Cara Melakukan Servis Bulutangkis Dengan Baik dan Berbagai Variasi

Servis dalam sebuah permainan bulutangkis juga sangatlah penting, oleh karena itu, anda juga harus menguasai cara melakukan servis bubutangkis dengan baik. 

Sikap dan juga cara yang benar dalam memukul servis yaitu adalah seperti bola servis juga harus masuk pada area lapangan servis lawan, posisi kaki juga tidak menginjak garis pada saat servis, posisi bola yang akan dipukul juga tidak boleh lebih tinggi dari pusar pemain yang juga akan melakukan sebuah servis, gerak lanjut atau dikenal dengan (follow through) juga sangat diperlukan agar siap untuk dapat melakukan sebuah pukulan berikutnya.

Cara Melakukan Servis Bulutangkis

1). Cara Melakukan Servis Panjang Bulutangkis

Berikut ini merupakan cara melakukan servis panjang dalam bulutangkis yaitu melalui urutan gerakannya, sebagai berikut ini penjelasannya.


  1. Sikap berdiri dan juga kedua kaki dibukan salah satu di depan dan juga keadaan rileks.
  2. Pada tangan kiri juga memegang shuttlecock, tangan kanan juga memegang raket.
  3. Ayunkan raket anda dari arah belakang ke arah bawah atas dan juga lepaskan shuttlecock, sehingga terjadi persentuhan.
  4. Lakukan cara berikut secara berulang - ulang yaitu dengan berusaha melewati net.


Dalam melakukan servis panjang pada bulutangkis, juga ada kesalahan - kesalahan yang wajib untuk anda ketahui yaitu seperti, sikap badan yang kaku, footwork yang lambat, terlalu tergesa - gesa, servis juga panjang atau terlalu pendek, kaki atau badan juga kurang rileks dan seimbang, dan juga tidak diikuti dengan gerak lanjut.

2). Cara Melakukan Servis Pendek Bulutangkis

Berikut ini merupakan cara melakukan servis Pendek dalam bulutangkis yaitu melalui urutan gerakannya, sebagai berikut ini penjelasannya.


  1. Berdiri kira kira sekitar 10 cm dari garis servis pendek
  2. Kaki kanan juga harus didepan dan juga berat badan harus bertumpu pada kaki kanan
  3. Pada tangan kiri juga memegang shuttlecock atau kok dan juga tangan kanan memegang raket.
  4. Ayunkan raket anda dengan pelan dan juga lepaskan kok sehingga terjadi persentuhan.
  5. Persentuhan yang terjadi dibawah pinggang dan juga sasarannya pada garis servis pendek.


Dalam melakukan servis pendek pada bulutangkis, juga ada kesalahan - kesalahan yang wajib untuk anda ketahui yaitu seperti, sikap badan yang kaku, cara memukul bola yang kurang tepat atau tidak masuk pada daerah servis, pada cara memegang raket, pada cara memegang shuttlecock yang kurang benar atau tepat, kaki atau badan yang kurang rileks dan seimbang, dan juga tidak diikuti dengan gerak lanjutan.

3). Aktivitas Pembelajaran Cara Melakukan Servis Bulu Tangkis

Berikut ini merupakan cara melakukan aktivitas belajar servis dalam bulutangkis yaitu melalui urutan gerakannya, sebagai berikut ini penjelasannya.


  1. Anda juga harus mencari teman untuk pasangan, dalam pembelajar servis bulutangkis
  2. Saling berhadapan dengan dibatasi net
  3. Lakukan hal tersebut secara bergantian pada servis panjang dan servis pendek
  4. Lakukan aktivitas tersebut dengan berulang - ulang sampai waktu yang telah ditentukan oleh guru atau pelatih anda.
  5. Semakin banyak anda dalam melakukan aktivitas pembelajaran tersebut, maka juga akan semakin mudah anda dalam menguasai teknik servis tersebut.


Demikianlah sedikit penjelasan mengenai cara melakukan servis panjang dan pendek dalam bulutangkis beserta aktivitas pembelajarannya, lakukanlah secara rutin dan bersungguh - sungguh dalam pembelajarannya, agar anda dapat menguasai gerak servis tersebut dengan cepat.