Bulu Tangkis - Cara Memegang Raket, Teknik Dasar Servis dan Kombinasi Pukulan Servis

Daftar Isi :
  1. Cara memegang Raket Bulu Tangkis
  2. Teknik Dasar Servis Bulu Tangkis
  3. Variasi dan Kombinasi Pukulan Servis Forehand dan Backhand
  4. Bermain dengan Peraturan yang Dimodifikasi
Dalam permainan bulu tangkis, kita juga harus mengetahu bagaimana cara memegang raket, teknik dasar servis dan juga kombinasi pukulan servis dalam permainan bulu tangkis.

Jika kita sudah menguasai teknik tersebut akan mudah bagi kita untuk dapat memenangkan sebuah pertandingan atau dalam sebuah latihan bulu tangkis, itu semua akan mudah kita lakukan jika kita sudah menguasai teknik tersebut.


Jika anda belum mengerti cara memegang raket yang benar, teknik dasar servis bulu tangkis atau variasi dan kombinasi servis bulu tangkis, anda tidak perlu kuatir, anda berada di website yang tepat.


Karena disini nantinya akan membahas itu semua dengan lengkap dan jelas, yang dapat anda pelajari sampai anda bisa, yaitu sebagai berikut ini penjelasannya.

Cara memegang Raket Bulu Tangkis

Dalam permainan bulu tangkis, kita juga mengenal ada empat cara memegang raket dalam permainan bulu tangkis yaitu sebagai berikut ini.

1). Cara Amerika 


Cara memegang raket - Cara Amerika

Cara memegang raket gaya Amerika juga dilakukan dengan bagian tangan antara ibu jari dan juga jari telunjuk yang menempel pada bagian permukaan tangkai yang gepeng (pipih). 

Gunanya: Untuk mensmash penuh, Untuk mengambil bola yang berada di atas net dengan mengetip ke arah bawah tajam. 


2). Cara Inggris 



Cara memegang raket - Cara Inggris

Cara memegang raket gaya Inggris juga dilakukan dengan meletakkan raket miring di atas lantai dan juga peganglah dengan cara bagian tangan antara ibu jari dengan jari telunjuk yang menempel pada bagian permukaan tangkai yang sempit. 

3). Cara campuran atau gaya jabat tangan 



Cara memegang raket - Cara Campuran

Cara ini adalah campuran atau perpaduan antara cara Amerika dengan Inggris, yaitu raket dimiringkan, tangkai dipegang seperti pada saat berjabat tangan. Maka, cara ini juga disebut gaya jabat tangan. 

4). Cara grip backhand (backhand grip)



Cara memegang raket - cara grip backhand

Backhand grip ini juga dapat dilakukan menurut pegangan Inggris, dengan cara memutar raket seperempat putaran ke kiri, sehingga ibu jari juga lebih aktif menekan pegangan raket. 
Baca Juga : Strategi Terbaik Dalam Permainan Bulu Tangkis Untuk Memenangkan Sebuah Pertandingan

Teknik Dasar Servis Bulu Tangkis

A). Teknik dasar servis panjang forehand

Tahap persiapan yaitu sebagai berikut : Raket dipegang dengan forehand, Berdiri sengan sikap melangkah dan juga bola dipegang sebatas pinggang, Berat badan pada kaki belakang dan juga tangan yang memegang raket di belakang, Pergelangan tangan juga ditekuk. 

Gerakannya sebagai berikut. 1) Pindahkan berat badan ke arah depan bersamaan raket diayun ke arah jatuhnya bola, Kontak raket dengan bola pada ketinggian lutut.


Akhir gerakannya yaitu sebagai berikut : 1). Raket mengarah ke arah atas lurus dengan arah gerakan bola, Pinggul dan juga bahu diputar ke arah depan, Pandangan juga mengikuti arah bola, Arah bola melambung tinggi dan jauh.



