Teknik Dasar Servis Pada Permainan Bulu Tangkis

Teknik Dasar Servis Bulu Tangkis

Servis adalah sebuah pukulan pertama yang mengawali permainan. Servis dilakukan dengan cara memukul shuttlechock dan juga menerbangkannya ke arah lapangan lawan. Servis dalam bulu tangkis sangat penting karena sebagai awal untuk memperoleh nilai. 

Seorang atlet bulu tangkis memang sudah sangat mudah dalam menguasai teknik dasar servis bulu tangkis maka beliau juga akan mudah dalam mendapatkan poin dalam setiap melakukan servis yang tepat.

Dengan itu mereka juga tidak mudah dalam menguasai teknik servis dalam bulu tangkis tersebut. Mereka juga lama dalam menguasai teknik dasar servis itu. Dalam permainan bulu tangkis memang ada banyak sekali teknik servis yang wajib anda kuasai. Berikut ini beberapa jenis teknik dasar servis dalam permainan bulu tangkis.


Teknik Dasar Servis Dalam Bulu Tangkis

1). Servis Panjang

Servis panjang biasanya digunakan untuk permainan tunggal. Sasaran shuttlecock ke dekat garis belakang dan menukik tajam lurus ke bawah. 

Pukulan ini paling banyak menggunakan tenaga dibandingkan dengan pukulan servis yang lain. Pukulan servis ini dilakukan dengan cara pukulan forehand.

2). Servis Tinggi

Teknik servis tinggi memang agak sama dengan teknik servis rendah, teknik dasar bulu tangkis yang ini juga sangat mengandalkan yang namanya pergelangan tagan harus memiliki jarak lintas kok. Cara memegang raket untuk teknik servis tinggi. Anda harus mengerahkan tenaga anda untuk dapat memukul kok dengan servis tinggi. Tujuannya adalah agar kok Anda dapat melambung lebih tinggi dan jatuh di bagian belakang lapangan lawan.


3). Servis Mendatar

Teknik servis mendatar merupakan sebuah teknik servis yang dapat dilakukan dengan cara yaitu memukul kok dengan tangan dan raket yang mendatar. Tenaga yang juga harus dikeluarkan untuk dapat memukul kok juga kecil. Arahkan pukulan Anda dengan sudut dari titik perpotongan garis belakang lawan.

4). Servis Pendek

Servis pendek diarahkan pada sasaran ke bagian depan lapangan lawan. Servis pendek biasanya dilakukan pada permainan ganda.

Namun kadang-kadang permainan tunggal juga melakukannya. Servis ini bisa dilakukan dengan backhand dan forehand.

5). Aktivitas Belajar Keterampilan Servis

Belajar keterampilan gerak servis dengan cara sebagai berikut.

1). Para pemain melakukan servis secara bergiliran. Misalnya kelompok A mendapat giliran pertama untuk servis, yang diarahkan secara silang pada bidang servis lawan ke kelompok B yaitu sebagai berikut.

2). Lakukan servis panjang forehand secara tepat dengan memperhitungkan jatuhnya shuttlecock di bidang garis lawan.

3). Setelah melakukan servis panjang, pemain bergeser ke sisi lapangan di depannya. Giliran pemain lainnya melakukan servis. Demikian seterusnya.

Untuk dapat menguasai semua teknik servis di atas anda juga harus berlatih dengan semangat dan konsisten karena dengan berlatih yang serius dan konsisten anda akan lebih mudah dan cepat dalam menguasai teknik dasar servis dalam permainan bulu tangkis di atas.