Teknik Dasar Menggiring Bola (DRIBBLING) Dalam Sepak Bola

Menggiring bola dalam permainan sepak bola tentu suatu teknik yang wajib dikuasai oleh setiap pemain sepak bola. Karena teknik tersebut berguna untuk man to man atau satu lawan satu, maka pemain yang mahir yang dapat menang dalam duel satu lawan satu.

Selain mengetahui teknik menendang bola dalam sepak bola, teknik menggiring bola tujuannya untuk dapat mendekati sasaran lawan. Dan mampu untuk dapat melewati lawan dan untuk dapat mencetak goll dengan mudah.

Menggiring bola (dribbling) adalah menendang terputus-putus atau pelan-pelan, oleh karena itu, bagian kaki yang digunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian-bagian kaki yang digunakan untuk menendang bola.
 

Tujuan menggiring bola merupakan untuk dapat mendekatkan jarak ke sasaran lawan, melewati lawan, dan menghambat serangan lawan. Berikut ini 3 teknik dasar menggiring bola dalam sepak bola.


1). Menggiring bola dengan punggung kaki bagian dalam


Menggiring bola dengan punggung kaki bagian dalam

Cara melakukan gerakan menggiring bola dengan punggung kaki bagian dalam adalah sebagai berikut.

  1. Posisi badan agak condong ke depan. Punggung kaki bagian dalam dekat dengan bola . Paha sedikit ditekuk dan kaki kiri digunakan untuk bertumpu. Letak kaki tumpu di samping bola dan kedua lengan menjaga keseimbangan.
  2. Pemain bergerak ke depan sambil menggiring bola. Kaki dan bola sekali-kali bersentuhan, dan kedua kaki selalu dekat dengan bola. Sesuaikan irama langkah dengan bola.
( Baca Juga : SYARAT Untuk Menjadi Wasit Sepak Bola )

2). Menggiring bola menggunakan punggung kaki bagian luar


Menggiring bola menggunakan punggung kaki bagian luar

Cara menggiring bola menggunakan punggung kaki bagian luar adalah sebagai berikut.

  1. Salah satu kaki ditempatkan di depan pergelangan kaki sedikit diputar ke dalam, lutut agak ditekuk dan kaki lainnya sebagai tumpuan. Sikap badan sedikit condong ke depan dan berat badan berada di kaki belakang dengan kedua lengan menggantung rileks.
  2. Pemain bergerak ke depan dengan kedua kaki selalu berdekatan dengan bola. Persentuhan bola dengan kaki tepat pada bagian luar.

3). Aktivitas belajar menggiring bola

Aktivitas Belajas Menggiring Bola

Aktivitas belajar menggiring bola dapat dilakukan dengan cara berikut.

a). Model I



Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki. Cara melakukannya sebagai berikut.


  1. Dilakukan dengan mengikuti gerak yang berada di depannya.
  2. Latihan ini dilakukan secara berkelompok.

b). Model II

Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki. Cara melakukannya sebagai berikut.

  1. Dilakukan dengan mengikuti gerak teman yang berada didepannya.
  2. Latihan ini dilakukan secara berpasangan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai teknik dasar menggiring bola dalam permainan sepak bola sedikit tips strategi penyerangan dan bertahan dalam sepak bola, dan kiranya dapat membantu Anda berlatih. di atas saya hanya menjelaskan 3 teknik saja dan jika Anda mengetahui lebih tentang teknik menggiring bola, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar dibawah ini.