3 Cara Memegang Bet Dalam Permainan Tenis Meja

Siapa yang tidak tahu mengenai permainan tenis meja? Olahraga tenis meja memang juga mudah untuk dapat di pelajari. Keterampilan para pemain dalam permainan tenis meja juga patut untuk kita contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Para pemain profesional juga tidak kenal lelah dalam berlatih untuk dapat meningkatkan kemampuan dan kelincahan dalam pertandingan tenis meja. Olahraga tenis meja adalah salah satu olahraga yang menggunakan bola kecil dan bet untuk melakukan pukulan. 


Olahraga ini dilakukan di dalam ruangan. Jenis olahraga ini dilakukan tunggal ataupun berpasangan. Dalam permainan olahraga tenis meja anda harus menguasai teknik yang paling penting dan wajib untuk anda kuasai yaitu cara memegang bet dalam tenis meja.

Bet dalam tenis meja merupakan alat yang digunakan untuk dapat memukul bola dalam tenis meja. Ada beberapa macam cara memegang bet yang benar dalam tenis meja yaitu Shakehand grip, penhold grip dan juga Seemiller grip berikut ini penjelasannya.

1). Shakehand Grip

cara memegang bet dalam tenis meja dengan teknik pukulan shakehand grip

Teknik ini dilakukan dengan cara seperti seseorang yang sedang melakukan jabat tangan. Cara ini sangat umum digunakan oleh para pemain tenis meja. Teknik ini juga mudah dipakai atau digunakan dalam permainan tenis meja. Berikut ini cara memegang bet dalam tenis meja dengan teknik pukulan shakehand grip. 



  • Genggam bidang bet dengan lekuk antara ibu jari dan juga jari telunjuk.
  • Jari telunjuk juga harus berada dibawah permukaan bet
  • Untuk dapat memperkuat pukulan forehand putar bagian bet ke arah pemain.
  • Untuk memperkuat pukulan backhand, putar bagian atas bet menjauh dari anda.

 Baca Juga : Cara Melakukan Pukulan Forehand dan Backhand Tenis Meja

2). Penhold Grip

cara memegang bet dalam tenis meja menggunakan teknik pukulan penhold grip

Teknik ini dilakukan dengan cara memegang bet seperti memegang pena. Cara memegang hanya pada satu permukaan bet saja. Biasanya, cara ini digunakan untuk pemain dengan tipe bertahan. Teknik penhold grip juga cocok digunakan untuk pukulan forehand. Berikut ini cara memegang bet dalam tenis meja menggunakan teknik pukulan penhold grip.

  • Pegang bet dalam tenis meja ke arah bawah dengan pegangan ke atas, pegang bet dengan ibu jari dan jari telunjuk secara menyatu dengan bidang bet. 
  • Tekuk 3 jari pada sisi bidang bet dan juga meluruskannya ke arah bagian bawah bet dengan jari yang dirapatkan.

3). Seemiller Grip


cara memegang bet dalam tenis meja dengan teknik seemiller grip

Cara memegang bet menggunakan teknik seemiller grip, seemilar grip berasal dari dua kata, yaitu seemiller yaitu nama dari pencipta teknik seemiller grip dan grip yaitu pegangan. Teknik seemiller grip juga dikenal dengan nama Amerika grip karena pengembangannya dari shakehand grip.

Teknik ini dilakukan dengan cara hampir sama dengan shakehand, hanya saja bet bagian atas diputar 20 - 90 derajat ke arah tubuh. Berikut ini merupakan cara memegang bet dalam tenis meja dengan teknik seemiller grip.

  • Pegang bet tenis meja dengan pegangan shakehand grip
  • Putar bagian atas bet 20 - 90 derajat ke arah tubuh
  • Lekukkan jari telunjuk anda pada sisi bet.

Jika anda belajar dengan sungguh-sungguh dalam teknik memegang bet tenis meja. Saya yakin Anda akan dapat menguasai teknik memegang bet dengan mudah dan cepat, Dan semoga postingan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam tenis meja sekian dan terimakasih.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara memegang bet dalam tenis meja. Cara memegang bet dalam tenis meja merupakan teknik utama yang wajib untuk anda kuasai dan teknik memegang bet dalam tenis meja adalah teknik yang paling mudah untuk dikuasai.