Cara Melakukan Passing Atas Dalam Bola Voli Yang Baik dan Benar

Dalam permainan bola voli juga memerlukan sebuah strategi yang matang untuk dapat memenangkan sebuah pertandingan. 

Dalam permainan bola voli juga memiliki teknik-teknik dasar yang wajib untuk dikuasai oleh seorang pemain bola voli. Teknik dasar permainan bola voli yang wajib dikuasai adalah teknik melakukan passing atas dan passing bawah.

Passing merupakan sebuah kegiatan pemain dalam menerima, mengendalikan, dan juga menahan servis yang dilakukan oleh lawan. Ada dua jenis passing dalam permainan bola voli yaitu passing atas dan passing bawah. 


Ada cara untuk dapat melakukan passing atas maupun passing bawah dalam permainan bola voli yang wajib diketahui jika ingin menguasainya dengan baik. 

Cara Melakukan Passing Atas Dalam Bola Voli
Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara melakukan passing atas dalam bola voli, untuk penjelasan passing bawah tunggu postingan berikutnya ya.


Passing atas atau overhead pass dibagi menjadi dua, yaitu passing atas setinggi wajah dan passing atas normal. Passing atas normal dan passing atas setinggi wajah sejatinya adalah sama, perbedaannya terletak pada posisi bola saat melakukan passing.

Passing atas normal posisi bola berada di atas depan wajah pemain, sedangkan passing atas depan wajah kedudukan bola berada tepat di depan wajah kedudukan bola berada tepat di depan wajah pemain. Langkah - langkah melakukan passing atas bola voli yaitu sebagai berikut.

  1. Kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk.
  2. Kedua tangan berada di depan dahi, kedua ibu jari dan telunjuk membentuk segitiga dan pandangan harus fokus pada arah datangnya bola.
  3. Saat bola datang, terima bola dengan jari-jari tangan, tekuk pergelangan tangan ke dalam. Saat menerima usahakan tangan rileks.
  4. Bola didorong dengan cara menggerakkan pergelangan tangan ke arah luar dan diikuti dengan gerakan meluruskan siku-siku.
  5. Kaki digerakkan agak jinjit.

Cara melakukan passing atas dalam permainan bola voli memang berbeda dengan passing bawah.  Para pemain pemula dalam bola voli wajib untuk menguasai teknik passing atas dan passing bawah jika ingin menjadi bola voli. 


Dan semoga informasi ini dapat membantu anda dalam melatih passing atas anda agar menjadi lebih baik lagi. Jika anda ingin mahir dalam melakukan passing atas sering-seringlah untuk berlatih dengan sungguh-sungguh.