7 Teknik Dasar Dalam Bola Basket Dan Penjelasannya


Permainan bola basket adalah salah satu jenis dalam permainan bola besar. Dalam bermain bola basket juga terdapat sebuah teknik-teknik yang sangat bervariasi.

Olahraga bola basket juga dilakukan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 5 pemain sehingga juga disebut sebagai olahraga bola secara berkelompok.

Permainan bola basket sangat digemari oleh banyak masyarakat. Permainan bola basket dilakukan secara beregu. Setiap regu terdiri dari lima pemain. Permainan ini bertujuan untuk dapat memasukkan bola sebanyak-banyaknya hingga memperoleh angka terbanyak.

Permainan bola basket juga dapat dilakukan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Permainan bola basket yaitu sebuah permainan yang sangat sederhana, dan mudah dipelajari dan dikuasai dengan mudah yaitu dengan melakukan suatu latihan secara disiplin.

Permainan bola basket memerlukan ketepatan gerak. Oleh karena itu, para pemain basket juga perlu untuk mempelajari teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket.
Baca Juga : Taktik dan Strategi dalam Permainan Bola Basket Yang Benar
Teknik dasar dalam bola basket juga harus dikuasai agar bisa dimainkan dengan benar. Untuk atlet, mereka juga harus menjalani beberapa tahapan dalam sebuah pelatihan. Dalam pelatihan tersebut setiap atlet juga diajarkan teknik dasar dalam bola basket yaitu sebagai berikut.

Teknik Dasar Mengoper (Passing) Bola Basket

Teknik Dasar Teknik Mengoper (Passing)

Teknik passing yaitu merupakan gerakan melempar bola ke arah teman dalam satu tim. Gerakan ini juga bertujuan untuk dapat menghindari perebutan bola oleh lawan. Passing juga dapat dilakukan dengan satu tangan maupun dengan kedua tangan. 

Gerakan passing juga harus memperhatikan kondisi tertentu, seperti kedudukan teman, waktu yang tepat, dan teknik yang tepat. Oleh karena itu, dalam melakukan passing juga perlu memperhatikan beberapa teknik berikut.

A). Teknik Passing

Teknik passing ini dilakukan dengan posisi bola yang berada di atas kepala. Teknik ini tepat dilakukan agar lawan tidak merebut bola. Pemain dapat terus membawa bola pada kondisi sulit untuk melewati kepungan lawan.

B). Chest Pass

Teknik chest pass dilakukan dengan posisi bola di depan dada. Teknik passing ini merupakan teknik yang paling sederhana, tetapi memiliki tingkat akurasi tinggi. Teknik ini biasanya dilakukan dengan menggunakan satu tangan.

C). Baseball Pass

Teknik ini dilakukan menggunakan tenaga yang kuat hanya dengan satu tangan. Biasanya teknik ini dilakukan secara mengejutkan untuk dapat mengelabuhi lawan.

D). Bounce Pass

Teknik ini dilakukan untuk menghindari hadangan dari lawan tim. Teknik ini dilakukan dengan memantulkan bola ke bawah, tetapi diterima oleh teman satu tim.

E). Hook Pass

Teknik ini dilakukan dengan melekukkan lengan melewati bahu dan bola dilemparkan di depan wajah untuk operan datar atau dapat pula dilakukan jauh menuju bahu jika menginginkan operan yang lebih tinggi. Teknik hook pass dilakukan dengan satu tangan yang membentuk seperti hook atau pancing.

F). Under Pass

Teknik passing ini dilakukan dari bawah kira-kira sepinggang lalu bola diarahkan lurus kepada teman satu tim.
Baca Juga : Teknik Dasar Menembak Bola ke Ring/Keranjang dalam Bola Basket

Teknik Dasar Menggiring (Dribble) Bola Basket

Pada dasarnya kegiatan dribble juga dilakukan untuk dapat menggiring bola menghindari lawan ataupun menyerang lawan. Dribble juga dilakukan dengan memantulkan bola ke arah bawah secara berulang-ulang menggunakan tangan terbuka. Ada dua jenis dribble dalam bola basket, yaitu dribble tinggi dan dribble rendah.

