Jenis Teknik Servis Dalam Permainan Tenis Meja

Siapa yang tidak tahu mengenai olahraga tenis meja? Keterampilan para pemain olahraga tenis meja patut kita contoh dalam kehidupan sehari-hari. Para pemain profesional tidak kenal lelah untuk berlatih guna meningkatkan kemampuan dan kelincahan dalam pertandingan teknik meja.

Mereka sterus semangat berlatih pantang menyerah demi memperoleh hasil yang maksimal. Sikap tersebut juga dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang pantang menyerah mencari ilmu juga akan mampu untuk menguasai dunia.

Olahraga tenis meja merupakan salah satu olahraga yang menggunakan bola kecil. Olahraga ini dilakukan di dalam ruangan. Jenis olahraga ini dilakukan tunggal maupun berpasangan. Dalam permainan olahraga tenis meja anda juga harus menguasai teknik dasarnya. Pada dasarnya anda juga harus paham mengenai teknik servis dalam tenis meja.

Teknik servis dilakukan pada saat permulaan melakukan pukulan dalam permainan. Ada beberapa jenis teknik servis bulu tangkis antara lain servis forehand topspin, servis backhand topspin, servis forehand backspin, dan servis backhand backspin. Cara melakukan servis dalam tenis meja sebagai berikut.

1). Forehand Topspin

Teknik Servis Forehand Topspin dalam tenis meja

Cara melakukan forehand topspin pemain berdiri dengan sikap persiapan di meja bagian kanan dan menghadap sektor kiri meja lawan. Tangan kanan memegang bet berada di kanan badan dengan siku ditekuk sebesar sembilan puluh derajat.

Telapak tangan kiri memegang bola. Bola dilambungkan setinggi enam belas sentimeter, kemudian dipukul dengan bet. Usahakan pantulan bola tidak begitu tinggi dari net.

2). Backhand Topspin


Teknik Servis Backhand Topspin dalam tenis meja

Cara melakukan backhand topspin pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan. Tangan kanan memegang bet dengan mendekatkannya ke pinggang sebelah kiri. Telapak tangan kiri memegang bola.

Lambungkan bola setinggi enam belas sentimeter, pukul dengan bet. Usahakan bola tidak begitu tinggi dari net sehingga pantulan bola di meja lawan tidak begitu tinggi.

3). Backhand Backspin


Servis Backhand Backspin dalam tenis meja

Cara melakukan backhand backspin , pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan. Tangan kanan memegang bet dengan mendekatkannya ke pinggang sebelah kiri. Telapak tangan kiri memegang bola. Lambungkan bola setinggi enam belas sentimeter, pukul dengan bet.

Untuk melakukan pukulan ini hanya menggesek bagian belakang bola dengan bagian bawah bet. Gerakan bet ke depan condong turun ke bawah. Usahakan bola tidak begitu tinggi dari net sehingga pantulan bola di meja lawan tidak begitu tinggi.

Dalam olahraga tenis meja juga mengenal yang namanya topspin  dan backspin yaitu arah putaran bola (bola berputar searah jarum jam). Backspin merupakan arah putaran bola juga (bola berputar berlawanan jarum jam). 

Itulah ke tiga teknik servis dalam permainan tenis meja yang wajib untuk anda kuasai karena teknik dasar dalam permainan tenis meja adalah servis, karena setiap pemain tenis meja juga harus menguasai teknik tersebut.