Keterampilan Gerak Menyundul Bola Dalam Sepak Bola Yang Benar

Permainan sepakbola pada umumnya yaitu sebuah permainan yg sangat banyak sekali memerlukan sebuah penguasaan terhadap keterampilan gerak sendiri. Kategori terhadap keterampilan gerak dalam sepakbola yaitu seperti gerak menendang bola dalam sepak bola, gerak mengontrol dalam sepak bola,gerak menggiring bola dalam sepak bola, dan keterampilan gerak menyundul bola.

Keterampilan gerak dalam permainan sepakbola juga dapat analisis dan juga dapat untuk anda kembangkan yaitu dengan cara mempelajari step by step atau urutan gerakan yang benar dan juga serta dengan menggabungkan ke beberapa keterampilan gerak kedalam suatu aktivitas gerak juga yaitu baik secara berpasangan ataupun secara kelompok maupun individu.

Hal ini juga dapat untuk anda lakukan agar kalian juga dapat mengembangkan sebuah keterampilan gerak dan dapat berkomunikasi dengan teman lain sehingga terjalinnya sebuah kerjasama, disiplin, toleransi, menerima kekalahan dan juga kemenangan dalam sebuah permainan.

Sebelum, selama, dan sesudah melakukan sebuah permainan sepakbola sebaiknya kalian juga berdoa dan bersyukur kepada Tuhan yang maha esa atas segala anugerah yang telah diberikan kepada kalian.

Gerak Menyundul Bola Dalam Sepak Bola

Keterampilan gerak atau teknik menyundul bola atau pada umumnya orang mengenal  dengan nama heading yaitu suatu upaya dalam mengambil bola yang melayang pada udara dengan mengambilnya menggunakan kepala atau dahi. Perkenaan bola pada kepala, pada saat melakukan sundulan adalah menggunakan dahi, karena dahi adalah bagian kepala yang paling terkuat.

Menyundul bola jg dapat untuk anda lakukan yaitu dengan sebuah awalan dan juga tanpa awalan berikut ini penjelasannya .

A). Menyundul Bola dengan Awalan 

Berikut ini merupakan penjelasan terhadap keterampilan gerak menyundul bola dengan awalan dengan melalui urutan gerakannya seperti dibawah ini.


  1. Berdiri dalam posisi seimbang menghadap kearah datangnya bola. 
  2. Pandangan mengarah pada datangnya bola di udara. 
  3. Anda juga harus bergerak mendekati bola tersebut, setelah berjarak kira-kira sudah sektar satu meter antara kepala dan juga bola, lalu melompatlah untuk dapat melakukan sundulan dengan cara menguatkan leher anda. 
  4. Sundulan bola juga harus dilakukan dengan menggunakan dahi anda, karena dahi merupakan yang paling terkuat. 
  5. Mendarat dengan tumpuan kaki sedikit ditekuk. 
  6. Perhatikan gambar diatas.

Pada teknik menyundul bola dengan awalan, juga ada kesalahan - kesalahan yang perlu untuk anda ketahui yaitu seperti badan yang kaku dan tidak seimbang, pandangan tidak pada arah bola, tidak bergerak untuk mendekati bola, dan perkenaan tidak pada kening/dahi. 

B). Menyundul Bola Tanpa Awalan 

Pada keterampilan atau teknik gerak menyundul bola tanpa awalan juga dapat untuk anda lakukan yaitu melalui urutan gerakannya seperti dibawah ini: 


  1. Berdiri ke dalam posisi yang seimbang dan juga menghadap ke arah datangnya bola tersebut. 
  2. Kedua kaki juga harus dibukakira kira sejajar dengan bahu dan juga pandangan ke arah datangnya bola. 
  3. Kedua lengan terbuka ke samping tetapi rileks. 
  4. Anda juga harus bergerak mendekati arah bola dan juga lakukan dengan sundulan dan juga menguatkan leher. 
  5. Sundulan bola dilakukan dengan dahi. 
  6. Perhatikan gambar diatas.

Pada teknik atau gerak menyundul bola tanpa awalan, juga ada kesalahan yang perlu untuk anda ketahui yaitu seperti, badan yang kaku dan juga tidak seimbang, pandangan juga tidak pada arah bola, tidak bergerak untuk mendekati bola, kedua lengan yang tidak rileks, dan juga perkenaan tidak pada dahi. 

C). Aktivitas Belajar Gerak Menyundul Bola 

Berikut ini merupakan sebuah aktivitas pembelajaran gerak menyundul bola untuk anda lakukan dengan melalui urutan gerakan seperti dibawah ini:


  1. Siswa saling berpasangan dengan jarak 3-5 meter 
  2. Salah salu siswa juga harus memegang bola dan juga melambungkan bola tersebut kepada siswa pasangannya yang ada kedalam posisi yang sudah siap dan juga dapat menyundul bola. 
  3. Siswa menyundul bola dengan perkenaan dahi. 
  4. Lakukan menyundul bola dengan awalan dan tanpa awalan. 
  5. Lakukan pembelajara diatas secara bergantian sampai batas waktu yang ditentukan oleh pelatih atau guru olahraga anda. 
  6. Perhatikan gambar di atas.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai keterampilan gerak menyundul bola dalam permainan sepak bola, gerak menyundul bola dibagi menjadi 3 yaitu seperti penjelasan diatas, lakukanlah latihan secara rutin untuk dapat menguasai gerak menyundul bola dalam sepak bola.