Gerak Menggiring Bola Dalam Sepak Bola Yang Wajib Anda Tahu

Menggiring bola atau lebih dikenal dengan dribbling yaitu menendang terputus-putus atau pelan-pelan, oleh karena itu, bagian kaki yang juga digunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian-bagian kaki yang juga digunakan untuk dapat menendang bola tersebut.

Menggiring bola yaitu salah satu sebuah keterampilan gerak dalam permainan sepakbola yang juga memiliki fungsi untuk dapat menguasai bola. Menggiring bola atau dribbling juga dapat dilakukan yaitu dengan cara membawa bola dgn menggunakan kaki, baik di daerah sendiri ataupun pada daerah lawan tersebut. 

Pada menggiring bola anda juga dapat melakukannya yaitu dengan menggunakan punggung kaki bagian dalam dan juga kaki bagian luar. Berikut ini adalah 3 Keterampilan gerak menggiring bola dalam permainan sepak bola yang wajib anda ketahui.

Gerak Menggiring Bola Dalam Sepak Bola

A). Menggiring Bola dengan Punggung Kaki Bagian Dalam

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai keterampilan gerak menggiring bola dengan punggung kaki bagian dalam yaitu dengan melalui urutan gerakannya sebagai berikut ini.


  1. Sikap berdiri dengan posisi melangkah atau kaki kanan ke arah depan, pada berat tubuh juga bertumpu pada kaki belakang atau kaki kiri yaitu dengan lutut juga agak ditekuk.
  2. Letakkan bola di arah depan dan juga kedua lengan untuk menjaga keseimbangan.
  3. Dorong bola di arah depan secara perlahan dengan menggunakan punggung kaki bagian dalam.
  4. Usahakan kedua kaki juga selalu dekat dengan bola dan juga sesuaikan irama langkah dengan arah bola.

Pada menggiring bola dengan punggung kaki bagian dalam, juga ada kesalahan - kesalahan yang perlu untuk anda ketahui yaitu seperti badan kaku dan tidak condong ke depan, kedua lengan juga tidak rileks, salah satu atau kedua kaki juga terlalu jauh dengan bola tersebut, lutut juga tidak ditekuk, dan juga bola terlalu jarang bersentuhan.

B). Menggiring Bola Menggunakan Punggung Kaki Bagian Luar

Berikut ini merupakan keterampilan gerak menggiring bola dengan punggung kaki bagian luar dengan melalui urutan gerakan sebagai berikut ini penjelasannya.


  1. Berdiri dengan posisi melangkah (atau kaki kanan di arah depan), berat tubuh juga bertumpu pada kaki belakang (atau kaki kiri) dengan lutut juga agak ditekuk.
  2. Letakkan bola ke arah depan dan juga kedua lengan untuk dapat menjaga keseimbangan.
  3. Dorong bola di arah depan secara perlahan dengan menggunakan punggung kaki bagian luar.
  4. Usahakan kedua kaki untuk selalu dekat dengan bola dan juga sesuaikan irama langkah dengan bola.

Pada menggiring bola dengan punggung kaki bagian luar, juga ada sebuah kesalahan - kesalahan yang perlu untuk anda ketahui yaitu badan kaku dan tidak condong ke depan, kedua lengan tidak rileks, salah satu atau kedua kaki terlalu jauh dengan bola, lutut juga tidak ditekuk dan juga bola terlalu jarang bersentuhan.

C). Aktivitas belajar Menggiring Bola

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai aktivitas belajar keterampilan gerak menggiring bola yang digabungkan dengan menendang bola ke gawang melalui urutan gerakan sebagai berikut penjelasannya.

1). Aktivitas Belajar I


  • Siswa berbaris berbanjar ke arah belakang.
  • Pada siswa juga menggiring bola ke arah depan dan juga dengan melewati sebuah rintangan yang telah diletakkan yaitu kira kira sejajar dengan gawang dan sebanyak 5 rintangan atau setiap jarak rintangan yaitu sekitar 2 meter.
  • Ketika memasuki garis ke 16 meter, siswa juga dapat menendang bola ke arah gawang tersebut, ini adalah rintangan terakhir.
  • Setelah menendang bola ke arah gawang, siswa juga mengambil kembali bola tersebut, dan kemudian berbaris ke belakang barisan semula.

2). Aktivitas Belajar II


  • Siswa berbaris berbanjar ke belakang dan memegang bola.
  • Pada siswa juga menggiring bola ke arah depan dan juga dapat dengan melewati sebuah rintangan yang juga diletakkan yaitu kira kira sejajar dengan gawang tersebut, sebanyak 5 rintangan dan jarak setiap rintangan adalah sekitar 2 meter.
  • Yaitu pada rintangan terakhir, bola juga dioperkan kepada teman yang juga berdiri pada daerah garis 16 meter, dan kemudian teman tersebut juga harus mengoperkan kembali bola itu ke arah depan dan siswa yang menggiring bola tersebut juga langsung menendang bola ke arah gawang. 
  • Setelah menendang bola ke arah gawang tersebut, siswa tersebut juga menggantikan siswa yang juga mengoperkan bola yang berada pada daerah garis 16 meter tersebut.
  • Siswa yang mengoperkan bola tersebut yaitu yang berada pada daerah garis 16 meter juga mengambil bola dari gawang dan juga dapat masuk ke arah barisan paling belakang untuk dapat melakukan.

Demikianlah penjelasan mengenai keterampilan gerak menggiring bola, berlatihlah secara sungguh-sungguh untuk dapat menguasai ke 3 keterampilan gerak menggiring bola tersebut, semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk anda semua, sekian dan terima kasih.