4 Teknik Dasar Menendang Bola dalam Permainan Sepak Bola

Salah satu teknik dalam sepak bola yang paling penting yaitu teknik menendang bola, karena setiap tim yang memiliki tendangan yang bagus dan keras juga akan membawa kemenangan oleh timnya.

Yang paling penting dalam sepak bola yaitu bukan karena pemainnya yang memiliki skill yang bagus, teknik menggiring bola yang baik dan juga memiliki tendangan yang keras, itu bukan menjadi kunci utama untuk mendapatkan kemenangan. 


Untuk mendapatkan kemenangan dalam permainan sepak bola yaitu sebuah tim juga harus bekerja sama dan kompak itulah hal yang terpenting dalam sepak bola dan dengan kerja sama yang baik dan skill yang mumpuni itu adalah kunci utama kemenangan dalam sepak bola.
 

Dalam permainan sepak bola, keterampilan gerak menendang bola merupakan hal yang sangat penting. Karena jika tendangan kita akurat dan keras, maka kita akan lebih mudah untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Namun sebaliknya, jika kita kurang menguasai teknik tendangan, maka tendangan kita akan mudah ditangkap oleh kiper lawan. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai teknik dasar menendang bola dalam permainan sepak bola.

1). Teknik Dasar Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam

Teknik Dasar Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam

Dalam permainan sepak bola teknik ini yang paling sering digunakan oleh para pemain yaitu dengan menendang bola dengan kaki bagian dalam. Berikut ini adalah langkah -langkah menendang bola dengan kaki bagian dalam yaitu sebagai berikut.

  1. Sikap tubuh berdiri menghadap ke arah bola.
  2. Kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan lutut sedikit di tekuk. Kedua tangan untuk keseimbangan ditekuk di samping badan.
  3. Kaki yang digunakan untuk menendang sedikit ditekuk dengan diputar ke arah keluar.
  4. Kaki yang digunakan untuk menendang diayun dari belakang ke arah depan dengan sasaran bola di bagian samping.
  5. Setelah menendang, berat badan digeser ke kaki yang digunakan untuk menendang.

 

2). Teknik Dasar Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Luar

Teknik Dasar Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Luar

Dengan penggunaan teknik ini kaki bagian dalam merupakan inti dari teknik ini dan teknik ini juga memiliki tujuan yaitu agar dapat menendang dengan yang jauh. Adapun bentuk latihannya adalah sebagai berikut.

  1. Posisi badan berada di belakang bola, sedikit serong + 40 Derajat dari garis lurus bola, kaki tumpu diletakkan di samping belakang bola + 30 cm dengan ujung kaki membuat sudut 40 derajat dengan garis lurus bola.
  2. Kaki tendang diayunkan ke depan mengenai bola, perkenaan tepat pada punggung kaki bagian dalam dan tepat pada tengah bawah bola dan pada saat kaki mengenai bola, pergelangan kaki ditegakkan.
  3. Gerak lanjutan kaki tendang diangkat dan diarahkan ke depan.
  4. Pandangan mengikuti jalannya bola ke sasaran dan lengan dibuka berada di samping badan sebagai keseimbangan.

3). Teknik Dasar Menendang Bola Dengan Punggung Kaki

eknik Dasar Menendang Bola Dengan Punggung Kaki

Dalam menendang bola biasanya punggung kaki digunakan untuk dapat menendang bola dengan jarak yang jauh. Teknik ini sangat penting untuk dikuasai karena agar tembakan kita dapat tepat sasaran, terutama apabila kita ingin mengumpan teman setim kita yang jaraknya cukup jauh dengan anda. Adapun bentuk latihan dalam menendang bola dengan punggung kaki adalah sebagai berikut.

  1. Badan di belakang bola sedikit condong ke depan, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan ujung kaki menghadap ke sasaran dan lutut ditekuk.
  2. Kaki tendang berada di belakang dengan punggung kaki menghadap ke depan.
  3. Saat diayun perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dan tepat pada tengah-tengah bola dan pada saat mengenai bola pergelangan kaki ditegangkan.
  4. Gerak lanjutan kaki tendang diarahkan dan diangkat ke arah sasaran.

4). Aktivitas Belajar Menendang Bola


Aktivitas Belajar Menendang Bola

Dalam menendang bagian mana bola yang akan ditendang akan berpengaruh terhadap jalannya bola. Jika menendang sisi kiri bola, maka bola akan bergerak melengkung ke kanan. Jika menendang tepat di bagian tengah bola, maka bola akan bergerak lurus ke depan.

Jika menendang dari sisi kanan bola, maka bola akan bergerak melengkung ke kiri. Sedangkan jika menendang tepat di atas bola, kemungkinan besar bola tidak akan bergerak kemana-mana.


Demikianlah sedikit penjelasan mengenai teknik dalam menendang bola dalam sepak bola untuk dapat menguasai ke 4 teknik tersebut, juga dibutuhkan semangat dan konsisten dalam berlatih. untuk menjadi pemain yang profesional juga membutuhkan waktu yang panjang dan juga sudah menguasai semua teknik dalam sepak bola. terutama teknik menendang bola dalam sepak bola.