Dribble tinggi dilakukan secara cepat untuk dapat memasuki pertahanan lawan. Teknik ini juga dapat dipakai jika lawan berada jauh dari pemegang bola. Sementara dribble rendah dilakukan untuk dapat mempertahankan bola dari rebutan lawan. Perlu diingat, dribble dapat dilakukan jika pemain telah melakukan tiga langkah pergerakan. Artinya, bola harus dipantulkan setelah tiga langkah pergerakan. Jika tidak, akan dianggap sebagai pelanggaran.
Baca Juga : Pengertian Dribbling Dalam Permainan Bola Basket dan Cara Melakukannya

Teknik Dasar Menembak Bola Basket (Shooting)

Teknik shooting dilakukan dengan tujuan untuk dapat mencetak point. Ada beberapa teknik shooting adalah sebagai berikut.

1). Set Shoot Satu Tangan

Set shoot satu tangan, yaitu teknik yang dilakukan dengan posisi berdiri diam di tempat dan bola dilemparkan dengan satu tangan.

2). Set Shoot Dua Tangan

Set shoot dua tangan, yaitu sama seperti set shoot satu tangan hanya saja bola dilemparkan dengan menggunakan dua tangan.

3). Jump Shoot

Jump shoot, yaitu bola dilemparkan ke arah ring yang disertai dengan sebuah lompatan.

4) Lay-up

Lay-up, yaitu adalah bola dilemparkan ke arah ring disertai dengan gerakan lari, langkah, dan meloncat.
Baca Juga : Cara Melakukan Shooting Dalam Bola Basket Yang Baik dan Benar

Teknik Dasar Bertumpu Satu Kaki (Pivot) Dalam Bola Basket

Teknik Dasar Pivot Dalam Bola Basket

Teknik ini menggunakan kaki sebagai tumpuan. Teknik ini juga digunakan untuk melakukan gerak tipu. Pivot juga dilakukan dengan menggerakkan badan tanpa menggeser kaki, tetapi tepat menjaga bola.

Teknik Dasar Rebound Bola Basket

Teknik rebound yaitu adalah sebuah teknik mengambil bola yang gagal masuk ke ring. Ada dua jenis rebound yaitu sebagai berikut ini.

1). Teknik Rebound Ofensif

Teknik Rebound ofensif, yaitu sebuah lemparan yang gagal dalam satu tim yang diambil oleh teman satu tim dan juga dilakukan lemparan ke arah ring kembali. Jika lemparan masuk, memperoleh 2 point.

2). Teknik Rebound Defensive

Rebound defensive, yaitu merebut bola yang gagal dimasukkan oleh tim lawan agar tidak ada kesempatan bagi lawan untuk dapat memasukkan kembali bola ke dalam ring.
Baca Juga : 4 Pola Penyerangan dalam Permainan Bola Basket Yang Perlu Anda Ketahui

Teknik Dasar Lay-up Shoot Bola Basket

Lay-up shoot juga dilakukan dengan memasukkan bola ke dalam ring menggunakan tangan kanan maupun tangan kiri. Pada dasarnya teknik ini dilakukan dengan men-dribble bola dari garis tembakan bebas, lalu dilakukan sebuah lompatan secara bergantian dan juga dilanjutkan dengan menembakkan bola.

Teknik Dasar Free Throw Bola Basket

Free throw yaitu merupakan sebuah tembakan bebas akibat pelanggaran yang dilakukan oleh tim lawan. Kegiatan ini juga dilakukan apabila pelanggar dalam posisi akan melakukan tembakan atau sudah team foul.

Dalam permainan bola basket terdapat gerakan menyerang dan mempertahankan bola. Pola penyerangan bola basket dapat dilakukan untuk menerobos daerah pertahanan lawan sehingga akan memperoleh angka.