Cara Memegang Raket (Grip) Dalam Bulutangkis

Salah satu teknik dasar dalam permainan bulu tangkis yang sangat penting dikuasai secara benar adalah cara memegang raket atau disebut dengan Grip.

Memegang raket secara benar adalah sesuatu hal dasar untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan semua jenis pukulan anda melakukan smash dalam permainan bulu tangkis. 

Cara memegang raket yang benar adalah dengan yaitu menggunakan jari-jari tangan secara luwes, rileks, namun harus terus bertenaga pada saat anda memukul shuttlecock tersebut.

Ada beberapa macam pegangan raket dalam permainan bulutangkis yang perlu atau wajib untuk anda ketahui jika anda ingin menjadi pemain yang profesional dalam bulutangkis yaitu sebagai berikut.

Cara Memegang Raket (Grip

A). Pegangan Cara Inggris Atau Sering Disebut English Grip

Caranya yaitu raket dipegang pada permukaan raket atau tangkainya, raket juga harus menghadap ke arah kiri dan juga ke arah kanan, sehingga bagian tepi raket tersebut juga lurus dengan ujung huruf V yang juga dibentuk oleh pangkal ibu jari dan juga pangkal telunjuk anda.

Cara memegang raket dengan cara inggris, juga ada kesalahan - kesalahannya yang perlu untuk anda ketahui yaitu pegangan kurang kuat, posisi tangan tersebut tidak seperti menjabat tangan, pegangan juga tidak dilakukan menggunakan pangkal ibu jari dan juga pangkal telunjuk, pergelangan tangan juga terlalu kaku.

B). Pegangan Backhand atau Backhand Grip

Raket dipegang menggunakan permukaan raket atau tangkainya dan juga harus menghadap ke arah kiri dan ke arah kanan, akan tetapi raket harus diputar dengan putaran ke arah kanan, sehingga ibu jari pemegang raket tersebut melekat atau dapat menumpu pada bagian yang lebar daripada handle.

Kelebihannya adalah sulit diterkanya hasil pukulan. Shuttlecock tersebut bisa melayang dengan keras, Akan tetapi juga masih tetap untuk dapat terkontrol.

Sedangkan kekurangannya adalah dalam pengembalian shuttlecock, smash yang datangnya dari tangan badan, lebih-lebih bola smash yang menuju arah bahu dan pinggang sebelah kanan, akan sulit dikembalikan.

Pada cara memegang raket dengan cara backhand, juga ada beberapa kesalahan - kesalahan yang perlu diketahui yaitu seperti pegangan yang kurang kuat, posisi tangan juga telungkup, ibu jari yang tidak melekat pada handle, dan juga pergelangan tangan yang terlalu kaku.

C). Pegangan "Gebuk/Geblek Kasur" atau disebut Panci-Goreng - Frying Pan Grip

Raket dipegang denagn permukaan tangkainya, kemudian raket menghadap ke arah kiri dan juga ke arah kanan, Akan tetapi raket tersebut diputar dengan arah putaran ke kiri, sehingga muka raket tersebut menghadap ke arah bawah atau atas.


Pada cara memegang raket dengan cara gebuk kasur, juga ada kesalahan yang wajib untuk anda ketahui yaitu seperti pegangan yang kurang kuat, posisi tangan yang tidak telungkup, pada ibu jari tidak pada handle, muka raket juga tidak menghadap ke arah bawah atau arah atas, dan juga pergelangan tangan yang terlalu kaku.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara memegang raket dalam bulutangkis, lakukanlah latihan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk anda dan dapat menambah pengetahuan anda dalam permainan bulu tangkis.