5 Kesalahan Yang Biasa Terjadi Saat Melakukan Lompat Kangkang

Lompat kangkang merupakan suatu bentuk senam ketangkasan. Lompat kangkang biasanya dilakukan dengan menggunakan bantuan box khusus atau lebih dikenal dengan nama vaulting horse sebagai tumpuan tangan pada saat melakukan sebuah lompatan.

Salah satu bentuk aspek dalam lompat kangkang adalah aspek kerjasama dan aspek mengikuti aturan. Salah satu bentuk kerjasama merupakan dengan memberi sebuah bantuan kepada temannya. Bentuk pemberian bantuan tersebut memiliki dua tujuan, yaitu keamanan ataupun untuk keberhasilan sebuah gerakan.


Tidak semua orang dapat melakukan sebuah lompat kangkang dengan benar. Lompat kangkang tidak hanya menampilkan sebuah gerakan saja melainkan juga keindahan dalam menampilan gerakannya. Banyak orang yang justru melakukan lompat kangkang tidak sesuai dengan prosedur. Berikut ini merupakan beberapa kesalahan pada saat melakukan lompat kangkang.



Kesalahan Saat Melakukan Lompat Kangkang

1). Posisi Lengan Salah

Dalam melakukan sebuah lompat kangkang juga dibutuhkan lengan yang kuat untuk dapat menopang badan. Ketika ingin melakukan tumpuan lompatan di atas vaulting horse, lengan yang bengkok juga akan menyebabkan tubuh menjadi kehilangan keseimbangan dan dapat menyebabkan jatuh.

2). Kepala dan Dada Tidak Terangkat

Ketika melakukan tumpuan di atas vaulting horse kepala dan dada juga harus terangkat ke atas sehingga lompatan juga dapat dilanjutkan. Jika tidak, maka lengan juga akan mendapatkan beban yang terlalu berat untuk dapat melakukan tolakan sehingga menyebabkan terjatuh. Kesalahan yang sering terjadi pada saat melakukan lompat kangkang adalah akibat kepala dan dada yang tidak terangkat.

3). Lutut terlalu Bengkok

Ketika melakukan tumpuan di atas vaulting horse, maka posisi lutut haruslah lurus. Namun jika lutut dalam posisi terlalu bengkok saat melakukan tumpuan, maka juga dapat mencegah badan menjadi sulit untuk dapat melanjutkan sebuah lompatan ke depan. Posisi lutut yang terlalu bengkok juga akan menyebabkan tubuh dapat menjadi tidak seimbang sehingga dapat menyebabkan jatuh.

4). Lengan Tidak Kuat

Lengan merupakan sebuah tumpuan pada saat melakukan lompat kangkang. Jika lengan tidak dalam pada posisi siap atau tidak terlalu kuat untuk menopang berat badan. Maka, dapat menyebabkan tidak seimbang dan dapat terjatuh.

5). Posisi Panggul Salah

Dalam melakukan sebuah lompat kangkang, yang menjadi bagian terpenting bukan hanya kaki dan juga pada lengan saja. Ada juga panggul yang akan mempengaruhi sukses tidaknya lompatan yang akan dilakukan. Jika panggul kurang terangkat saat melakukan sebuah lompatan, maka anda juga akan gagal pada saat melakukan vaulting horse.

Demikianlah 5 penjelasan mengenai kesalahan saat melakukan lompat kangkang yang sering terjadi. Untuk dapat menghindari sebuah kecelakaan dalam melakukan lompat kangang juga diperlukan latihan yang intensif dan ketekukan saat berlatih agar anda lebih terbiasa untuk mengatasi berbagai kesalah dalam lompat kangkang.