Keterampilan Gerak Memberhentikan/Mengontrol Bola dalam Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola juga sangat mengenal yang namanya teknik mengontrol atau juga teknik memberhentikan bola, untuk dapat mencapai hal tersebut setiap pemain juga harus berlatih secara sungguh - sungguh.

Dalam pertandiangan sepak bola jika setiap tim ingin memenangkan sebuah pertandingan setiap pemain individu juga harus menguasai setidaknya satu teknik ke dalam mengontrol bola dalam sebuah permainan sepak bola.

Untuk dapat menguasai sebuah teknik tersebut, tentu anda juga harus mengenal yang namanya keterampilan gerakan dalam memberhentikan atau mengontrol bola dalam sebuah permainan sepak bola. Berikut ini sedikit penjelasannya.

Gerak Memberhentikan/Mengontrol Bola dalam Sepak Bola

A). Menghentikan /Mengontrol bola dengan Telapak Kaki

Berikut ini adalah keterampilan gerak mengontrol bola dengan telapak kaki yaitu dengan urutan gerakannya sebagai berikut ini penjelasannya.


  1. Sikap juga harus berdiri menghadap ke arah datangnya bola.
  2. Dekati bola tersebut yang sedang ebrgerak.
  3. Julurkan kaki kanan ke arah bola tersebut dan juga hentikan bola tersebut dengan telapak kaki.
  4. Telapak kaki juga harus ditarik ke arah belakang yaitu bersamaan dengan datangnya bola tersebut.

Dalam keterampilan menghentikan / mengontrol bola dengan telapak kaki, juga ada kesalahan yang perlu anda ketahui yaitu seperti badan yang kaku, kaki yang menahan juga tidak rileks, dan juga kaki tidak juga digerakkan/ditarik ke arah belakang.

B). Mengontrol Bola dengan Punggung Kaki


Berikut ini adalah keterampilan gerak mengontrol bola dengan punggung kaki yaitu dengan urutan gerakannya sebagai berikut ini penjelasannya.


  1. Sikap badan juga berdiri menghadap ke arah datangnya bola, dan kemudian bergerak ke arah bola tersebut.
  2. Julurkan kaki kanan anda ke arah bola tersebut , dan juga tahan pergerakan bola yaitu menggunakan punggung kaki dengan sedikit sebuah sentuhan atau tarikan.
  3. Jatuhkan bola tersebut diantara kedua kaki anda.

Dalam menghentikan / mengontrol bola dengan punggung kaki, juga ada kesalahan yang perlu untuk anda ketahui yaitu badan yang kaku, kaki yang menahan juga tidak rileks, dan juga kaki yang menahan bola juga tidak digerakkan/ditarik ke arah belakang.

C). Mengontrol Bola dengan Dada


Berikut ini merupakan keterampilan gerak mengontrol bola dengan dada dengan urutan gerakannya sebagai berikut ini penjelasannya.


  1. Sikap badan berdiri menghadap ke arah datangnya bola tersebut.
  2. Posisikan tubuh sehingga dada satu ke arah dengan datangnya bola tersebut.
  3. Busungkan dada anda sehingga terbuka dengan lebar dan juga kedua tangan juga melebar dalam posisi yang juga seimbang.
  4. Tahan bola  tersebut tepat di dada anda dengan sedikit sentuhan atau juga tarikan ke arah belakang.

Pada keterampilan menghentikan / mengontrol bola dengan dada, juga ada kesalahan - kesalahan yang perlu anda ketahui yaitu seperti badan yang kaku, kaki juga tidak dibuka, dada juga tidak dibusungkan dan juga lengan/tangan juga tidak terbuka, dan juga tidak ada gerakan dalam menjemput bola.


D). Menghentikan/Mengontrol Bola dengan Paha

Berikut ini merupakan keterampilan gerak menghentikan/mengontrol bola dengan menggunakan paha yaitu dengan melalui urutan gerakan sebagai berikut:
  1. Sikap badan berdiri juga menghadap ke arah datangnya bola tersebut, dan juga memposisikan badan satu ke arah arah dengan bola tersebut.
  2. Tempatkan tubuh anda di bawah datangnya bola tersebut yaitu dalam posisi yang seimbang.
  3. Angkat salah satu kaki anda dan juga tekuk lutut sehingga paha juga berada bidang datar dan tepat di bawah lambungan bola tersebut.
  4. Hentikan bola tersebut melalui sedikit sentuhan dengan paha.
  5. Jatuhkan bola tersebut di antara kedua kaki anda.

Pada keterampilan menghentikan atau mengontrol bola, juga ada kesalahan-kesalahan yang yang wajib anda ketahui adalah badan yang kaku, kaki juga tidak diangkat, paha juga tidak dalam bidang yang datar, dan juga tidak ada sebuah gerakan menjemput bola.

E). Menghentikan / Mengontrol Bola dengan Perut

Berikut ini adalah keterampilan gerak menghentikan/ mengontrol bola dengan menggunakan perut yang dapat dilakukan apabila posisi bola yang melayang pada udara atau bola pantulan dari tanah yaitu dengan melalui urutan gerakan sebagai berikut:


  1. Sikap badan berdiri dan menghadap ke arah datangnya bola tersebut.
  2. Posisikan tubuh anda segaris dengan arah datangnya bolatersebut, dan juga bergerak ke arah depan untuk dapat menjemput bola.
  3. Tahan bola tersebut menggunakan perut dengan sebuah sentuhan atau menarik perut ke arah belakang sambil menjaga keseimbangan anda.
  4. Jatuhkanlah bola tersebut di antara kedua kaki anda.

Pada gerak menghentikan atau mengontrol bola tersebut dengan menggunakan perut, juga ada sebuah  kesalahan yang perlu untuk anda ketahui adalah seperti badan yang kaku, perut juga tidak rileks, kedua tangan yang tidak dibuka, dan tidak ada sebuah gerak lanjutan.

F). Aktivitas Belajar Memberhentikan/Mengontrol Bola

Pada aktivitas belajar gerak menghentikan/mengontrol bola, juga ada sebuah kesalahn yang perlu anda ketahui yaitu juga dapat dilakukan melalui aktivitas sebagai berikut ini.


  1. Sikap berdiri yaitu berhadapan secara berpasangan dengan jarak kira kira sekitar 3 sampai 5 meter.
  2. Piswa B menendang atau juga melambungkan bolatersebut ke arah siswa C, dan siswa C juga menghentikan/mengontrol bola tersebut menggunakan telapak kaki, punggung kaki, dada, atau menggunakan perut.
  3. Aktivitas pembelajaran ini juga dilakukan secara bergantian, setelah anda merasa sudah lancar dalam menggunakan kaki kanan maka lanjutkan yaitu dengan menggunakan kaki kiri untuk dapat memperagakan keterampilan gerak menghentikan/mengontrol bola tersebut .

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai keterampilan gerak menghentikan/mengontrol bola dalam permainan sepak bola, lakukan latihan secara rutin sampai anda benar - benar dapat menguasai ke 6 gerak mengontrol bola tersebut.