Teknik Dasar Passing Atas dan Bawah dalam Permainan Bola Voli


Dalam permainan bola voli juga memerlukan sebuah strategi yang matang untuk dapat memenangkan sebuah pertandingan. Dalam permainan bola voli juga memiliki teknik-teknik dasar yang wajib dikuasai. Teknik dasar permainan bola voli yang wajib dikuasai adalah teknik dasar passing atas dan passing bawah.

Passing merupakan kegiatan pemain dalam menerima, mengendalikan, dan menahan servis yang dilakukan lawan. Ada dua jenis passing yaitu passing atas dan passing bawah. 

Ada cara untuk dapat melakukan passing atas maupun passing bawah dalam permainan bola voli yang wajib diketahui jika ingin menguasainya dengan baik. berikut ini penjelasan mengenai teknik dasar dalam passing atas dan passing bawah.

Passing dalam permainan bola voli yaitu merupakan teknik mengambil bola atau mengoper bola atau mengumpan bola kepada teman, akan tetapi apabila ada sebuah kesempatan yang baik langsung diteruskan kepada lawan. Dalam permainan bola voli ada dua cara passing yaitu passing atas dan juga passing bawah.

Teknik Dasar Passing Atas Bola Voli

Teknik Dasar passing atas bola voli

Passing atas atau overhead pass dibagi menjadi dua, yaitu passing atas setinggi wajah dan passing atas normal. Passing atas normal dan passing atas setinggi wajah sejatinya adalah sama, perbedaannya terletak pada posisi bola saat melakukan passing.

Passing atas normal posisi bola berada di atas depan wajah pemain, sedangkan passing atas depan wajah kedudukan bola berada tepat di depan wajah kedudukan bola berada tepat di depan wajah pemain.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan dan harus anda ketahui dalam melakukan passing atas adalah sebagai berikut ini.
  • Kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk.
  • Kedua tangan berada di depan dahi, kedua ibu jari dan telunjuk membentuk segitiga dan pandangan harus fokus pada arah datangnya bola.
  • Saat bola datang, terima bola dengan jari-jari tangan, tekuk pergelangan tangan ke dalam. Saat menerima usahakan tangan rileks.
  • Bola didorong dengan cara menggerakkan pergelangan tangan ke arah luar dan diikuti dengan gerakan meluruskan siku-siku.
  • Kaki digerakkan agak jinjit.

Teknik Dasar Passing Bawah Dalam Bola Voli


Teknik Dasar passing bawah

Teknik passing bawah juga menjadi teknik yang penting bagi pemain amatir untuk menjadi professional. Karena teknik ini biasanya dilakukan untuk dapat menerima bola service dan smash dari lawan. 

Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam melakukan passing bawah dalam permainan bola voli yaitu sebagai berikut.
  1. Sikap kaki kuda-kuda, lutut juga sedikit diputar.
  2. Badan agak condong ke arah depan, berat badan pada kedua kaki.
  3. Pada saat menyentuh bola, kedua tangan juga diturunkan dalam keadaan terjulur ke arah bawah depan, siku juga tidak dilipat.
  4. Salah satu telapak tangan juga memegang telapak tangan yang lain, sehingga keadaan lengan merupakan papan pantul.
  5. Tempat yang dikenai bola antara pergelangan tangan dan juga siku.
  6. Badan juga menghadap ke arah bola, sewaktu bola datang.
  7. Mengayunkan tangan ke arah depan atas sampai tangan lurus ke arah depan setinggi bahu, bersamaan dengan itu meluruskan badan dan juga lutut.
  8. Setelah bola dapat dipukul dilakukan dengan gerakan follow through.

Passing bawah dibagi menjadi dua macam, yaitu teknik dasar passing bawah satu tangan dan teknik dasar passing bawah dua tangan.

Teknik Dasar Passing Bawah Satu Tangan


Teknik dasar passing bawah dengan satu tangan dilakukan pada kondisi jangkauan pemain terlalu jauh dan rendah untuk melakukan passing atas. Hal ini biasanya terjadi saat pemain yang pertama menerima bola tidak sempurna dalam melakukan pengembalian bola.

Teknik ini dilakukan dengan cara badan sedikit dibungkukkan, Akan tetapi apabila dirasa tetap tidak bisa mencapai jangkauan pemain, biasanya pemain juga akan melompat terbang untuk dapat menyelamatkan bola.

Teknik Dasar Passing Bawah Dua Tangan


Teknik dasar passing bawah biasa dilakukan ketika bola dirasa akan jatuh tepat didepan pemain. Teknik ini biasanya dilakukan pada saat menerima servis dan smash dari musuh yang masih berada dalam jangkauan tetapi posisi bola terlalu rendah. Teknik dasar passing bawah dua tangan memiliki dua macam metode, yaitu the dig dan thumb over palm.

Cara melakukan passing atas dalam permainan bola voli memang berbeda dengan passing bawah. Para pemain pemula dalam bola voli wajib untuk menguasai teknik passing atas dan passing bawah jika ingin menjadi bola voli.Dan semoga informasi ini dapat membantu anda dalam melatih passing atas dan passing bawah anda agar menjadi lebih baik lagi.