Cara Melakukan Gerakan Kayang Pada Senam Lantai Beserta Kesalahan yang Sering Dilakukan

Senam Lantai merupakan salah satu bagian dari rumpun senam yang sesuai dengan istilahnya, gerakan-gerakan dalam senam lantai juga dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras ataupun permadani.

Unsur-unsur gerakan dalam senam lantai terdiri dari mengguling, melompat, berputar di udara, dan juga menumpu dengan dua tangan atau kaki untuk dapat mempertahankan sikap seimbang pada waktu melompat ke depan atau juga ke belakang. 


Cara Melakukan Gerakan Kayang Pada Senam Lantai

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara melakukan gerakan kayang pada senam lantai. Pengerting kayang pada senam lantai yaitu posisi kaki bertumpu dengan empat titik dalam keadaan terbalik dengan meregang dan juga mengangkat perut dan panggul.

Latihan kayang ini juga dapat untuk melatih kekuatan pada otot perut, kaki, bahu, tangan dan pinggang. Pada umumnya orang yang melakukan gerakan kayang dalam senam lantai juga memiliki tubuh yang prima dan kelentukan tubuh yang baik pula.

Nilai dari gerakan kayang yaitu dengan menempatkan kaki lebih tinggi agar memberikan tekanan pada bahu dan sedikit pada pinggang. Manfaat dari gerakan kayang adalah agar dapat meningkatkan kelentukan bahu, bukan kelentukan pinggang. Berikut ini cara melakukan gerakan kayang pada senam lantai yaitu sebagai berikut.

  1. Sikap permulaan berdiri, kedua tangan menumpu pada pinggul.
  2. Kedua kaki ditekuk, siku tangan ditekuk, kepala dilipat ke belakang.
  3. Kedua tangan diputar ke belakang sampai menyentuh matras sebagai tumpuan.
  4. Posisi badan melengkung bagai busur.

Kesalahan-Kesalahan yang sering dilakukan pada saat melakukan gerakan kayang dalam senam lantai yaitu sebagai berikut ini.

  1. Jarak kedua tangan dan kaki terlalu jauh.
  2. Siku-siku bengkok disebabkan oleh kekakuan persendian siku dan bahu.
  3. Badan kurang melengkung (membusur) disebabkan oleh kurang lemas/lentuknya bagian punggung dan kekakuan pada otot perut.
  4. Sikap kepala yang terlalu menengah.
  5. Kurang keseimbangan.

Demikian yang dapat saya jelaskan mengenai cara melakukan gerakan kayang dalam senam lantai beserta penjelasannya, dengan cara melakukan petunjuk diatas maka anda dapat melakukan gerakan kayang dalam senam lantai, Anda tidak akan mengalami cedera. Terima Kasih?