Pola Pertahanan Dalam Permainan Bola Basket

Permainan bola basket adalah salah satu jenis dalam permainan bola besar. Dalam bermain bola basket terdapat teknik-teknik yang bervariasi. Anda dapat menguasai teknik-teknik tersebut apabila anda berlatih secara sungguh-sungguh.

Permainan bola basket termasuk permainan bola paling populer saat ini. Permainan bola basket sangat digemari oleh banyak masyarakat, khususnya remaja. Permainan bola basket dilakukan secara beregu. Setiap regu terdiri dari lima pemain. Permainan ini bertujuan untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya hingga memperoleh angka terbanyak.

Dalam permainan bola basket juga terdapat pola penyerangan dan pola pertahanan. Pada postingan sebelumnya saya sudah membuat postingan mengenai pola penyerangan dalam bola basket. Pola penyerangan dilakukan untuk dapat menerobos daerah pertahanan lawan sehingga akan memperoleh angka.

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai pola pertahanan dalam permainan bola basket. Pola pertahanan bola basket dilakukan untuk dapat menghalau serangan lawan dan dijalankan oleh tim bertahan. Beberapa unsur pelaksanaan pola pertahanan antara lain dengan sikap jaga dan olah kaki untuk memenangkan langkah.

Selain pola penyerangan, dalam olahraga bola basket juga memiliki pola pertahanan. Pola pertahanan adalah suatu usaha yang dijalankan oleh tim bertahan dalamr angka menghalau serangan lawan. Selain pola pertahanan, dalam permainan bola basket juga terdapat gerakan pertahanan. Gerakan pertahanan dalam permainan bola basket memerlukan teknik tertentu. Unsur-unsur pelaksanaan pola pertahanan dalam bola basket adalah sebagai berikut.

1). Sikap Jaga

Kedua lutut ditekuk, badan sedikit condong ke depan dengan punggung hampir lurus. Gerak lawan dan bola harus selalu diawasi.
Berdiri pada ujung kaki dengan tetap menjaga keseimbangan.
Rentangkan dan angkat tangan untuk menghalangi operan dan tembakan lawan.

2). Gerakkan kaki dalam langkah ketika melakukan pertahanan
3). Dasar-dasar umum dalam penjagaan (penjaga harus berdiri di antara lawan dan ring basket).
4). Posisi jaga dan pembagian daerah posisi jaga dengan mempertimbangkan daerah, kemampuan dan penguasaan penyerang.

Berikut ini adalah macam macam bentuk pola pertahanan bersama dalam permainan bola basket yang wajib anda ketahui yaitu sebagai berikut.

1). Pertahanan Daerah (Zone Defence)


 Pola pertahanan daerah ( Zone Defence )dalam bola basket

Pada daerah pertahanan setiap pemain diberi tugas untuk menjaga daerah tertentu. Bila tim mempunyai pemain-pemain yang tinggi besar tetapi lamban pergerakannya, pertahanan daerah sangat menguntungkan bagi tim tersebut. Macam macam pola pertahanan daerah dalam bola basket antara lain sebagai berikut.
  • 2 : 1 : 2
  • 1 : 2 : 2
  • 2 : 2 : 1
  • 1 : 3 : 1
  • 2 : 3
  • 3 : 2
Pola penyerangan ini setiap pemain sudah ditentukan tugas dan tanggung jawab untuk dapat menjaga daerahnya masing-masing. Keuntungan pola pertahanan daerah (Zone Defence) yaitu sebagai berikut ini.

  1. Hemat tenaga.
  2. Bisa mematikan serangan penembak.
  3. Tepat untuk menghadapi lawan yang lemah.
  4. Adapun kerugian pola pertahanan daerah yaitu.
  5. Serangan balik dari lawan akan cepat.
  6. Daerah pertahanan sering tidak terjaga.
  7. Perhatian pemain bisa buyar kepada dua atau lebih pemain lawan.
2). Pertahanan Satu Lawan Satu (Man to Man Marking)


 Pola pertahanan Satu Lawan Satu (Man to Man Marking) dalam bola basket

Pertahanan satu lawan satu adalah pertahanan dengan menugaskan setiap pemain untuk dapat menjaga seorang lawan. Macam macam pertahanan satu lawan satu (man to man marking) yaitu sebagai berikut ini.

A). Pertahanan Satu Lawan Satu dengan Tetap

Pertahanan satu lawan satu dengan tetap artinya penjaga harus tetap menjaga seorang pemain lawan ke mana pun ia bergerak.

B). Pertahanan Satu Lawan Satu dengan Ganti Jaga

Pertahanan ini dilakukan apabila terjadi pembayangan, segera pemain penjaga mengadakan pergantian penjagaan.

C). Pertahanan Satu Lawan Satu dengan Penolong

Maksud dari pertahanan ini adalah apabila dalam penjagaan satu lawan satu terjadi kebobolan dari salah seorang penjaga, maka salah seorang penjaga terdekat menolong untuk menutup pemain yang menerobos sampai penjaga yang kebobolan tadi siap untuk menjaganya kembali.

Dalam melakukan sebuah pertahanan pasti ada keuntungan dan kerugian dalam melakukannya. Berikut ini adalah keuntungan dalam melakukan pola pertahanan satu lawan satu (man to man marking) yaitu sebagai berikut ini.


  1. Mudah dilakukan.
  2. Merupakan pertahanan dasar.
  3. Pembagian tugas yang tetap dan tertentu bisa dilakukan sesuai keadaan.
  4. Dapat menambah kekuatan tim.
Adapun kerugian dalam melakukan pola pertahanan satu lawan satu (man to man marking) yaitu sebagai berikut ini.


  1. Menyita konsentrasi individu.
  2. Membutuhkan kemampuan yang tinggi.
  3. Membutuhkan stamina yang tinggi.
  4. Biasanya para pemain sering melakukan pelanggaran.
  5. Membutuhkan pemahaman yang tinggi terhadap prinsip penyerangan.

Contoh pola penyerangan man to man adalah posisi 2 : 1 : 2. Untuk hal tersebut para pemain juga dituntut. Mempunyai kemampuan olah kaki dengan cepat, tepat dan akurat.

Baca Juga : Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Demikian penjelasan mengenai pola pertahanan dalam permainan bola basket. Untuk dapat menguasai 2 pola pertahanan tersebut dibutuhkan latihan yang tekun dan bersungguh-sungguh dalam berlatih agar hasilnya dapat maksimal. Dan semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk anda yang membacanya terima kasih.