4 Pola Penyerangan dalam Permainan Bola Basket Yang Perlu Anda Ketahui



Permainan bola basket adalah salah satu jenis dalam permainan bola besar. Dalam bermain bola basket juga terdapat teknik-teknik yang sangat bervariasi. Anda juga dapat menguasai teknik-teknik tersebut apabila anda berlatih secara sungguh-sungguh, maka anda akan dengan mudah dalam menguasai teknik ini.

Permainan bola basket juga termasuk sebuah permainan bola paling populer pada saat ini. Permainan bola basket juga sangat digemari oleh banyak masyarakat, khususnya para remaja. Permainan bola basket juga dilakukan secara beregu. Setiap regu terdiri dari lima pemain, permainan ini bertujuan untuk dapat memasukkan bola sebanyak-banyaknya hingga memperoleh angka terbanyak, maka dari itu setiap tim dinyatakan menang jika memperoleh angka terbanyak.

Dalam permainan bola basket juga terdapat pola penyerangan dan pola pertahanan. Pola penyerangan dilakukan untuk dapat menerobos daerah pertahanan lawan sehingga akan memperoleh angka.

Dalam permainan bola basket juga terdapat gerakan menyerang dan mempertahankan bola. Pola penyerangan bola basket dilakukan untuk dapat menerobos daerah pertahanan lawan sehingga akan memperoleh angka. Ada beberapa pola penyerangan dalam permainan bola basket, yaitu sebagai berikut.

Penyerangan Bebas Dalam Bola Basket

Penyerangan Bebas dalam Bola BAsket

Penyerangan bebas merupakan penyerangan tanpa bola yang sangat bergantung dari penguasaan teknik, taktik, dan kesempurnaan fisik setiap anggota tim yang baik. Meskipun bebas, penyerangan ini juga harus tetap ada koordinasi dan kerja sama antarpemain sehingga terwujud saling pengertian antara tiap pemain.
Baca Juga : Pola Pertahanan Dalam Bola Basket

Penyerangan Kilat Bola Basket

Penyerangan Kilat dalam Bola BAsket

Dasar penyerangan kilat adalah dengan 2 atau 3 operan harus sudah melakukan tembakan. Serangan kilat merupakan usaha untuk memperoleh posisi tembakan ketika lawam belum sempat menempati posisi jaganya. Serangan kilat merupakan senjata yang sangat baik untuk dapat menghancurkan pertahanan lawam. Ada beberapa jenis pola penyerangan kilat adalah sebagai berikut.

A). Set Offenses

Serangan set offens adalah sebuah jenis serangan yang direncanakan dan juga dibangun dari awal sampai penyelesaian akhir.

B). Fast Break

Serangan ini merupakan serangan yang dilakukan secara serentak dan juga cepat sebelum lawan sempat membuat pola pertahanan. Caranya adalah dengan menempatkan satu atau dua orang penyerang dalam posisi bebas untuk dapat mencetak gol.

C). Shuffle

Pola penyerangan ini merupakan suatu sistem penyerangan yang dilakukan oleh semua pemain dari satu regu  dengan bergerak dari satu posisi ke posisi lain dengan teratur sesuai rencana guna membuka atau mendapatkan kesempatan mencetak gol.

D). Double Pivot Offence

Pola penyerangan ini dilakukan dengan cara menempatkan dua pemain masing-masing (biasanya pemain jangkung) berada jauh di sudut daerah pertahanan lawan. Satu pemain ditempatkan di ujung kiri dan pemain lain di ujung kanan.

E). Give and Go Weaver (Serangan Bergerombol Pergi dan Datang)

Pola penyernagan ini dilakukan denganc ara pada suatu regu yang melibatkan lima pemain untuk terus bergerak sambil saling mengoper guna mencapai lubang pertahanan lawan. Playmaker pengatur serangan biasanya dilakukan oleh seorang pemain ini.

F). Drive Driving

Pola penyerangan ini biasanya dilakukan dengan gerakan cepat dan agresif. Seorang penyerang yang men-dribble bola sambil menerobos ke basket lawan dengan keinginan besar untuk dapat mencetak gol.
Baca Juga : Teknik Dasar Menembak Bola Ke Ring/Keranjang Bola Basket

Penyerangan Kilat Berpola Bola Basket

Penyerangan Kilat Berpola dalam Bola BAsket

Serangan kilat berpola dimulai dengan adanya situasi-situasi tertentu, misalnya dari bola loncat, lemparan ke dalam, dan lain-lain.

Penyerangan Berpola Bola Basket

Penyerangan Berpola dalam Bola BAsket

Penyerangan berpola adalah sebuah penyerangan dengan mengatur setiap pemain yang mempunyai tugas-tugas tertentu dan menguasai jalur-jalur gerakan. Pergerakan pemain dan bola ditentukan dengan pasti, sehingga tim memperoleh serangan-serangan yang teratur dan sangat menghemat tenaga. 

Penyerangan berpola sangat baik dilakukan bila setiap pemain sukar menembus penjagaan lawan, serta usaha-usaha untuk dapat memperlambat permainan.
Baca Juga : 7 Teknik Dasar Dalam Bola Basket Dan Penjelasannya
Dalam pola penyerangan, permainan bola basket dilakukan dasar-dasar pola penyerangan antara lain terdapat seorang pengatur serangan, seorang pengaman, seorang atau beberapa penembak, dan seorang yang menutupi daerah jika tembakan gagal. Pembuatan pola penyerangan dapat disusun sebagai berikut.
  1. Dasar umum pembuatan pola.
  2. Pola dibuat sedemikian rupa sehingga dapat memecahkan perhatian pemain bertahan ke arah 2 atau 3 pemain penyerang.
  3. Ada pengatur yang ada di sekitar basket lawan.
  4. Ada penekanan pada daerah terttnu.
  5. Memilih pemain yang mampu untuk menembak jarak jauh.
  6. Memilih pemain yang mahir mengoper bola dengan cepat.
Setelah anda mengetahui jenis pola penyerangan dalam olahraga bola basket, berikut ini merupakan contoh jenis pola penyerangan dalam permainan bola basket.

Jenis Pola Penyerangan Bola Basket

1). Adegan 1-3-1 (Pola Diamond)

Adegan diamond sangat baik untuk penyerangan terhadap pertahanan daerah maupun pertahanan satu lawan satu.

2). Adegan 1-2-1 (Pola Aultman)

Adegan aultman dapat diterapkan apabila suatu regu tidak mempunyai pemain jangkung.

3). Adegan 2-3 (Pola Reverse)

Adegan reverse diperlukan untuk penyerangan terhadap pertahanan satu lawan satu. Kemahiran memotong dan membayang serta kelincahan sangat dibutuhkan dalam melakukan pola penyerangan ini.
Baca Juga : Taktik dan Strategi dalam Permainan Bola Basket Yang Benar

Demikian penjelasan mengenai pola penyerangan dalam permainan bola basket. Untuk dapat menguasai ke 4 pola penyerangan tersebut dibutuhkan latihan yang tekun dan bersungguh-sungguh. Dan semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk anda yang membacanya terima kasih.