Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Berbasis Luas WAN

Jaringan berbasis luas adalah jaringan yang memiliki ruang lingkup yang sangat luas, dan bisa saling terhubung antarjaringan dari jarak jauh. Jaringan berbasis luas ini merupakan jaringan Wide Area Network (WAN), yaitu jaringan komputer yang mencakup area yang besar seperti jaringan komputer antar wilayah, kota, atau bahkan negara.

Selain itu, juga dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yangs atu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Jaringan WAN merupakan jaringan komunikasi data yang menghubungkan user-user yang ada di jaringan yang berada di suatu area geografis yang besar. Layanan WAN terfokus beroperasi pada layer physical dan data link pada model OSI layer. Jaringan WAN biasanya selalu menggunakan fasilitas transmisi yang disediakan oleh perusahaan telekomunisasi seperti perusahaan layanan telepon.

Kelebihan dan Kekurangan WAN

Dalam jaringan berbasis luas WAN (Wide Area Network) juga terdapat kelebihan dan kekurangan, yaitu sebagai berikut ini.

Kelebihan Jaringan WAN :

  1. Bisa diakses dengan jangkauan area grografis yang cukup luas sehingga berbisnis dengan jarak jauh juga dapat terhubung dengan jaringan ini.
  2. Dapat share atau berbagi software dan juga resources dengan koneksi workstations.
  3. Pesan juga dapat dikirim dengan sangat cepat kepada orang lain pada jaringan ini atau dapat berupa gambar, suara, atau data yang disertakan dengan suatu lampiran.
  4. Hal-hal yang mahal yaitu seperti printer atau saluran telepon ke internet dan juga dapat dibagi oleh semua komputer pada jaringan ini tanpa harus membeli perangkat yang berbeda pada setiap komputernya.
  5. Semua orang yang ada di jaringan ini juga dapat menggunakan data yang sama. Hal tersebut agar dapat menghindari masalah dimana beberapa pengguna mungkin memiliki sebuah informasi yang lebih tua dari pada yang lain.
  6. Berbagi informasi atau file melalui area yang lebih besar.

Kekurangan Jaringan WAN :

  1. Biaya operasional yang sangat mahal dan juga umumnya lambat
  2. Memerlukan Firewall yang baik untuk dapat membatasi pengguna luar yang masuk dan juga dapat mengganggu jaringan ini
  3. Menyiapkan jaringan juga bisa menjadi pengalaman yang sangat mahal dan rumit.
  4. Keamanan merupakan masalah yang paling nyata ketika seseorang yang berbeda memiliki sebuah kemampuan untuk dapat menggunakan informasi dari komputer lain. Perlindungan terhadap hacker dan juga virus dapat menambah kompleksitas lebih dan membutuhkan biaya.
  5. Memelihara jaringan merupakan sebuah pekerjaan penuh waktu yang membutuhkan jaringan pengawas dan juga teknisi untuk dapat dipekerjakan.
  6. Ancaman dari luar yaitu rentan terhadap hacker.

Dekimianlah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan jaringan WAN atau Wide Area Network, jika ada kelebihan dan kekurangan yang lainnya yang tidak saya tulis di atas anda dapat emnuliskannya pada kolom komentar dan nantinya akan saya cantumkan di atas.