Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Melakukan Roll Depan

Kesalahan Dalam Melakukan Roll Depan

Roll depan adalah guling yang dapat dilakukan ke depan. Gerakan roll depan dalam senam lantai atau dapat disebut dengan forward roll adalah gerakan mengguling yang dapat dilakukan ke arah depan.

Salah satu jenis gerakan dalam senam lantai yaitu roll depan dimana cara melakukannya dengan menggulingkan tubuh ke depan dalam posisi jungkir balik.

Bagi pemula yang belum pernah melakukan roll depan merupakan sebuah tantangan tersendiri untuk pemula karena gerakan ini juga dianggap sebagai sebuah gerakan yang berbahaya meskipun nyatanya gerakan ini juga sangat aman untuk dilakukan.

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering terjadi atau dilakukan pada saat melakukan gerakan roll depan atau forward roll, antara lain sebagai berikut ini.

  1. Kedua tangan yang bertumpu tidak tepat (dibuka terlalu lebar atau terlalu sempit, terlalu jauh atau terlalu dekat) dengan ujung kaki.
  2. Tumpuan salah satu atau kedua tangan kurang kuat sehingga keseimbangan badan kurang sempurna dan akibatnya badan jatuh ke samping.
  3. Bahu tidak diletakkan di atas matras saat tangan dibengkokkan.
  4. Saat gerakan berguling ke depan, kedua tangan tidak ikut menolak.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai kesalahan dalam melakukan roll depan, dengan cara melakukan petunjuk di atas, Maka anda tidak akan mengalami cedera, pada saat melakukan gerakan roll depan. Terima Kasih?