Sub Tema Hari Natal Nasional 2019 PGI dan KWI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke 5. Kata Natal berarti kelahiran Isa Almasih atau kelahiran Yesus Kristus. Kelahiran Yesus Kristus terjadi secara ajaib. bukan seperti kelahiran manusia pada umumnya.

Yesus Kristus lahir dari seorang perawan bernama Maria, yang mendapatkan kasih karunia Tuhan. sehingga secara ajaib, dan bukan karena perbuatan manusia. Maria mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki dan atas perintah Tuhan beliau dinamai Yesus (Luk 1:20; Mat 1:18-25).

Ini berari saudaraku, nama Yesus bukanlah nama yang diberikan oleh orang tuanya atau orang lain kepadaNya. Nama Yesus berarti nama yang diberikan Allah sendiri kepada diri-Nya sendiri, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit, yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi dan segala lidah mengaku : Yesus Kristus adalah Tuhan (Flp 2:10).

Perayaan Natal jatuh pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya. Perayaan hari Natal merupakan sebuah Hari Raya untuk umat Kristen, sebagai hari kelahiran dari Tuhan Yesus Kristus. Dalam perayaan menyambut Hari Natal yang dilaksanakan pada malam dan pagi harinya Ibadah Perayaan Natal.

Perayaan Hari Natal adalah merupakan sebuah hari yang sangat bersejarah bagi kita semua yang merayakannya setiap tahun sekali. Anda juga harus tahu tema natal PGI 2019 terlebih dahulu sebelum anda merayakan natal 2019.

Pada tanggal 25 Desember nantinya kita akan merayakan hari Natal 2019 atau Perayaan natal atau hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Pada perayaan natal tersebut kita juga akan mengenang 74 tahun kemerdekaan Indonesia sebagaimana yang telah dikatakan pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.


Sub Tema Natal Nasional 2019

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai sub tema natal nasional 2019 PGI KWI yang akan diperingati pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari situs resti PGI, tema natal PGI 2019 mengangkat tema yaitu sebagai berikut.

 "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang"

Seperti setiap setahun sekali PGI telah menetapkan tema Natal 2019. Ada pun isi dari ayat dalam tema natal PGI 2019 ini yaitu sebagai berikut.


" 15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. "

Hal ini telah dikatakan oleh Sekretaris Jenderal KWI Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC, pada saat membaca 6 poin rencana kegiatan KWI selama tahun 2020, pada pembukaan Sidang Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), di Bumi Silih Asih Keuskupan Bandung, Jalan Moch. Ramdan, Regol, Bandung, Jawa Barat, Senin 4 November 2019.

Subtema menjadi salah satu topik yang harus disiapkan untuk perayaan Natal. Biasanya subtema juga memiliki keterkaitan dengan tema yang telah ditetapkan. Jika tema hanya ada 1 saja, maka subtema tersebut dapat berbeda-beda tergantung dalam perayaan natalnya. Misalnya seperti untuk anak sekolah yang dirayakan pada hari minggu dan para pemuda juga pastinya memiliki subtema yang berbeda.

Berikut ini adalah Sub Tema Natal Nasional pada tahun sebelumnya sampai tahun 2019 :


  1. Pada tahun 2019 (sekarang) : " Hiduplah Bagi Sahabat Bagi Semua Orang. " (bdk. Yohanes 15:14-15)
  2. Pada tahun 2018 : " Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita (Bdk. 1 Korintus 1:30). "
  3. Pada tahun 2017 : " Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah dalam Hatimu (Kolose 3:15). "
  4. Pada tahun 2016 : " Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud (Lukas 2:11). "
  5. Pada tahun 2015 : " Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah (Kejadian 9:16). "
  6. Pada tahun 2014 : " Berjumpa dengan Allah dalam Keluarga (Bdk.Imamat 26:12). "
  7. Pada tahun 2013 : " Datanglah, ya, Raja Damai! (Bdk. Yesaya 9:5). "
  8. pada tahun 2012 : " Allah Telah Mengasihi Kita (I Yohanes 4:19). "
  9. Pada tahun 2011 : " Bangsa Yang Berjalan di Dalam Kegelapan Telah Melihat Terang Yang Besar (Yesaya 9:1a). "
  10. Pada tahun 2010 : Terang Yang Sesungguhnya Sedang Datang ke Dalam Dunia (Yohanes 1:9)
  11. Pada tahun 2009 : "Tuhan Itu Baik Kepada Semua Orang (Mazmur 145 : 9). "


Merayakan Natal, Bagi umat kristiani adalah suatu panggilan untuk dapat menjadi murid sejati, yang telah mempraktikkan cinta kasih dalam kehidupan sehari-hari bersama dengan keluarga, Gereja dan juga masyarakat.

Pesan Natal pada tahun 2019 ini adalah Persahabatan yang membawa kita untuk kembali kepada sejarah bersama dengan bangsa Indonesia, cinta-cita bersamanya, dan juga perjuangan bersama bagi kemanusiaan.

Demikian yang dapat saya jelaskan mengenai sub tema natal nasional 2019, Jika anda ingin mengetahui informasi lengkap mengenai tema natal PGI dan KWI 2019 anda dapat mengunjungi situs resmi pgi (Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia)  https://pgi.or.id/.