Gerakan Dasar Dalam Senam Lantai Yang Baik dan Benar

Senam lantai atau disebut floor exercise adalah salah satu bagian dari rumpun senam, dimana gerakan-gerakan senamnya dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras atau permadani.

Senam lantai menggunakan area yang berukuran 12 x 12 meter dan dapat ditambahkan matras sekeliling area selebar 1 meter untuk menjaga keamanan pesenam yang melakukan latihan atau rangkaian gerakan senam lantai.

Unsur-unsur gerakannya, meliputi gerakan mengguling, melompat berputar di udara, menumpu dengan dua tangan atau kaki, untuk mempertahankan sikap seimbang pada waktu melompat ke depan atau ke belakang. Berikut ini macam-macam gerakan dasar senam lantai.

1). Model 1

Gerakan Dasar Senam Lantai

Lakukan sikap melayang yakni dengan meluruskan salah satu kaki ke belakang lurus badan dibungkukkan ke depan dan kedua lengan lurus ke samping badan, dilakukan secara bergantian menggunakan kaki kanan dan kiri (setiap gerakan di tahan 8 - 10 hitungan). Lanjutkan gerakan ini dengan gerak berguling ke depan diawali posisi berdiri dan meletakkan kedua telapak tangan pada matras, dan akhiri dengan gerakan berdiri dan kedua lengan lurus ke atas di samping telinga.

2). Model 2

Gerakan Dasar Senam Lantai

Lakukan sikap kop stand yakni dengan meletakkan dahi dan kedua telapak tangan pada matras hingga dahi dan kedua telapak tangan membentuk segi tiga sama sisi, luruskan dan rapatkan ke ataas (gerakan di tahan 8 - 10 hitungan). Lanjutkan gerakan ini dengan gerak berguling ke depan pada matras, dan akhiri dengan gerakan berdiri dan kedua lengan lurus ke atas di samping telinga.

3). Model III

Gerakan Dasar Senam Lantai

Lakukan sikap sikap lilin yakni dengan diawali tidur telentang kedua tangan di samping telinga, angkat kedua kaki luruskan dan rapatkan ke atas (gerakan di tahan 8-10 hitungan). LAnjutkan gerakan ini dengan gerak berguling ke belakang pada matras, dan akhiri dengan gerakan berdiri dan kedua lengan lurus ke atas di samping telinga.

4). Model IV

Gerakan Dasar Senam Lantai

Lakukan guling ke depan diawali posisi berdiri dan meletakkan kedua telapak tangan pada matras, dan akhiri gerakan berdiri dengan kedua lengan lurus ke atas di samping telinga. Lanjutkan dengan sikap melayang, yakni dengan meluruskan salah satu kaki ke belakang lurus, badan dibungkukkan ke depan, dan kedua lengan lurus ke samping badan (sikap melayang ditahan 8-10 hitungan). Lanjutkan kembali gerakan ini dengan gerak berguling ke belakang pada matras dan akhiri dengan gerakan berdiri dan kedua lengan lurus ke atas di samping telinga.

5). Model V

Gerakan Dasar Senam Lantai

Lakukan sikap kop stand, yakni dengan meletakkan dahi dan kedua telapak tangan pada matras dahi dan kedua telapak tangan membentuk segi tiga sama sisi, luruskan dan rapatkan kedua kaki ke atas (gerakan di tahan 8-10 hitungan). Lanjutkan gerakan ini dengan gerak berguling ke depan pada matras dan akhiri dengan gerakan berdiri, dan kedua lengan lurus ke atas di samping telinga. Lakukan kembali gerak guling ke belakang dari posisi berdiri dan akhiri dengan berdiri dan kedua lengan lurus ke atas di samping telinga.

Demikianlah 5 gerakan dasar senam irama agar anda dapat menguasai kelima gerakan tersebut anda harus bersemangat dan tekun dalam berlatih jika anda tidak bisa melakukannya sendiri anda dapat meminta bantuan teman ataupun guru olahraga anda untuk meminta tolong mengajari gerakan senam lantai tersebut.