Teknik Dasar Permainan Bola Voli Yang Wajib Dikuasai

Dalam permainan bola voli juga memerlukan strategi yang matang untuk dapat memenangkan sebuah pertandingan. Permainan bola voli sendiri juga memiliki banyak teknik-teknik dasar yang wajib untuk dikuasai. Beberapa teknik dasar permainan bola voli sebagai berikut.

1). Servis

Cara melakukan servis pada permainan bola voli adalah dengan posisi pemain berdiri pada garis belakang lapangan lalu melemparkan bola ke udara. Selanjutnya, bola dipukul melewati net ke arah lawan. Servis bertujuan untuk memukul bola melewati net agar dapat memasuki area lapangan lawan yang kosong atau menuju lawan yang terlihat lemah.  Kegiatan servis akan memperoleh penambahan point.

teknik servis dalam bola voli

Teknik servis memiliki empat macam, yaitu servis bawah, servis mengapung atau floating overhand, overhand around house servise, dan jumping servis. Berikut ini adalah penjelasan mengenai teknik servis dalam bola voli.

A). Teknik Servis Bawah

Teknik servis bawah biasa dilakukan oleh pemula karena taktik ini adalah teknik yang paling mudah dan umum digunakan. Cara melakukan teknik servis bawah adalah sebagai berikut.


  1. Pegang bola dengan tangan kiri sejajar dengan pinggang.
  2. Badan sedikit membungkuk.
  3. Ayunkan tangan kanan untuk memukul bola dengan tangan mengepal.


B). Teknik servis Mengapung

Teknik servis mengapun atau floating overhand service adalah teknik servis di mana bola yang melambung tidak berputar sehingga terlihat mengapung atau mengambang di udara. Cara melakukan teknik servis mengapung adalah sebagai berikut.


  1. Berdiri menghadap lapangan.
  2. Posisikan kedua kaki sejajar dengan bahu.
  3. Lambungkan bola ke atas (lebih tinggi dari kepala).
  4. Pukul bola di bagian tengah belakang.

C). Overhand Around House Service

Overhand around-house servis memiliki nama lain hook service. Servis ini cukup sulit untuk dilakukan, diperlukan ketepatan untuk dapat memukul bola agar bisa melewati net dan bola harus berputar agar tidak menjadi floating servis. Cara melakukan servis ini adalah sebagai berikut.


  1. Bola digenggam di depan badan dengan tangan kiri.
  2. Bola dilemparkan ke atas dan berikan simpangan terjauh bagi tangan kanan dan lekukkan kaki kiri sendiri.
  3. Bola dipukul dengan ayunan melingkar dari tangan kanan saat posisi sudah tepat dan jadikan kaki kiri sebagai tumpuan berat badan.

D). Jumping Servis

Jumping servis merupakan teknik servis yang paling sulit untuk dilakukan. Selain ketepatan saat memukul bola, pemain juga harus memiliki ketepatan dalam melompat untuk dapat melakukan servis. Cara melakukan teknik ini adalah sebagai berikut.


  1. Posisi badan berdiriagak jauh dari belakang lapangan.
  2. Bola dipegang menggunakan kedua tangan.
  3. Bola dilambungkan kira-kira 3 meter dari tanah.
  4. Badan direndahkan dan lutut ditekuk untuk bersiap melompat setinggi-tingginya.
  5. Bola dipukul seperti melakukan smash dengan menekuk pergelangan agar menciptakan sebuah pukulan topspin.
2). Passing

Teknik dasar passing dalam bola voli

Passing merupakan kegiatan pemain dalam menerima, mengendalikan, dan menahan servis yang dilakukan lawan. Ada dua jenis passing yaitu passing atas dan passing bawah. Ada cara untuk dapat melakukan passing atas maupun passing bawah dalam permainan bola voli yang wajib diketahui jika ingin menguasainya dengan baik. Berikut ini penjelasan mengenai teknik dasar dalam passing atas dan passing bawah.

A). Teknik Dasar Passing Atas

Passing atas atau overhead pass dibagi menjadi dua, yaitu passing atas setinggi wajah dan passing atas normal. Passing atas normal dan passing atas setinggi wajah sejatinya adalah sama, perbedaannya terletak pada posisi bola saat melakukan passing.

