terhadap keterampilan gerak. Kategori terhadap keterampilan gerak dalam sepakbola yaitu seperti gerak menendang bola dalam sepak bola, gerak mengontrol dalam sepak bola,gerak menggiring bola dalam sepak bola, dan keterampilan gerak menyundul bola.

Keterampilan gerak dalam permainan sepakbola juga dapat analisis dan juga dapat untuk anda kembangkan yaitu dengan cara mempelajari step by step atau urutan gerakan yang benar dan juga serta dengan menggabungkan beberapa keterampilan gerak kedalam suatu aktivitas gerak yaitu baik secara berpasangan, kelompok maupun individu.

Hal ini juga dapat untuk anda lakukan agar kalian juga dapat mengembangkan sebuah keterampilan gerak dan dapat berkomunikasi dengan teman lain sehingga terjalinnya sebuah kerjasama, disiplin, toleransi, menerima kekalahan dan juga kemenangan dalam sebuah permainan. Sebelum, selama, dan sesudah melakukan sebuah permainan sepakbola sebaiknya kalian juga berdoa dan bersyukur kepada Tuhan yang maha esa atas segala anugerah yang telah diberikan kepada kalian.