4 Manfaat Makanan dan Minuman Sehat Bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Tubuh Manusia

Sebelumnya apakah Anda sudah mengetahui tentang makanan dan minuman yang memiliki manfaat lebih untuk kesehatan dan pertumbuhan.

Makanan dan minuman yang berguna untuk kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Melalui makanan sehat tersebut, kesehatan tubuh akan terjaga dan pastinya akan bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh. 

Cobalah Anda untuk membaca artikel berikut ini agar dapat mengetahui lebih lanjut mengenai salah satu manfaat makanan bagi kesehatan.

Manfaat Makanan dan Minuman Sehat Hasil Fermentasi
Makanan Hasil Fermentasi (Tempe)
Makanan Hasil Fermentasi
Makanan dan minuman yang difermentasi memiliki reputasi sebagai bahan pangan yang sehat. Tetapi, apa yang menyebabkan bahan pangan ini layak untuk kita konsumsi secara rutin. 

Bahan pangan yang difermentasi yang sudah kita kenal dan menjadi bagian dari asupan kita sehari-hari antara lain adalah tempe dan yogurt. 

Jenis pangan yang difermentasi lainnya yaitu kimchi, kefir, keju cottage,dan kombucha. Pangan yang difermentasi adalah makanan yang "hidup", Karena mereka mengandung bakteri didalamnya yang disebut dengan probiotik. 

Walaupun tak bisa dilihat dengan kasat mata, tetapi bakteri di dalam dan di tubuh ketika beratnya ditotal ternyata setara dengan bobot otak manusia.

Hampir semua hal yang sudah kita lakukan, mulai dari seberapa sering mereka dalam mencuci tangan, apa yang kita asup, hingga sedang mengonsumsi antibiotik atau tidak, sangat berpengaruh besar pada mikroba dalam tubuh kita.

Keberadaan bakteri ini sangat membantu untuk menguatkan sistem imun, berpengaruh besar dalam berat badan, pencernaan, dan masih banyak lagi. Bahkan menurut studi terbaru, bakteri tersebut juga dapat ikut mempengaruhi mood dan kecemasan. 

Jika populasi bakteri baik dalam tubuh hanya sedikit, pengaruhnya bagi kesehatan cukup banyak. Misalnya saja gangguan pencernaan, dan iritasi. 

Para ahli menyarankan agar kita mengonsumsi setidaknya satu sajian probiotik setiap harinya. Lebih baik mengonsumsi beragam jenis probiotik kerena masing-masing bahan pangan itu memiliki jenis bakteri yang berbeda-beda. 

Diperkirakan ada sekitar 7000 strain bakteri. Dari artikel tersebut dapat Anda ketahui bahwa salah satu manfaat makanan dan minuman yang begitu besar terhadap tubuh seseorang. 

Manfaat Makanan dan Minuman Sehat Bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Tubuh Manusia
Makanan dan Minuman Sehat
Makanan dan Minuman Sehat 
1) Manfaat Makanan dan Minuman Sehat Bagi Kesehatan

Tujuan utama mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat bagi tubuh ialah untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan seluruh organ tubuh dapat bekerja dengan maksimal. Dengan adanya asupan makanan yang sehat dan bernutrisi, maka tubuh dapat mencerna makanan tersebut dengan kebutuhan dan kemampuan organ-organ dalam tubuh. 

Makanan yang dapat masuk dalam tubuh harus sesuai dengan takaran kesehatan. Gizi yang cukup dapat mengatasi berbagai permasalahan penyakit dan dapat mencegah terjadinya masalah bagi kesehatan.

2) Manfaat Makanan dan Minuman Sehat Bagi Pertumbuhan

Pertumbuhan dan perkembangan seseorang apat dipengaruhi oleh makanan yang mereka konsumsi. Penyajian makanan sehat juga perlu untuk diperhatikan dengan baik agar tidak mengalami gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangan. 

Makanan merupakan sumber energi dan zat pembangun bagi tubuh kita. Makanan yang sehat juga dapat memberikan dampak yang sangat besar terhadap ketahanan, kondisi tubuh, dan pertumbuhan. 

Makanan yang telah masuk ke dalam tubuh, akan dicerna dan diserap sari-sari makanan untuk kemudian dibakar dan diedarkan ke semua bagian dalam tubuh agar sesuai dengan fungsinya. Makanan yang masuk dalam tubuh tersebut tentunya mempengaruhi perkembangan sel, jaringan, dan organ-organ dalam tubuh lainnya.

3). Jenis-Jenis Makanan dan Minuman yang Bermanfaat bagi Kesehatan dan Pertumbuhan 

a). Buah dan Sayur

Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber utama vitaman yang dibutuhkan oleh tubuh yang berfungsi sebagai biokatalis di dalam tubuh. Buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi misalnya mangga, pepaya, semangka, kiwi, dan strawberry. Sementara untuk sayur di antaranya adalah wortel, kembang kol, seledri, terong, brokoli, dan daun bawang.

b). Air Putih

Air yang baik bagi tubuh ialah air yang terdapat oksigen terlarut di dalamnya. oksigen yang terlarut dalam air putih dapat membuat otak dan tubuh lebih sehat, segar, dan terhindar dari sakit kepala. Otak yang kekurangan oksigen dapat membuat pusing. Apabila setelah bepergian kamu merasa pusing atau sakit kepala, sebaiknya kamu minum air putih yang mengandung oksigen terlarut.

c). Susu

Di dalam susu terdapat vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin tersebut berfungsi untuk menjaga tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Minum susu setiap hari sangat baik bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh.

4). Makanan dan Minuman Yang Sehat Dan Bergizi

Makanan dan minuman yang sehat juga mengandung zat dan serat yang diperlukan untuk proses tumbuh kembang. Makanan yang kita konsumsi setiap hari hendaknya mengandung zat gizi seperti karbohidrat, mineral, protein, sedikit lemak, dan vitamin, atau sering juga disebut dengan empat sehat lima sempurna. 


Ciri-ciri makanan sehat dan bergizi :

  1. Lemak hewani yang ada di dalam makanan tidak terlalu banyak.
  2. Rendah garam dan MSG, penggunaan penyedap rasa yang banyak beredar di pasaran membuat makanan terasa lebih gurih dan nikmat, tapi bukan berarti lebih sehat.
  3. Tidak atau sedikit menggunakan bahan pengawet. Setiap bahan makanan yang dikemas umumnya mengandung bahan pengawet, seperti bumbu kaldu, makanan kaleng, dan sebagainya.
  4. Banyak mengandung sayuran atau serat.
  5. Tidak terlalu banyak mengandung santan dan pedas.
  6. Tidak terlalu banyak mengandung minyak goreng.
  7. Dimasak matang, tidak terlalu matang, mentah, dan tidak setengah matang.
  8. Mengandung zat karbohidrat, serat, mineral, vitamin, protein, dan lemak.

Demikian postingan yang dapat saya sampaikan tentang jenis dan manfaat makanan dan minuman sehat bagi tubuh manusia, bila anda tidak mengerti atau tidak paham, anda bisa menulis komentar dibawah ini.