Teknik Elakan dan Hindaran dalam Pencak Silat

Pencak silat yaitu merupakan sebuah cabang olahraga bela diri yang juga berasal dari sebuah negara di Asia Tenggara. Dalam pencak silat juga terdapat teknik teknik yang perlu untuk anda pelari, yaitu seperti teknik elakan dan teknik hindaran pencak silat.

Teknik pencak silat yang terdiri dari dua teknik di atas, di dalamnya juga masih dibagi menurut gerakannya. Teknik serangan terdiri dari dua teknik dalam pencak silat yaitu sebagai berikut.

  1. Pukulan, yaitu serangan yang menggunakan lengan atau tangan.
  2. Tendangan, yaitu serangan yang menggunakan kaki.
A). Teknik Elakan Pencak Silat

Teknik Elakan Pencak Silat

Elakan sendiri artinya adalah sebuah gerakan untuk dapat menghindari pukulan dari lawan yaitu dengan cara mengelakcara melakukannya yaitu dengan cara memindahkan posisi tubuh anda dari arah pukulan atau dari arah tendangan.

Teknik elakan atau tangkisan yaitu usaha pembelaan dengan memindahkan sasaran dari arah serangan lawan dengan cara tidak melangkah dengan menggeser tubuh. 

Teknik elakan pencak silat terbagi menjadi beberapa bagian yaitu elakan atas, elakan bawah, elakan samping, elakan belakang berputar dan juga tangkisan, berikut ini adalah penjelasannya.

1). Elakan Atas

Elakan atas, yaitu sebuah gerakan mengelakkan diri dari serangan lawan pada bagian bawah dengan cara mengangkat badan ke arah atas.

Dalam melakukan sebuah gerakan elakan atas, anda juga harus tahu apa saja kesalahan yang tidak perlu untuk dilakukan yaitu seperti kuda - kuda yang kurang baik, tubuh juga kurang diangkat, kedua kaki juga tidak ditekuk pada saat ediangkat, tangan juga tidak begitu siap, dan lainnya.

2). Elakan Bawah

Elakan bawah, yaitu sebuah gerakan mengelakkan diri dari serangan lawan pada bagian atas yaitu dengan cara menekuk kedua lutut tanpa memindahkan kedua kaki.

Dalam melakukan sebuah gerakan elakan bawah, anda juga harus tahu apa saja kesalahan kesalahan yang tidak perlu untuk dilakukan yaitu seperti Sikap kuda - kuda depan yang juga kurang baik, tubuh juga kurang kuat, dan juga sikap tangan tidak siap.

3). Elakan Samping

Elakan samping, yaitu sebuahgerakan mengelakkan diri dari serangan lawan pada saat serangan lurus depan atas.

Dalam melakukan sebuah gerakan elakan samping, anda juga harus tahu apa saja kesalahan kesalahan yang tidak perlu untuk dilakukan yaitu seperti sikap pada kuda - kuda tengah juga kurang baik, berat badan yang tidak dipindahkan ke arah kiri atau kanan, dan juga tangan yang kurang siap.

4). Elakan Belakang Berputar

Elakan belakang berputar, yaitu gerakan mengelakkan diri dari serangan lawan dari posisi lurus depan dan samping.

Dalam melakukan sebuah gerakan elakan belakang berputar, anda juga harus tahu apa saja kesalahan kesalahan yang tidak perlu untuk dilakukan yaitu sikap pada kuda - kuda depan juga kurang kuat, badan juga tidak dicondongkan ke arah belakang, dan juga tangan tidak siap.

5). Tangkisan

Tangkisan, yaitu sebuah usaha pembelaan terhadap serangan lawan yaitu dengan cara memindahkan serangan lawan. Tangkisan juga terbagi menjadi beberapa variasi yaitu arah ke dalam atau ke luar, posisi rendah atau tinggi, dan posisi tangan tertutup atau terbuka.

B). Teknik Hindaran Pencak Silat

Teknik Hindaran Pencak Silat

Adapun teknik hindaran adalah suatu usaha pembelaan dengan cara memindah bagian yang menjadi sasaran serangan lawan dengan melangkah atau memindahkan kaki. 

Teknik hindaran sangatlah penting untuk anda pelajari, karena dengan menguasai teknik hindara, anda dapat menghindari serangan lawan anda. Berikut ini adalah bentuk - bentuk hindaran pencak silat yaitu sebagai berikut.


1). Hindaran Hadap

Hindaran hadap, yaitu sebuah gerakan menghindar dengan cara memindahkan kaki sehingga posisi tubuh menghadap lawan.

Hindaran hadap juga dapat untuk lakukan dengan memperkecil jarak pada tubuh anda dengan tubuh lawan anda. Cara untuk dapat melakukan hindaran hadap yaitu dengan menggeserkan kaki anda pada posisi tubuh yang langsung berhadapan dengan lawan anda.

2). Hindaran Sisi

Hindaran sisi yaitu sebuah hindaran atau menghindar dengan cara memindahkan kaki sehingga posisi tubuh menyamping lawan.

3). Hindaran Angkat Kaki 

Hindaran angkat kaki, yaitu teknik menghindar dengan cara mengangkat salah satu kaki. Hindaran kaki silang, yaitu teknik menghindar dengan cara memindahkan kaki secara menyilang.

Teknik hindaran yang tidak kalah penting adalah hindaran angkat kaki. Teknik hindaran angkat kaki juga dapat untuk anda lakukan pada saat lawan menyerang pada bagian kaki anda, baik dengan menggunakan kaki atau juga dengan pedang.

4). Hindaran Condong

Hindaran condongan yaitu teknik menghindar pencak silat yang dilakukan dengan cara mencondongkan kepala dan juga badan anda, teknik hindaran ini dapat anad lakukan pada saat ada sebuah serangan yang menuju pada bagian kepala anda. Namun, anda juga harus memastikan betul bahwa tubuh anda yang lainnya juga dapat terlindungi.


Nah itulah teknik elakan dan hindaran dalam pencak silat dan disertai dengan cara meakukannya dan juga kesalahan kesalahan yang perlu untuk anda hindari. Sekian yang dapat saya sampaikan dan semoga dapat bermanfaat untuk enda yang membaca blog saya ini, kalau ada yang membaca hahaha. terima kasih?