Gerak Memasuki Garis Finish Lari Jarak Menengah

Gerakan pada lari jarak menengah yaitu merupakan salah satu nomor lari pada atletik. Momor lari tersebut yang termasuk lari jarak menengah yaitu pada lari antara 800 meter, 1500 meter dan juga sampai dengan 3000 meter.

Akan tetapi, pada garis besarnya yaitu pada perbedaan ini terutama pada cara kaki yang menapak. Pada lari jarak menengah, kaki juga harus menapak pada ujung tumit kaki dan juga harus menolak dengan ujung kaki. Adapun pada lari jarak pendek, menapak pada ujung - ujung kaki, tumit juga sedikit sekali untuk menyentuh tanah.

Dalam lari jarak menengah juga ada teknik atau cara memasuki garis finish yang baik dan benar yang perlu untuk anda ketahui, yaitu sebagai berikut ini.

1). Cara Memasuki Garis Finish Lari Jarak Menengah

Memasuki garis finish yaitu merupakan sesuatu hal yang juga sangat sangatlah penting untuk dapat mencapai sebuah sukses di dalam lari.

Keterlambatan didalam persekian detik pada saat memasuki garis finish juga sangatlah merugikan pada diri kita sendiri, Berikut ini adalah merupakan sesuatu hal cara melakukan memasuki garis finis lari jarak menengah yaitu dengan urutan gerakan sebagi berikut ini penjelasannya.


  1. Lari secara terus menerus tanda anda mengubah sikap lari anda.
  2. Dada juga maju ke arah depan, dan juga kedua tangan juga harus lurus ke arah belakang dan anda juga harus rileks.
  3. Salah satu bahu anda juga harus maju ke arah depan atau juga disebut dengan dada diputar ke arah salah satu sisi.
  4. Kepala juga ditundukkan dan juga kedua tangan juga diayunka ke arah belakang.
  5. Anda juga harus membusungkan dada ke arah depan yaitu pada saat menjelang pada garis finish.
  6. Pada frekuensi kaki juga harus dipercepat, danjuga langkah juga diperlebar.
  7. Anda juga jangan melakukan sebuah gerakan seperti melompat pada saat anda memasuki garis finish.
  8. Anda juga harus memfokuskan perhatian anda di pusatkan pada garis finish.
  9. Apabila ada sebuah pita pada garis finish anda juga jangan berusaha untuk meraih pita tersebut menggunakan tangan anda.
  10. Anda juga jangan berhenti mendadak setelah anda melewati pada garis finish.


Cara Memasuki Garis Finish Lari Jarak Menengah

Pada cara memasuki garis finish pada lari jarak menengah, anda jugaharus mengerti dan paham betul apa saja kesalahan - kesalahan yang tidak perlu untuk kita lakukan.

Pada cara memasuki garis finish lari jarak menengah, juga ada kesalahn kesalahn yang perlu anda ketahui, dan anda hindari pada saat memasuki garis finis yaitu seperti berikut ini.

Sikap badan anda yang kaku, anda juga memperlambat kecepatan, meloncat, dan tangan anda juga berusaha untuk dapat meraih pita pada garis finish, cara mengayunkan tangan dan kaki yang juga kurang tepat, kaki dan badan juga kurang rileks dan juga seimbang, dan juga tidak diikuti dengan gerak lanjutan.

Anda juga harus membayangkan dan juga lakukanlah sebuah keterampilan yang sesuai dengan tujuan gerak dari cara memasuki garisfinish pada lari jarak menengah tersebut, dan anda juga harus mengusahakan untuk dapat menghindari kesalahn - kesalahan seperti yang telah dijelaskan di atas.

2). Aktivitas pembelajaran cara memasuki garis finish lari jarak menengah dalam sebuah bentuk bermain.

Berikut ini merupakan pembelajaran cara memasuki garis finish lari jarak menengah yang sesuai urutan gerakan dibawah ini, yaitu berikut penjelasannya.


  1. Dalam melakukannya yaitu harus berkelompok kira kira sekitar 3 sampai dengan 5 anggota orang.
  2. Salah satu orang tersebut juga dapat memberikan sebuah aba - aba cara memasuki garis finish lari jarak menengah.
  3. Dua kelompok juga harus saling bergantian yaitu 1 kelompok melakukan cara memasuki garis finish dan kelompok ke 2 yaitu mengoreksi gerakan dengan baik dan benar.
  4. Dan juga seterusnya juga saling merasakan dan juga melakukan cara memasuki garis finish lari jarak menengah dengan baik dan juga benar.


Demikianlah 2 penjelasan mengenai cara memasuki garis finish lari jarak menengah dan juga pembelajarannya, semoga dapat bermanfaat untuk anda dan juga dapat menambah keterampilan anda dalam lari jarak menengah.