TERBUKTI!! 8 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Buah pisang merupakan sebuah makanan sehat, lezat dan pastinya sangat menyehatkan jika anda mengonsumsinya. Buah pisang harganya cukup murah dan sangat mudah untuk didapat. Mulai dari supermarket hingga pasar tradisional, kamu juga bisa mendapatkan pisang di mana-mana.

Pisang juga punya segudang manfaat dan juga nutrisi yang baik untuk pencernaan dan juga kesehatan seperti kesehatan jantung dan menurunkan berat badan. Siapa yang tidak familiar dengan buah yang satu ini, buah berbentuk panjang dan berwarna kuning ketika sudah matang ini. 

Buah pisang adalah jenis buah favorit hampir semua orang di dunia dan bahkan di indonesia juga menjadi makanan yang favorit karena sangat enak dan mengandung banyak manfaatnya. Beberapa manfaat buah pisang yang akan kita bahas pada artikel ini sangat banyak kandungan nilai gizi dari buah ini diantaranya vitamin A, B, C dan juga E beserta mineral seperti potasium, seng, besi dan juga magnesium.

Selain karena manfaatnya, buah pisang yang melimpah, buah pisang juga populer karena buah ini bersifat multiguna artinya yaitu banyak berbagai jenis menu makanan yang menggunakan pisang sebagai bahan dasar utama ataupun pendampingnya.


Manfaat Buah Pisang

Khasiat yang terdapat dalam buah pisang tidak terlepas dari kandungan zat-zat nutrisi yang ada di dalamnya. Dalam Rincian gizi buah pisang yang berukuran sedang (sekitar 126 gram) dianggap satu porsi. Di dalamnya mengandung energi 110 kalori, yang terdiri dari 30 gram karbohidrat dan juga 1 gram protein. Berikut ini adalah beberapa manfaat Buah Pisang untuk kesehatan.

1). Sumber Energi pada Tubuh

Pernahkah anda memperhatikan atlet pada sebuah perlombaan atau olimpiade atau olahragawan lain ketika sedang jeda pertandingan mereka juga mengonsumsi banyak buah pisang? ya, seorang atlet asupan makanannya pastilah tidak sembarangan, nutrisi dan juga kalori mereka selalu dikontrol agar penampilan di lapangan selalu prima.


Kandungan karbohidrat yang terkandung di dalam buah pisang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Makanlah minimal 2 buah pisang sehari agar mendapatkan tambahan asupan energi untuk menambah hari dengan lebih semangat.


2). Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Terkontrol


Pisang juga memiliki kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium juga membantu untuk dapat mengatur tekanan darah. Kondisi tekanan darah yang selalu terkontrol dengan baik juga akan membuat kita terhindar dari bahaya penyakit stroke dan timbulnya gejala sakit jantung.


3). Menyehatkan Tulang


Mengonsumsi buah pisang secara rutin berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi dan juga sangat menyehatkan tulang anda.


4). Membantu Memperlancar Pencernaan


Buah pisang terdapat serat yang baik untuk tubuh. Mencampur buah pisang dengan segelas susu akan membantu mengurangi resiko penyakit usus yang berbahaya seperti gejala kanker usus besar. 


5). Dapat Mencegah Penyakit Jantung


Jadikanlah buah pisang sebagai menu sarapan anda setiap hari, makanlah 2 buah pisang sehari, maka dijamin anda tidak akan menyesal. Pisang mengandung nutrisi yang mendukung fungsi jantung. Belum lagi karena buah pisang juga mengandung kandungan vitamin C dan flavonoid yang dapat bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi pada lemak.


Buah pisang juga terdapat kalium yang baik untuk jantung. Ditambah lagi kandungan serat pektin yang berguna  membantu menurunkan kolesterol dan resiko terkena penyakit jantung akan semakin menipis.


6). Menghaluskan Kulit Wajah

Tidak hanya dari dalam, khasiat buah pisang juga dapat kita rasakan dari luar. Bagi yang bermasalah dengan kulit kasar maupun kering, buah pisang adalah solusi yang tepat.


Manfaat buah pisang juga bisa Anda peroleh dengan cara menghaluskan buah pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu dan kulit wajah akan menjadi halus.


7). Membantu Menghilangkan Jerawat


Siapa yang ingin wajahnya yang cerah tanpa adanya jerawat?, siapa pula yang tidak ingin memiliki wajah yang halus dan bebas dari jerawat? Bagi Anda yang bingung bagaimana cara mengobati jerawat, tenang karena solusinya sangat sederhana saja yaitu dengan buah pisang.


Caranya dengan menghaluskan buah pisang yang sudah matang, jadikan sebuah masker pada wajah anda dengan cara oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Lalu, diamkan selama beberapa menit dan juga bersihkan menggunakan air bersih. Gunakan 3 kali dalam seminggu.


8). Meningkatkan Fungsi Saraf 

Kandungan kalium pada buah pisang juga dapat memberikan stimulan pada otak. Pada bayi yang baru memulai memakan makanan padat, pisang juga menjadi pilihan yang baik karena bertekstur lembut dan juga baik untuk perkembangan otak pada bayi.

Khasiat buah pisang tidak hanya kita dapatkan dari buahnya saja bahkan mulai dari kulit dan daunnya juga ada manfaatnya. Semoga artikel ini dapat membantu untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat buah pisang. Kita tidak akan ragu lagi menjadikan buah pisang sebagai makanan pokok kita dalam sehari-hari.