Bentuk - Bentuk Latihan Kekuatan Otot Lengan, Bahu dan Perut

Kekuatan merupakan tenaga kontraksi otot yang dicapai dalam sekali usaha maksimal. Usaha maksimal ini juga dilakukan oleh otot untuk dapat mengatasi suatu tahanan. 

Kekuatan merupakan sebuah unsur yang juga sangat penting dalam aktivitas olahraga karena kekuatan merupakan sebuah daya penggerak dan juga pencegah cedera.

Selain itu, kekuatan memainkan peranan juga sangat penting dalam komponen-komponen dan juga kemampuan fisik yang lain, misalnya power, kelincahan, dan kecepatan.

Dengan demikian, kekuatan merupakan faktor utama untuk dapat menciptakan sebuah prestasi optimal. Bentuk-bentuk latihan kekuatan antara lain sebagai berikut ini.

A). Latihan push  up untuk dapat melatih kekuatan otot lengan dan bahu. Cara melakukannya yaitu sebagai berikut.

  1. Sikap awal tidur telungkup, kedua kaki dirapatkan lurus ke belakang dengan ujung kaki ditempelkan pada lantai (untuk putra) atau kedua lutut harus ditempelkan pada lantai (untuk putri).
  2. Kedua telapak tangan menumpu pada lantai di samping dada, jari-jari tangan harus menunjuk ke depan dengan kedua siku dutekuk.
  3. Kemudian angkatlah kedua tangan ke atas hingga kedua siku lurus, badan dan juga kaki merupakan satu garis lurus.
  4. Lalu badan harus diluruskan kembali dengan jalan membengkokkan kedua siku, badan dan juga kedua kaki tetap lurus dan tidak menyentuh lantai.

Push Up Untuk Melatih Kekuatan Otot Lengan dari Bahu


B). Latihan sit up untuk dapat melatih kekuatan pada otot perut. Praktikkan latihan sit up sebagai berikut ini.
  1. Sikap awal tidur telentang, kedua lutut ditekuk serta kedua siku ditekuk dan diletakkan di belakang kepala.
  2. Badan juga harus diangkat pada posisi duduk,  dan kedua lengan juga harus tetap berada di belakang kepala.
  3. Gerakan tersebut harus dilakukan berulang-ulang selama setidaknya 30 detik, selanjutnya semakin lama semakin ditambah ulangannya.

Sit Up untuk Melatih Otot Perut

Demikianlah penjelasan singkat yang dapat saya sampaikan mengenai bentuk-bentuk latihan kekuatan otot perut, bahu dan perut. Semoga postingan ini dapat bermanfaat dan dapat membantu anda dalam membentuk otot lengan, bahu dan perut.