Teknik dasar servis panjang forehand

B). Teknik dasar Servis Pendek Forehand 

Persiapan sebagai berikut: 1) Raket dipegang dengan teknik pegangan forehand. 2) Posisi kaki sikap melangkah. 3) Bola dipegang di depan setinggi pinggang. 4) Berat badan bertumpu pada kaki belakang. 5) Posisi tangan yang memegang raket di belakang. 
Baca Juga : Taktik Dan Strategi Yang Benar Dalam Permainan Bulu Tangkis 
Gerakannya adalah berikut: 1) Pindahkan berat badan ke kaki depan bersamaan lengan yang memegang raket diayun ke arah depan ke arah jatuhnya bola. 2) Kontak raket dengan bola pada ketinggian paha dengan gerak raket mendorong bola. 3) Arah bola bergerak rendah di atas net. 

Akhir gerakan adalah berikut: 1) Raket mengarah ke atas lurus dengan gerakan bola. 2) Pinggang dan bahu diputar ke depan dan berat badan pada kaki depan. 3) Pandangan mengikuti arah gerak bola. 4) Bola jatuh dekat garis servis.



Teknik dasar servis pendek forehand

C). Teknik Dasar Servis Pendek Backhand 

Persiapan sebagai berikut: 1) Raket dipegang dengan teknik berjabatan tangan. 2) Posisi berdiri dengan kaki lurus. 3). Bola dipegang setinggi pinggang di depan badan. 4) Tumpuan berat badan pada kedua kaki. 5) Posisi tangan yang memegang raket di belakang bola menyilang depan badan. 6) Pergelangan tangan yang memegang raket ditekuk. 


Gerakannya adalah berikut: 1) Pindahkan berat badan pada telapak kaki bagian depan bersamaan lengan yang memegang raket didorong ke depan ke arah jatuhnya bola. 2) Kontak raket dengan bola pada ketinggian paha dengan gerak mendorong bola. 3) Arah bola bergerak rendah di atas net. 



Teknik dasar servis pendek backhand

Akhir gerakan adalah berikut: 1) Raket mengarah ke atas lurus dengan arah gerak bola. 2) Pandangan mengikuti arah gerak bola. 3) Bola jatuh dekat garis servis. 

Baca Juga : 4 Teknik Cara Melakukan Gerakan Pukulan Pada Permainan Bulu Tangkis

Variasi dan Kombinasi Pukulan Servis Forehand dan Backhand


Latihan-latihan ini juga dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya yaitu berikut ini penjelasannya. 

A). Melakukan servis panjang dan servis pendek forehand serta backhand berpasangan saling berhadapan tanpa net. 


Cara melakukannya adalah berikut: 1) Pemain satu melakukan servis ke pemain kedua. 2) Pemain kedua menangkap bola dan mengembalikan bola ke pemain kesatu dengan teknik servis. 3) Lakukan berulang-ulang hingga betul- betul menguasai. 



Latihan servis panjang berpasangan tanpa net

B). Melakukan servis panjang dan servis pendek forehand serta backhand pada sasaran lingkaran di hadapan dengan menggunakan net. 


Latihan servis panjang berpasangan dengan net

Cara melakukannya adalah berikut: 1) Berdiri menghadap sasaran siap melakukan servis. 2) Lakukan servis ke arah yang dihadapi. 3) Upayakan bolatepat jatuh pada sasaran yang dituju.
Baca Juga : Teknik Dasar Servis Pada Permainan Bulu Tangkis

Bermain dengan Peraturan yang Dimodifikasi

Semua siswa mencari pasangan untuk mendemonstrasikan beberapa teknik dasan yang telah diterimanya dalam permainan yang sederhana. Permainan ini meng- gunakan lapangan yang sebenarnya, tetapi nilai game hanya 5. Setiap pasangan melakukan permainan setelah mencapai nilai 5 kemudian diganti pemain lainnya. Begitu seterusnya sampai semua siswa melakukan permainan.