Passing atas normal posisi bola berada di atas depan wajah pemain, sedangkan passing atas depan wajah kedudukan bola berada tepat di depan wajah kedudukan bola berada tepat di depan wajah pemain. Cara melakukan teknik passing atas adalah sebagai berikut.

  1. Kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk.
  2. Kedua tangan berada di depan dahi, kedua ibu jari dan telunjuk membentuk segitiga dan pandangan harus fokus pada arah datangnya bola.
  3. Saat bola datang, terima bola dengan jari-jari tangan, tekuk pergelangan tangan ke dalam. Saat menerima usahakan tangan rileks.
  4. Bola didorong dengan cara menggerakkan pergelangan tangan ke arah luar dan diikuti dengan gerakan meluruskan siku-siku.
  5. Kaki digerakkan agak jinjit.

B). Teknik Dasar Passing Bawah

Teknik passing bawah juga menjadi teknik yang penting bagi pemain amatir untuk menjadi professional. Karena teknik ini biasanya dilakukan untuk dapat menerima bola service dan smash dari lawan. Passing bawah dibagi menjadi dua macam, yaitu teknik dasar passing bawah satu tangan dan teknik dasar passing bawah dua tangan.

1). Teknik Dasar Passing Bawah Satu Tangan

Teknik dasar passing bawah dengan satu tangan dilakukan pada kondisi jangkauan pemain terlalu jauh dan rendah untuk melakukan passing atas. Hal ini biasanya terjadi saat pemain yang pertama menerima bola tidak sempurna dalam melakukan pengembalian bola. Teknik ini dilakukan dengan cara badan sedikit dibungkukkan, Akan tetapi apabila dirasa tetap tidak bisa mencapai jangkauan pemain, biasanya pemain juga akan melompat terbang untuk dapat menyelamatkan bola.

2). Teknik Dasar Passing Bawah Dua Tangan

Teknik dasar passing bawah biasa dilakukan ketika bola dirasa akan jatuh tepat didepan pemain. Teknik ini biasanya dilakukan pada saat menerima servis dan smash dari musuh yang masih berada dalam jangkauan tetapi posisi bola terlalu rendah. Teknik dasar passing bawah dua tangan memiliki dua macam metode, yaitu the dig dan thumb over palm.

3). Smash

teknik melakukan smash dalam permainan bola voli

Teknik smash dilakukan dengan memukul bola menggunakan kekuatan penuh dengan melompat. Bola lalu diarahkan ke area lawan. Teknik smash disebut juga sebagai pukulan ketiga. Berikut ini adalah penjelasan secara rinci mengenai teknik melakukan smash dalam permainan bola voli yaitu sebagai berikut ini.

  1. Awalan : Ambil jarak sekitar 3 meter dari letak bola umpan akan melambung. Ambil langkah sedikit lebar dengan satu kaki disusul kaki yang lain di sebelahnya. Diikuti dengan gerakan tangan dijulurkan ke depan diayunkan ke belakang.
  2. Loncatan : Meloncatlah setinggi mungkin. Pada saat meloncat pastingan tangan terayun ke depan lalu ke atas dan bersiap untuk melakukan smash.
  3. Pukulan : Pukulan bola ke daerah lawan dengan sedikit polesan agar bola juga dapat berputar dan turun menukik.
  4. Pendaratan : Mendaratlah dengan sedikit mengeper agar dapat mengurangi risiko terkena cedera atau keseleo.

Berdasarkan arah bola, smash dikelompokkan menjadi dua, yaitu smash silang dan smash lurus. Smash silang adalah smash yang diarahkan diagonal ke kiri atau ke kanan untuk dapat mengincar daerah yang kosong milik lawan. Sementara smash lurus adalah smash yang mengarah lurus ke depan karena dirasa pukulan dan ruang kosong di depan sudah pas untuk dijadikan sasaran.

Berdasarkan umpannya, smash dikelompokkan menjadi empat jenis yaitu open smash, semi smash, quick smash, dan push smash. Berdasarkan kurva bola, smash dikelompokkan menjadi tiga yaitu drive smash, topspin, dan lob. Berdasarkan awalannya dibagi menjadi empat macam yaitu smash tanpa awalan, dengan awalan, dengan 1 kaki, dan dengan 2 kaki.

