8 Kesalahan Dalam Melakukan Lompat Jongkok

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai kesalahan yang sering terjadi dalam melakukan lompat jongkok atau lompat jauh gaya jongkok, pada postingan ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara melakukan lompat jongkok dan juga topik utamanya yaitu 8 kesalahan dalam melakukan lompat jongkok.

Lompat jauh gaya jongkok yaitu melakukan suatu gerakan melompat menggunakan tumpuan pada satu kaki supaya menghasilkan jarak yang sejauh mungkin. Gerakan lompat jongkok  merupakan sebuah gerakan melompat melewati sebuah rintangan. Lompat jongkok adalah jenis lompatan mendasar.

Untuk dapat melakukan lompat jongkok juga diperlukan tolakan kedua kaki dan juga dorongan kedua tangan pada peti lompat. Peti lompat merupakan salah satu alat yang digunakan dalam senam. 

Cara melakukan lompat jongkok yang baik dan benar yaitu sebagai berikut :

  1. Berlarilah secepat-cepatnya menuju peti lompat.
  2. Tolakkan kedua kaki secara bersamaan sekuat-kuatnya ketika mendekati peti lompat. Tujuan gerakan ini merupakan agar tubuh juga dapat melayang ke depan. Saat melakukan tolakan, kedua kaki dalam keadaan rapat.
  3. Ketika mulai melayang, kedua kaki juga masih dalam keadaan lurus dan juga rapat, tubuh condong ke depan, kedua tangan lurus dan juga diayun ke depan bersiap untuk menumpu pada peti lompat. Jarak kedua tangan selebar bahu.
  4. Tekuklah kedua kaki saat kedua tangan juga mulai bertumpu pada peti lompat. Caranya lutut ditarik ke depan mendekati dada.
  5. Gerakan selanjutnya, tolakkan kedua tangan pada peti lompat. Gerakan ini bertujuan untuk dapat tubuh mendapat tambahan dorongan ke depan atas sehingga juda dapat meneruskan gerakan melayang. Pada tahap ini, kedua kaki juga harus sudah benar-benar ditekuk, kedua paha bagian depan menempel perut, kedua lutut sedekat mungkin dengan dada atas, dan juga kedua betis menempel pada paha bagian belakang.
  6. Setelah melakukan tolakan, segera ayunkan kedua tangan ke atas.
  7. Luruskan dan juga rapatkan kedua kaki setelah melewati peti lompat.
  8. Mendaratlah dengan kedua kaki secara bersamaan, kedua lutut mengeper, dan badan sedikit condong ke depan.

Tujuan dari gerakan lompat jauh adalah agar tubuh dapat melayang ke arah depan dan gerakan ini juga bertujuan agar tubuh mendapat tambahan dorongan ke arah depan dan dapat meneruskan gerakan melayang.
Kesalahan Dalam Melakukan Lompat Jongkok

8 kesalahan-kesalahan yang umum terjadi pada saat melakukan lompat jongkok antara lain sebagai berikut ini.


  1. Saat melakukan awalan, kecepatan berlari kurang maksimal.
  2. Tolakan kedua kaki tidak bersamaan.
  3. Tolakan kedua kaki kurang kuat sehingga badan kurang terangkat ke atas.
  4. Saat kedua tangan menyentuh peti lompat untuk pertama kali, posisi kedua tangan juga tidak membentuk garis lurus dengan tubuh (menekuk pada bahu).
  5. Tolakan kedua tangan kurang kuat sehingga gaya dorong tubuh ke depan atas kurang. Hal ini juga mengakibatkan berkurangnya ruang untuk kedua lutut saat melewati peti lompat.
  6. Kedua lutut kurang ditarik mendekati dada pada saat melewati peti lompat.
  7. Pendaratan kedua kaki kurang bersamaan.
  8. Kedua lutut kurang mengeper saat mendarat.

Dengan mengetahui terlebih dahulu kesalahan dalam melakukan lompat jongkok, juga akan mempermudah anda dapat melakukan lompat jongkok yang baik dan benar tanpa ada kesalahan dalam melakukannya. Apalagi dalam sebuah perlombaan mengetahui terlebih dahulu mengenai kesalahan dalam lompat jongkok akan sangat berguna dalam sebuah perlombaan.