8 Jenis Teknik Pukulan Dalam Tenis Meja

Tenis meja merupakan salah satu permainan olahraga yang dimainkan mudah dan dimainkan oleh dua tim saja dan dimainkan oleh 1 vs 1 dan 2 vs 2 yang berlawanan. Dalam permainan tenis meja, teknik pukulan merupakan salah satu penentu sebuah tim untuk dapat mencetak point dan memenangkan sebuah pertandingan.

Tidak semua orang yang bermain olahraga tenis meja dapat melakukan pukulan dalam permainan tenis meja. Seorang pemain juga harus menguasai teknik pukulan dalam tenis meja adalah salah satu syaratnya. Berikut ini merupakan 8 teknik pukulan tenis meja.

1). Service

Teknik Pukulan Service tenis meja

Teknik pukulan yang paling penting dalam olahraga tenis meja adalah service, karena seorang pemain harus menguasai teknik service. Teknik service merupakan sebuah gerakan memukul bola ke daerah lawan. Dalam tenis meja terdapat 3 jenis teknik service yaitu backhand backspin, Forehand Topspin, Dan Backhand TopSpin.

Baca Juga : Teknik Servis dalam Tenis Meja

2). Push


Teknik Pukulan push dalam  tenis meja

Teknik push adalah teknik yang juga wajib untuk dikuasai dalam tenis meja. Teknik Push merupakan gerakan mendorong bola dimana bet yang dipegang terbuka. Tujuannya adalah untuk dapat mengembalikan pukulan ke arah lawan.

Jenis teknik dapat dilakukan dengan memukul bola dengan gerakan mendorong atau posisi bet terbuka. Pukulan ini digunakan untuk dapat mengembalikan teknik pukulan push itu sendiri dan juga pukulan chop dari lawan. Ada dua jenis pukulan push yaitu pukulan forehand push dan backhand push.

3). Drive


Teknik Pukulan Drive dalam tenis meja

Teknik pukulan drive yaitu sebuah teknik yangwajib dikuasai karena teknik ini merupakan teknik untuk menghasilkan pukulan secara cepat, keras dan mendatar. Dalam melakukan pukulan ini, bet dapat digerakkan dari bawah dan menyerong ke atas akan tetapi pastikan dahulu sikap bet harus dalam kondisi tertutup.

Tujuan dari pukulan drive yaitu dapat digunakan sebagai pukulan serangan dan juga dapat di kontrol sesuai dengan keinginan dari pemain. Dalam tenis meja terdapat dua macam pukulan drive yaitu forehand drive dan backhand drive.

4). Chop


Teknik Pukulan chop tenis meja

Teknik pukulan yang satu ini atau teknik pukulan chop merupakan teknik yang dilakukan dengan memukul bola yang dapat dipakai untuk mengembalikan bola dari lawan teknik pukulan ini sangat sulit dilakukan untuk menangkisnya atau mengembalikannya. Chop di gunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam macam yang sulit untuk di tangkis pukulan chop ada dua macam yaitu forehand push dan backhand push.

5). Block


Teknik Pukulan Block tenis meja

Pukulan block merupakan sebuah teknik memukul bola dengan menggerakan menghentikan bola dalam sikap bet yang tertutup. Pukulan block biasanya dapat gunakan untuk dapat mengembalikan bola-bola drive.

Teknik block merupakan sebuah teknik gerakan untuk dapat menghentikan bola dimana sikap bet haruus dalam kondisi tertutup. Teknik block juga dibedakan menjadi 2 yaitu backhand block dan forehand block.

6). Spin


Teknik Pukulan spin dalam tenis meja

Teknik Pukulan Spin yaitu teknik pukulan yang berfokus pada sebuah gerakan pukulan forehand yang dilakukan dengan memiringkan sedikit bet dan dapat mengubah arah pada bola.Teknik pukulan ini merupakan salah satu serangan selain pukulan smash. Ada tiga jenis teknik pukulan spin yaitu Topspin, Backspin dan Sidespin.

7). Lob


Teknik Pukulan Lob dalam tenis meja

Teknik pukulan Lob yaitu teknik memukul lambung ke arah lawan yang dilakukan agar lawan sulit untuk mengembalikan bola ke arah pertahanan. Teknik ini sangatlah ampuh untuk dapat membuat lawan tak berdaya atau mati kutu. Teknik pukulan ini juga dikenal sebagai teknik pukulan bertahan.

8). Smash

Teknik Pukulan smash dalam tenis meja

Semua pemain tenis meja pasti sudah mengetahuinya teknik smash yaitu gerakan memukul bola yang dilakukan secara keras dan tajam untuk mematikan lawan. Tujuannya adalah agar pemain dapat menghasilkan poin dan mendapatkan sebuah kemenangan.

Baca Juga :  Aturan Main Dalam Tenis Meja

Itulah sedikit informasi yang bisa saya bagikan mengenai jenis-jenis teknik pukulan dalam tenis meja dan tenis meja adalah olahraga yang menyenangkan dan dapat dimainkan bersama teman-teman. Agar dapat menguasai 8 jenis teknik pukulan tenis meja tersebut berlatihlah secara sungguh sungguh karena dengan berlatih Anda dapat menguasai teknik pukulan tersebut.