4). Block

teknik blocking dalam permainan bola voli

Teknik block dilakukan untuk dapat mencegah serangan lawan. Teknik ini dilakukan  dengan lompatan tinggi disertai dengan kedua tangan untuk mencegah bola masuk di arena permainan sendiri. Posisi tangan di depan dada menghadap ke arah net dan posisi kaki sejajar. Secara lebih rinci teknik blocking dalam permainan bola voli dilakukan sebagai berikut.

  1. Pemain bersiap di dekat net.
  2. Lutut ditekuk bersiap untuk melompat, posisi tangan di depan dada bersiap menghalau bola.
  3. Di saat yang tepat lompatlah setinggi mungkin dengan tangan rapat dan mengarah ke atas. Ingat, tangan harus rapat agar bola tidak sampai lolos menembus celah tangan Anda.
  4. Mendaratlah dengan kaki sedikit mengeper agar dapat meminimalisasi risiko cedera.

Jika dilihat dari jumlah orang yang melakukan, Teknik blocking juga dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu block tunggal dan block berkawan. Blocking tunggal dilakukan oleh satu orang pemain, sedangkan blocking berkawan dilakukan lebih dari 1 rang, biasanya 2-3 orang.

Jika dilihat dari gerakannya teknik block juga dapat dibagi menjadi dua yaitu teknik blocking aktif dan teknik blocking pasif. Pada teknik blocking aktif pemain yang mem-block menggerakkan tangan dengan kuat sehingga posisi tangan menjadi sangat dekat dengan net. Sementara pada teknik blocking pasif pemain yang mem-block tidak menggerakkan tangan pada saat melakukan block.

5). Teknik Penyerangan Bola Voli

Teknik Penyerangan Bola Voli

Teknik penyerangan dilakukan untuk dapat menyususn strategi pada saat menyerang pihak lawan. beberapa strategi penyerangan menyusun formasi pemain dalam permainan berikut ini adalah jenis-jenis pemain dalam bola voli.
  1. Set Upper bertugas sebagai pengumpan bola ke smasher untuk dapat dilakukan smash.
  2. Universal bertugas membantu teman satu tim secara bebas.
  3. Smasher bertugas sebagai penyerangan utama dengan melakukan smash secara keras. Tugas smasher tersebut membutuhkan teknik-teknik yang tepat. Seorang smasher harus menguasai teknik yang benar dan memiliki strategi yang tepat.

Berikut adalah  empat jenis smash yang dapat dilakukan oleh seorang smasher yaitu sebagai berikut ini.


  1. Frontal Smash yaitu smash yang dilakukan dari depan.
  2. Frontal Smash dengan twist yaitu smash yang dilakukan dari depan dan disertai dengan gerakan memutar.
  3. Smash dari pergelangan tangan.
  4. Dump yaitu smash palsu atau smash yang dilakukan dengan pura-pura.

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai tahapan yang harus diperhatikan pada saat melakukan smash yaitu sebagai berikut ini.


  1. Tahap Pertama yaitu lari menghampiri (run-up)
  2. Tahap Kedua yaitu melompat (take off)
  3. Tahap Ketiga yaitu memukul (hit).
  4. Tahap Keempat yaitu mendarat (landing)

Selain belajar mengenai teknik menyerang, dalam permainan bola voli juga perlu diperhatikan sistem penyerangan. Berdasarkan tugas dan fungsi pemain, sistem penyerangan juga dapat dikelompokkan sebagai berikut ini.


  1. Sistem 4 SM-2 SU (4 smasher dan 2 set upper).
  2. Sistem 4 SM-1 SU-1 U (4 smasher, 1 set upper, dan 1 universaler).
  3. Sistem penyerangan 5 SM-1 U 95 smasher dan 1 set upper).

Jika ditinjau dari posisi tempat penyerangan dan tiga jenis sistem penyerangan dalam permainan bola voli yaitu sebagai berikut ini.


  1. Sistem penyerangan dari tepi posisi 2 dan 4.
  2. Sistem penyerangan dari tengah posisi 3.
  3. Sistem penyerangan kombinasi tepi dan tengah posisi 2,3 dan 4.

Demikianlah penjelasan mengenai teknik dasar permainan bola voli yang wajib dikuasai, untuk dapat emnguasai semua teknik dasar tersebut, berlatihlah secara sungguh sungguh agar anda dapat menguasai teknik dasar bole voli tersebut. Sekian yang dapat dapat saya jelaskan.